Mengatasi Jerawat Tak Kunjung Sembuh

Mengatasi Jerawat Tak Kunjung Sembuh
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dialami oleh banyak orang. Meskipun sebagian besar jerawat hilang dengan sendirinya dalam waktu yang relatif singkat, tapi ada kalanya jerawat tak kunjung sembuh meskipun telah dilakukan berbagai cara pengobatan. Hal ini cukup menyebalkan karena jerawat yang tak kunjung sembuh bisa mengganggu penampilan seseorang. Jadi, bagaimana cara untuk mengatasi jerawat yang tak kunjung sembuh? Berikut ini beberapa tips untuk mengatasinya.

Konsumsi Vitamin dan Mineral

Minum suplemen yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh dapat membantu mengatasi jerawat. Vitamin A dan zinc adalah salah satu vitamin dan mineral yang terkenal karena kemampuannya dalam mengurangi jerawat. Selain itu, vitamin dan mineral lain seperti vitamin C, vitamin E, magnesium, dan kalsium juga bermanfaat dalam mengatasi jerawat.

Cuci Wajah dengan Benar

Cara yang terbaik untuk mengatasi jerawat adalah dengan menjaga kebersihan wajah. Cuci wajah 2-3 kali sehari dengan sabun wajah yang diformulasi khusus untuk kulit berjerawat. Pastikan untuk memilih sabun yang kandungan zat kimia yang lembut, sehingga tidak menimbulkan iritasi.

Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Setelah mencuci wajah, selanjutnya gunakan produk perawatan kulit yang tepat. Pilih produk yang mengandung kandungan bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Sebagai contoh, anda bisa memilih produk yang mengandung minyak zaitun atau minyak jojoba. Kedua bahan ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi jerawat dan menenangkan kulit.

BACA JUGA:  Apakah Ikan Memberikan Pengaruh Terhadap Jerawat?

Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak

Konsumsi makanan berlemak dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit, yang pada gilirannya dapat menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan berlemak seperti daging merah, makanan gorengan, dan junk food. Sebagai gantinya, anda bisa mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak vitamin dan mineral seperti sayur dan buah-buahan.

Kurangi Stres

Stres adalah salah satu faktor utama yang memicu munculnya jerawat. Oleh karena itu, penting untuk mencoba untuk mengurangi stres. Anda bisa melakukan berbagai cara untuk mengurangi stres seperti berolahraga, mendengarkan musik, atau melakukan yoga. Semua cara ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Hindari Sentuhan

Selain itu, penting untuk menghindari sentuhan terhadap wajah. Sentuhan dapat menyebabkan peradangan dan meningkatkan produksi minyak pada kulit. Jadi, jangan sentuh wajah dengan tangan atau jari anda. Jika anda harus menyentuh wajah, pastikan untuk mencuci terlebih dahulu tangan anda dengan sabun antibakteri.

Coba Metode Pengobatan Alternatif

Selain mencoba berbagai cara pengobatan di atas, anda juga bisa mencoba metode pengobatan alternatif seperti akupuntur, terapi air hangat, dan refleksi. Semua metode ini telah terbukti efektif dalam mengatasi jerawat yang tak kunjung sembuh. Namun, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba metode pengobatan alternatif ini.

Kesimpulan

Jerawat yang tak kunjung sembuh merupakan masalah yang cukup menyebalkan. Namun, anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk mengatasinya. Mulai dari mengkonsumsi vitamin dan mineral hingga mencoba metode pengobatan alternatif, semua cara ini bisa membantu anda mendapatkan kulit yang lebih bersih dan sehat tanpa jerawat.

VideoMengatasi Jerawat Tak Kunjung Sembuh