Jerawat Terasa Gatal: Cara Mengatasinya

Jerawat Terasa Gatal: Cara Mengatasinya
Source: bing.com

Ketika jerawat muncul di wajah, Anda mungkin merasa sedikit bosan dengan jerawat itu. Namun, sekarang jerawat Anda juga mulai merasakan gatal. Ini bisa menjadi masalah serius karena sensasi gatal yang Anda rasakan menjadi sangat mengganggu dan bahkan menyebabkan rasa sakit. Anda mungkin bertanya-tanya apa yang harus dilakukan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi jerawat yang gatal.

Kenali Penyebabnya

Untuk mengatasi jerawat gatal, Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Biasanya, ketika Anda merasakan gatal, itu berarti bahwa jerawatnya berwarna merah. Hal ini dapat disebabkan oleh bakteri yang berada di bawah kulit Anda. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi, yang akhirnya menyebabkan rasa gatal. Selain itu, jerawat yang gatal juga dapat disebabkan oleh alergi. Alergi dapat terjadi ketika Anda menggunakan produk yang berisi bahan kimia yang kuat. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui apa yang menyebabkan jerawat Anda gatal sebelum melanjutkan ke tindakan berikutnya.

Bersihkan Wajah Anda

Cara paling efektif untuk mengobati jerawat yang gatal adalah dengan membersihkan wajah Anda. Pembersihan wajah akan membantu mengangkat kotoran dan bakteri yang menyebabkan jerawat gatal. Untuk memulai, gunakan sabun wajah yang mengandung bahan alami seperti aloe vera, yang akan membantu menenangkan kulit Anda. Anda juga harus menggunakan scrub wajah secara rutin untuk mengangkat kotoran dan sel mati. Setelah pembersihan, selalu gunakan toner wajah untuk menutupi pori-pori Anda dan membuat kulit Anda lebih halus.

Gunakan Produk Penghilang Gatal

Anda juga dapat mencoba produk penghilang gatal untuk mengurangi rasa gatal jerawat Anda. Produk ini dapat menenangkan kulit Anda dan membantu mengatasi rasa gatal. Beberapa produk yang dapat Anda coba adalah salep yang mengandung kortikosteroid, yang dapat membantu mengurangi rasa gatal dan inflamasi. Anda juga dapat mencoba produk yang mengandung bahan aktif seperti benzoil peroksida atau asam salisilat. Produk ini akan membantu mengurangi jerawat dan mengurangi rasa gatal.

BACA JUGA:  Mengenal Jerawat Karena Komedo

Konsumsi Vitamin dan Mineral

Konsumsi vitamin dan mineral yang cukup juga dapat membantu mengobati jerawat yang gatal. Vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk kulit yang sehat adalah vitamin A, E, dan C. Vitamin A dan E akan membantu dalam memperbaiki kulit dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Sedangkan vitamin C dapat membantu mengurangi rasa gatal dan memperbaiki kulit yang rusak. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi mineral seperti zink dan seng yang dapat membantu mengurangi jerawat dan memperbaiki kulit.

Jauhkan Diri dari Sinar Matahari

Sinan matahari yang terlalu banyak juga dapat membuat jerawat Anda gatal. Sinar matahari dapat menyebabkan radikal bebas yang merusak kulit Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk menghindari sinar matahari yang terlalu banyak. Gunakan tabir surya yang mengandung SPF 50 untuk melindungi wajah Anda. Anda juga harus menghindari dari aktivitas luar ruangan yang terlalu berlebihan ketika Anda memiliki jerawat yang gatal.

Konsultasikan Pada Dokter

Jika Anda merasa bahwa jerawat Anda tidak kunjung membaik meskipun Anda sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasinya, maka sebaiknya Anda segera menghubungi dokter. Dokter akan memberikan Anda diagnosa yang tepat dan meresepkan obat yang tepat untuk mengatasi jerawat Anda. Mereka juga dapat memberikan saran yang tepat tentang cara terbaik untuk membersihkan wajah Anda dan menjaga kesehatan kulit Anda.

Kesimpulan

Jerawat yang gatal dapat menjadi masalah serius yang harus diatasi. Dengan mengetahui penyebabnya, membersihkan wajah Anda dengan benar, menggunakan produk penghilang gatal yang tepat, mengonsumsi vitamin dan mineral yang cukup, dan menghindari sinar matahari yang terlalu banyak, Anda dapat mengurangi rasa gatal pada jerawat Anda. Jika Anda merasa bahwa jerawat Anda belum membaik meskipun sudah mencoba berbagai cara, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

BACA JUGA:  Dosa Apa yang Menyebabkan Jerawat?

VideoJerawat Terasa Gatal: Cara Mengatasinya