Cara Mengatasi Jerawat yang Gatal

Cara Mengatasi Jerawat Yang Gatal
Source: bing.com

Jerawat merupakan masalah yang umum dialami oleh para remaja hingga orang dewasa. Jerawat dapat muncul di wajah, leher, punggung, punggung bawah, dan bahkan di lengan. Jerawat yang gatal membuat Anda merasa tidak nyaman dan memiliki rasa sakit yang berkepanjangan. Untungnya, ada berbagai cara untuk mengatasi jerawat gatal ini.

Menggunakan Obat Antibiotik

Obat antibiotik adalah cara yang paling umum digunakan untuk mengatasi jerawat gatal. Obat ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Obat ini dapat ditemukan di apotek dan dapat dikonsumsi dengan resep dokter. Beberapa obat yang biasa digunakan untuk mengobati jerawat gatal adalah eritromisin, minocycline, dan doksisiklin. Meskipun obat antibiotik efektif dalam mengurangi jerawat, namun jika tidak menggunakan secara benar, efek sampingnya juga dapat berbahaya. Oleh karena itu, pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

Menggunakan Produk Topikal

Produk topikal adalah pilihan lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat gatal. Produk topikal dapat ditemukan di apotek dan di toko kosmetik dan dapat diterapkan langsung pada area yang terkena jerawat gatal. Beberapa produk yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat gatal adalah salep yang mengandung asam salisilat, asam kojat, atau asam retinoat. Produk topikal ini dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan gatal-gatal pada jerawat. Namun, produk topikal juga dapat menimbulkan iritasi kulit, jadi pastikan untuk menggunakannya dengan hati-hati.

Menggunakan Masker Jerawat

Masker jerawat adalah cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat gatal. Masker jerawat dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Masker jerawat yang berbahan alami seperti bubuk oatmeal, madu, dan yogurt dapat sangat efektif dalam menenangkan kulit yang terkena jerawat gatal. Masker jerawat ini juga dapat membantu dalam mengurangi peradangan dan menenangkan rasa gatal pada jerawat.

BACA JUGA:  Ponds Penghilang Jerawat dan Bekasnya

Mengurangi Stres

Stres adalah salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan jerawat gatal. Untuk itu, mengurangi stres adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat gatal. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas untuk mengurangi stres seperti yoga, meditasi, atau latihan relaksasi. Menjaga pola tidur yang baik juga dapat membantu Anda mengendalikan stres sehingga jerawat gatal dapat dihindari.

Menghindari Merokok dan Minuman Beralkohol

Merokok dan minuman beralkohol dapat memperburuk jerawat gatal. Merokok dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi, yang pada gilirannya dapat memperburuk jerawat gatal. Minuman beralkohol juga dapat menyebabkan iritasi kulit dan memperburuk jerawat gatal. Untuk itu, lebih baik untuk menghindari merokok dan minuman beralkohol untuk menjaga kondisi kulit dan menghindari jerawat gatal.

Manfaat Buah dan Sayuran

Makan buah dan sayuran yang segar dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan mengurangi jerawat gatal. Buah dan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi pada kulit. Buah-buahan seperti apel, jeruk, dan blueberry kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang dapat memicu timbulnya jerawat gatal. Sayuran seperti bayam, brokoli, dan kale juga kaya akan antioksidan dan dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Menggunakan Produk Perawatan Kulit

Produk perawatan kulit seperti pelembab, sari buah, toner, dan masker wajah juga dapat membantu mengatasi jerawat gatal. Produk ini dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah iritasi kulit. Sebaiknya gunakan produk perawatan kulit yang cocok dengan jenis kulit Anda agar efeknya lebih baik. Selain itu, pastikan untuk membersihkan wajah Anda secara teratur untuk menghindari timbulnya jerawat gatal.

BACA JUGA:  Manfaat Face Wash untuk Jerawat Batu

Kesimpulan

Jerawat gatal dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan memiliki rasa sakit yang berkepanjangan. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Anda dapat menggunakan obat antibiotik, produk topikal, masker jerawat, mengurangi stres, menghindari merokok dan minuman beralkohol, mengonsumsi buah dan sayuran, dan menggunakan produk perawatan kulit. Sebaiknya berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan obat atau produk tertentu untuk menghindari efek samping yang berbahaya.

VideoCara Mengatasi Jerawat yang Gatal