Jika Jerawat Sudah Bernanah, Apa yang Harus Dilakukan?

Jika Jerawat Sudah Bernanah, Apa Yang Harus Dilakukan?
Source: bing.com

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Tidak hanya remaja, orang dewasa pun dapat mengalami masalah jerawat. Jika jerawat sudah bernanah, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah infeksi dan mempercepat proses penyembuhannya. Berikut adalah cara untuk menangani jerawat bernanah.

1. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika jerawat sudah bernanah adalah membersihkan wajah secara teratur dengan produk pembersih khusus kulit berjerawat. Pembersih berbasis air atau sabun dengan pH yang seimbang akan membantu menghilangkan sebum berlebih, debu, dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Bersihkan wajah dengan lembut, gunakan gerakan memutar dan jangan gosok terlalu kuat. Selain itu, pastikan untuk mencuci wajah dua kali sehari.

2. Gunakan Masker

Selain mencuci wajah secara teratur, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan masker untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan bakteri. Masker yang terbuat dari bubuk bambu, bubuk masker beras, bubuk tepung jagung, atau bubuk buah-buahan dapat membantu mengurangi peradangan, menyamarkan bekas jerawat, dan mencerahkan kulit. Masker ini juga bisa membantu mengembalikan kelembaban alami kulit dan melembutkannya.

3. Gunakan Produk Anti-Jerawat

Produk anti-jerawat seperti sabun yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, atau asam laktat dapat membantu mengurangi pembentukan jerawat. Gunakan produk anti-jerawat seperti sabun yang dianjurkan oleh dokter Anda untuk membantu mengatasi jerawat dan mencegah jerawat berulang. Produk ini juga akan membantu menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat bernanah.

BACA JUGA:  Kenapa Jerawat Muncul Terus di Pipi?

4. Hindari Jerawat Berdenyut

Meskipun tentu saja Anda ingin segera menghilangkan jerawat, ada baiknya untuk tidak menyentuh jerawat berdenyut. Menyentuh jerawat dapat menyebabkan bakteri menyebar ke area sekitarnya, yang berarti jerawat dapat semakin buruk. Jika Anda tidak bisa menahan diri untuk tidak menyentuh jerawat, pastikan untuk membasuh tangan Anda dengan sabun sebelum menyentuh area wajah.

5. Gunakan Obat Jerawat

Jika Anda mengalami jerawat bernanah yang parah, Anda dapat menggunakan obat jerawat dari dokter Anda. Obat jerawat seperti antibiotik topikal, retinoid, dan glikolik acid dapat membantu menghilangkan jerawat dan mengurangi peradangan. Obat jerawat ini juga dapat membantu mengurangi noda hitam yang ditinggalkan oleh jerawat.

6. Konsultasi Dokter

Jika Anda masih memiliki masalah jerawat meskipun telah menggunakan produk anti-jerawat dan obat jerawat, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat lebih kuat. Dokter Anda dapat meresepkan obat oral seperti antibiotik, antijamur, dan retinoid untuk mengatasi jerawat berat.

7. Lakukan Pengobatan Alternatif

Jika Anda tidak ingin menggunakan obat-obatan kimia, Anda juga dapat mencoba pengobatan alternatif seperti terapi sinar UV atau laser, terapi kulit, atau pijat wajah. Pengobatan ini dapat membantu mengurangi peradangan, menyamarkan bekas jerawat, dan mencerahkan kulit. Namun, sebelum melakukan pengobatan ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

8. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, ikan, dan kacang-kacangan juga dapat membantu mengurangi masalah jerawat. Makanan ini kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan ini juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

9. Hindari Stres

Stres dapat memicu produksi hormon yang dapat menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menghindari stres sebisa mungkin. Cobalah melakukan meditasi, yoga, atau latihan relaksasi lainnya yang dapat membantu mengurangi stres. Anda juga dapat mencoba berolahraga secara teratur untuk mengurangi stres.

BACA JUGA:  Mengintip Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Dijamin Aman

10. Gunakan Pelindung Wajah Saat Beraktivitas

Segera setelah Anda mulai merawat jerawat dengan benar, hindarilah aktivitas yang dapat menyebabkan jerawat semakin buruk. Misalnya, selalu gunakan pelindung wajah seperti topeng atau krim pelindung wajah saat Anda berolahraga atau beraktivitas di luar ruangan. Pelindung wajah ini dapat membantu mencegah kotoran dan debu masuk ke pori-pori wajah.

Kesimpulan

Jika Anda mengalami jerawat bernanah, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah infeksi dan mempercepat proses penyembuhannya. Pastikan untuk membersihkan wajah secara teratur dengan produk pembersih khusus kulit berjerawat, gunakan masker untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan bakteri, dan gunakan obat jerawat jika Anda masih memiliki masalah jerawat. Anda juga dapat mencoba pengobatan alternatif seperti terapi sinar UV atau laser,

VideoJika Jerawat Sudah Bernanah, Apa yang Harus Dilakukan?