Mengapa Jerawat Terjadi?

Mengapa Jerawat Terjadi?
Source: bing.com

Setiap orang pasti pernah mengalami jerawat. Bisa jadi sebagian dari kita sudah mengetahui, bahwa jerawat bisa muncul di wajah kita karena berbagai hal. Namun, tahukah Anda mengapa jerawat terjadi? Artikel ini akan mencoba mengupas mengapa jerawat terjadi dan bagaimana cara mencegahnya.

1. Hormon

Hormon merupakan salah satu penyebab jerawat. Hormon dalam tubuh akan meningkat saat remaja, menyebabkan produksi minyak di kulit meningkat. Minyak yang menumpuk di pori-pori akan menjadi media untuk bakteri berkembang biak, sehingga menyebabkan jerawat. Selain itu, hormon juga dapat memicu terjadinya iritasi dan pembengkakan pada kulit.

2. Minyak Berlebih

Ada beberapa faktor yang dapat membuat minyak berlebih di kulit, seperti keturunan, pola makan, dan kondisi lingkungan. Minyak berlebih di kulit dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak dan berminyak. Ini dapat menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat, menghasilkan jerawat.

3. Kebiasaan Merokok

Merokok juga dapat menyebabkan jerawat. Asap rokok mengandung zat-zat kimia yang dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan pada kulit. Selain itu, asap rokok juga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, sehingga memudahkan bakteri berkembang biak.

4. Stress

Stress berlebihan juga dapat menyebabkan jerawat. Kebiasaan stres berlebihan akan menyebabkan produksi hormon tertentu meningkat. Hormon tersebut dapat menyebabkan produksi minyak di kulit meningkat dan menyebabkan jerawat.

5. Kosmetik Beracun

Penggunaan kosmetik beracun juga dapat menyebabkan jerawat. Kosmetik beracun ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan menyumbat pori-pori. Penggunaan kosmetik beracun secara berlebihan dapat menyebabkan jerawat berkembang di wajah kita.

BACA JUGA:  Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

6. Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk juga dapat menyebabkan jerawat. Kebiasaan buruk seperti menggaruk jerawat yang sudah ada, menggaruk kulit secara berlebihan, atau menyentuh wajah dengan tangan yang kotor dapat membuat jerawat semakin parah.

7. Lingkungan

Lingkungan juga dapat menyebabkan jerawat. Lingkungan yang berpolusi atau banyak debu dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan membuat pori-pori tersumbat. Debu juga dapat menyebabkan produksi minyak berlebih, sehingga menyebabkan jerawat.

8. Pola Makan

Pola makan buruk juga dapat menyebabkan jerawat. Makanan yang tinggi gula, lemak, atau karbohidrat kompleks dapat menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit. Jika pori-pori tersumbat oleh minyak tersebut, maka jerawat akan bisa muncul.

9. Alergi Makanan

Alergi makanan juga dapat menyebabkan jerawat. Makanan tertentu dapat menyebabkan iritasi pada kulit, sehingga menyebabkan pembengkakan dan jerawat. Jika Anda mencurigai Anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu, maka sebaiknya untuk menghindari makanan tersebut.

10. Faktor Genetik

Faktor keturunan juga dapat menyebabkan jerawat. Beberapa orang memiliki gen yang membuat mereka rentan terhadap jerawat, sehingga mudah untuk mengalaminya. Jika seseorang memiliki orang tua yang memiliki jerawat, maka ada kemungkinan besar bahwa mereka juga akan menderita jerawat.

Kesimpulan

Jerawat bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti hormon, minyak berlebih, merokok, stress, kosmetik beracun, kebiasaan buruk, lingkungan, pola makan, alergi makanan, dan faktor genetik. Untuk mencegah jerawat, sebaiknya kita menjaga kebersihan kulit, memiliki pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan menghindari makanan yang dapat memicu alergi.

VideoMengapa Jerawat Terjadi?