Mengatasi Jerawat yang Sudah Matang

Mengatasi Jerawat Yang Sudah Matang
Source: bing.com

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum dijumpai. Jerawat adalah kondisi kulit yang berupa bintik-bintik merah yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat di wajah ataupun tubuh. Jerawat bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, anak-anak maupun orang dewasa. Jerawat bisa terjadi karena berbagai sebab, mulai dari kurangnya perawatan kulit, polusi, hingga masalah hormonal.

Jerawat yang sudah matang adalah jerawat yang telah lama muncul di wajah ataupun tubuh sehingga membentuk bintik-bintik hitam yang keras dan agak sulit untuk dihilangkan. Biasanya jerawat yang sudah matang ini akan menimbulkan masalah baru pada kulit, seperti bekas jerawat yang menghitam atau pun bintik-bintik hitam di kulit. Untuk mengatasi masalah jerawat yang sudah matang ini, Anda perlu melakukan perawatan khusus agar jerawat bisa hilang dan bekasnya pun tidak terlihat.

Cara Menghilangkan Jerawat yang Sudah Matang

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah jerawat yang sudah matang:

1. Gunakan Produk Yang Tepat

Produk perawatan kulit yang Anda gunakan haruslah sesuai dengan jenis kulit Anda. Produk yang mengandung bahan kimia seperti benzoil peroksida, salicylic acid, dan retinoid adalah produk yang populer untuk mengatasi jerawat. Namun, Anda harus menggunakannya dengan hati-hati karena kandungan kimia yang tinggi tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Anda juga harus memastikan produk yang Anda gunakan adalah produk yang direkomendasikan oleh dermatologis.

BACA JUGA:  Apakah Serum Hanasui Bagus untuk Jerawat?

2. Gunakan Peeling

Salah satu cara efektif untuk mengatasi jerawat yang sudah matang adalah dengan melakukan peeling. Peeling akan membantu mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan bintik-bintik hitam yang ditinggalkan oleh jerawat. Anda dapat menggunakan peeling kimia yang dijual di toko-toko kosmetik atau menggunakan scrub alami. Namun, pastikan Anda menggunakan peeling yang sesuai dengan jenis kulit Anda agar tidak menimbulkan iritasi.

3. Kurangi Produk Make Up

Jika Anda sering menggunakan make up, maka sebaiknya Anda hindari penggunaan make up yang berlebihan. Make up yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. Jika Anda tetap ingin menggunakan make up, gunakan make up berbahan dasar air atau make up yang mengandung bahan-bahan alami. Produk make up semacam ini lebih aman bagi kulit Anda dan tidak akan menyebabkan jerawat.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Menurut penelitian, makanan yang kaya akan gula, lemak, dan garam dapat meningkatkan risiko terkena jerawat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Makanan sehat ini akan membantu mencegah jerawat dan juga menjaga kesehatan kulit Anda.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Kurangi konsumsi minuman bersoda dan kopi, serta banyaklah minum air putih. Air putih akan membantu membersihkan toksin dari tubuh dan membersihkan sisa-sisa make up yang tertinggal di wajah. Selain itu, minum air putih juga akan membantu menjaga kesehatan kulit Anda dan mencegah jerawat.

6. Jaga Kebiasaan Bersih

Kebiasaan bersih adalah cara yang efektif untuk mencegah jerawat. Pastikan Anda rutin membersihkan wajah Anda dengan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, Anda juga harus mengganti pillowcase dan handuk setiap minggu untuk mencegah bakteri yang berkembang di tempat tidur Anda dan menjaga kebersihan kulit Anda.

BACA JUGA:  The Ordinary Untuk Jerawat Batu: Solusi untuk Mengatasi Jerawat Batu

Kesimpulan

Jerawat yang sudah matang dapat menimbulkan masalah baru pada kulit seperti bekas jerawat yang menghitam ataupun bintik-bintik hitam. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan berbagai perawatan seperti menggunakan produk yang tepat, melakukan peeling, mengurangi produk make up, mengkonsumsi makanan sehat, dan memperbanyak minum air putih. Selain itu, jaga juga kebiasaan bersih untuk mencegah jerawat dan menjaga kesehatan kulit Anda.

VideoMengatasi Jerawat yang Sudah Matang