Kacang dan Jerawat: Apakah Kacang Penyebab Jerawat?

Kacang Dan Jerawat: Apakah Kacang Penyebab Jerawat?
Source: bing.com

Kacang adalah makanan yang digemari oleh banyak orang. Banyak orang menggemari kacang untuk kelezatannya, namun ada juga yang menghindari kacang karena khawatir mengalami jerawat. Apakah benar kacang dapat menyebabkan jerawat?

Jerawat adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh peradangan dan akumulasi sebum di pori-pori kulit. Jerawat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti hormon, bakteri, kosmetik, makanan siap saji, dan banyak lagi. Beberapa orang juga berpikir bahwa kacang dapat menyebabkan jerawat. Namun, apakah benar kacang menyebabkan jerawat?

Mengapa Kacang Dicurigai Sebagai Penyebab Jerawat?

Meskipun belum ada bukti ilmiah yang kuat untuk menunjukkan bahwa kacang dapat menyebabkan jerawat, ada alasan tertentu mengapa kacang dicurigai sebagai penyebab jerawat. Kacang memiliki kandungan lemak yang tinggi, yang dapat berdampak negatif bagi kulit. Lemak tinggi dapat menyebabkan pembengkakan, kemerahan, dan peradangan, semua hal yang dapat menyebabkan jerawat.

Kacang juga merupakan sumber makanan yang kaya akan purin, yang merupakan zat yang dapat menyebabkan jerawat. Purin adalah zat yang dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum di kulit, yang dapat menyebabkan iritasi dan peradangan di permukaan kulit. Beberapa jenis kacang juga berpotensi menyebabkan alergi, yang dapat menyebabkan erupsi yang disebut dermatitis alergi. Dermatitis alergi menyebabkan ruam kulit, yang dapat menyerupai jerawat.

Penelitian Tentang Kacang dan Jerawat

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menguji apakah ada hubungan antara kacang dan jerawat. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2017, sekelompok orang yang menderita jerawat diberi makanan tinggi lemak yang disebut diet western. Diet ini mencakup makanan seperti daging, telur, kacang, dan produk susu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang menerima diet western memiliki tingkat jerawat yang lebih tinggi daripada orang yang menerima diet rendah lemak. Namun, hasil penelitian ini tidak menunjukkan bahwa kacang secara spesifik menyebabkan jerawat.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Efektif

Dalam penelitian lain yang diterbitkan tahun 2016, sekelompok orang yang menderita jerawat diberi makanan dengan tingkat lemak yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang menerima diet tinggi lemak mengalami peningkatan tingkat jerawat. Namun, orang yang menerima diet tinggi lemak tidak makan kacang. Penelitian ini juga tidak menunjukkan bahwa kacang secara spesifik menyebabkan jerawat.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang ada, kacang tidak dapat dikatakan secara pasti menyebabkan jerawat. Kacang memiliki kandungan lemak yang tinggi, yang dapat berdampak negatif pada kulit. Kacang juga merupakan sumber makanan yang kaya akan purin, yang dapat menyebabkan iritasi dan peradangan di permukaan kulit. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang kuat untuk menunjukkan bahwa kacang menyebabkan jerawat. Akhirnya, jika Anda merasa bahwa kacang memicu jerawat Anda, Anda mungkin ingin menghindarinya untuk sementara waktu.

Kesimpulan

Walaupun beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi lemak dapat menyebabkan jerawat, tidak ada bukti ilmiah yang kuat untuk menunjukkan bahwa kacang secara spesifik menyebabkan jerawat. Jika Anda merasa bahwa kacang memicu jerawat Anda, Anda mungkin ingin menghindarinya untuk sementara waktu.

VideoKacang dan Jerawat: Apakah Kacang Penyebab Jerawat?

https://youtube.com/watch?v=KuXddVBkcQI