Jerawat Tanpa Mata: Bagaimana Ini Terjadi dan Bagaimana Mengatasinya?

Jerawat Tanpa Mata: Bagaimana Ini Terjadi Dan Bagaimana Mengatasinya?
Source: bing.com

Jerawat tanpa mata adalah salah satu jenis jerawat yang cukup umum. Jerawat tanpa mata dikenal juga sebagai jerawat inflamasi atau jerawat vulkanik. Jenis jerawat ini dapat terjadi di seluruh wajah, termasuk di pipi, dahi, hidung, dan bahkan di leher. Jerawat tanpa mata disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam kulit melalui pori-pori. Bila tidak diobati, jerawat tanpa mata dapat menyebabkan masalah kosmetik, seperti bekas jerawat, garis-garis, atau bintik-bintik hitam.

Jerawat tanpa mata biasanya berwarna merah, bengkak, dan terasa sakit. Mereka juga biasanya disertai dengan bintik-bintik putih atau cairan kental yang disebut nanah. Jerawat tanpa mata dapat bertahan selama beberapa hari hingga beberapa minggu. Mereka biasanya akan mengering dan menghilang dengan sendirinya, tetapi jika bukan, Anda harus melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

Penyebab Jerawat Tanpa Mata

Ketika bakteri masuk ke dalam kulit melalui pori-pori, mereka menyebabkan peradangan. Ini adalah proses yang disebut inflamasi. Inflamasi ini dapat menyebabkan jerawat tanpa mata. Bakteri yang umum menyebabkan jerawat tanpa mata adalah Propionibacterium acnes. Bakteri ini tumbuh dan berkembang biak di dalam pori-pori, dan menyebabkan iritasi, inflamasi, dan bintik-bintik putih.

Ketika kulit Anda tidak bisa mengeluarkan minyak secara normal, pori-pori menjadi tersumbat dan menyebabkan jerawat. Dehidrasi juga dapat menyebabkan jerawat tanpa mata. Dehidrasi dapat disebabkan oleh cahaya matahari, air berminyak, atau air yang terlalu kering. Pori-pori dapat tersumbat oleh kotoran, debu, atau minyak berlebih.

Cara Mengatasi Jerawat Tanpa Mata

Ada beberapa cara untuk mengatasi jerawat tanpa mata. Pertama, pastikan Anda mencuci wajah Anda dengan sabun wajah yang khusus untuk jerawat setiap hari. Gunakan sabun yang kaya akan minyak alami yang dapat menenangkan kulit dan mengurangi iritasi. Setelah mencuci wajah, Anda harus menggunakan toner untuk menghilangkan sisa-sisa sabun. Anda juga harus menggunakan krim pelembab khusus jerawat setiap hari.

BACA JUGA:  Sunblock Jafra untuk Jerawat

Kedua, Anda dapat mencoba melakukan masker wajah dengan bahan alami seperti yogurt dan madu. Masker ini akan melembabkan kulit dan membantu menghilangkan bakteri dan nanah. Anda juga dapat menggunakan masker dengan buah-buahan seperti pepaya, paprika merah, atau lemon. Buah-buahan ini memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi jerawat tanpa mata.

Ketiga, Anda harus menjaga kulit Anda tetap sehat dengan makan makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, tomat, dan paprika merah, akan membantu meningkatkan produksi kolagen dan membantu mengurangi pembentukan jerawat tanpa mata. Anda juga harus menghindari makanan yang tinggi lemak dan gula, karena dapat menyebabkan produksi minyak berlebih.

Terakhir, Anda harus menghindari menggosok jerawat tanpa mata. Menggosok jerawat dapat menyebabkan iritasi dan merusak kulit. Jika Anda melihat bintik-bintik hitam atau bekas jerawat, hindari untuk menggosoknya. Lebih baik gunakan scrub yang lembut dan krim yang khusus untuk jerawat untuk menghilangkannya.

Kesimpulan

Jerawat tanpa mata adalah salah satu jenis jerawat yang cukup umum. Penyebab utama jerawat tanpa mata adalah bakteri yang masuk melalui pori-pori dan menyebabkan inflamasi. Untuk mengatasinya, penting untuk mencuci wajah dengan sabun khusus jerawat, melakukan masker wajah dengan bahan alami, dan menjaga pola makan sehat. Jika Anda melihat bintik-bintik hitam atau bekas jerawat, hindari untuk menggosoknya dan gunakan scrub yang lembut dan krim yang khusus untuk jerawat untuk menghilangkannya.

VideoJerawat Tanpa Mata: Bagaimana Ini Terjadi dan Bagaimana Mengatasinya?