Mengapa Ada Jerawat Pada Kelopak Mata?

Mengapa Ada Jerawat Pada Kelopak Mata?
Source: bing.com

Jerawat pada kelopak mata dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi siapa pun. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh kulit sensitif yang berminyak, atau karena produksi minyak berlebihan. Sebagian besar orang akan mengalami jerawat pada area sekitar mata, walaupun kondisi ini tidak selalu menimbulkan rasa sakit. Ada beberapa faktor yang membuat jerawat di kelopak mata muncul, di antaranya adalah penggunaan kosmetik yang salah, alergi kosmetik, dan ketidakseimbangan hormon.

Penggunaan Kosmetik yang Salah

Penggunaan kosmetik yang salah dapat memicu timbulnya jerawat di sekitar mata. Produk-produk make up yang dapat menyebabkan jerawat di area ini biasanya mengandung bahan kimia yang dapat menyumbat pori-pori kulit, sehingga membuat minyak berlebihan yang menyebabkan jerawat. Jika Anda menggunakan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda, maka hal ini juga dapat memicu jerawat di kelopak mata.

Alergi Kosmetik

Alergi kosmetik juga merupakan salah satu penyebab jerawat di kelopak mata. Banyak bahan kimia yang ditemukan dalam produk kosmetik yang dapat menyebabkan alergi pada kulit. Reaksi alergi ini dapat menyebabkan kemerahan dan gatal-gatal di sekitar mata. Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda membeli produk kosmetik yang aman untuk kulit Anda.

Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon juga dapat menyebabkan jerawat di sekitar mata. Beberapa penyebab ketidakseimbangan hormon di antaranya adalah stres, beberapa obat, dan masalah kesehatan lainnya. Ketika Anda mengalami stres, hormon yang dapat menyebabkan jerawat akan dikeluarkan oleh tubuh Anda. Jika Anda mengalami masalah kesehatan lainnya, obat-obatan yang diberikan dapat menyebabkan kondisi ini.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Jerawat dengan Patch

Penggunaan Bedak

Penggunaan bedak juga dapat menyebabkan jerawat pada kelopak mata. Bedak adalah produk kosmetik yang digunakan untuk menutupi bintik-bintik hitam di wajah. Namun, jika Anda salah dalam memilih produk ini, maka hal ini dapat memicu timbulnya jerawat di sekitar mata. Bedak yang mengandung bahan kimia berbahaya dapat menyebabkan iritasi pada kulit, sehingga menyebabkan jerawat.

Penggunaan Penghilang Make Up

Penggunaan penghilang make up juga dapat memicu timbulnya jerawat di sekitar mata. Penghilang make up yang mengandung bahan kimia berbahaya dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Kondisi ini dapat menyebabkan minyak berlebihan yang menyebabkan jerawat di sekitar mata. Jadi, pastikan Anda memilih produk penghilang make up yang aman dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti menyentuh mata, menggaruk area sekitar mata, dan menggunakan kapas terlalu sering juga dapat memicu timbulnya jerawat di kelopak mata. Kebiasaan ini dapat menyebabkan pembengkakan pada kulit, sehingga menyebabkan produksi minyak berlebihan yang menimbulkan jerawat. Jadi, hindari kebiasaan buruk ini agar Anda tidak mengalami jerawat di kelopak mata.

Kurang Tidur

Kurang tidur juga dapat menyebabkan jerawat di sekitar mata. Tidur yang cukup dapat membantu tubuh Anda untuk memproduksi hormon yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Jika Anda tidak mendapatkan cukup tidur, maka hal ini dapat menyebabkan produksi minyak berlebihan yang menyebabkan jerawat di kelopak mata.

Kesimpulan

Jerawat pada kelopak mata dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan tidak menyenangkan. Ada beberapa faktor yang membuat jerawat di kelopak mata muncul, di antaranya adalah penggunaan kosmetik yang salah, alergi kosmetik, ketidakseimbangan hormon, penggunaan bedak, penggunaan penghilang make up, kebiasaan buruk, dan kurang tidur. Oleh karena itu, Anda harus memilih produk-produk kosmetik yang aman dan sesuai dengan jenis kulit Anda, dan juga pastikan Anda mendapatkan cukup tidur untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

BACA JUGA:  Makanan Penimbul Jerawat

VideoMengapa Ada Jerawat Pada Kelopak Mata?