Jerawat Sistik, Penyebab dan Cara Mengatasi

Jerawat Sistik, Penyebab Dan Cara Mengatasi
Source: bing.com

Jerawat sistik adalah jenis jerawat yang berbentuk seperti sistik. Pada umumnya, jerawat sistik berwarna merah dan berukuran lebih kecil daripada jerawat lainnya. Namun, mereka juga bisa berwarna putih atau kuning. Umumnya, jerawat sistik muncul di bagian wajah, misalnya di pipi, hidung, dan dagu. Jerawat sistik juga dapat muncul di dada atau punggung.

Penyebab jerawat sistik biasanya disebabkan oleh penyumbatan pori-pori di kulit. Penyumbatan ini sering kali disebabkan oleh kotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori. Selain itu, jerawat sistik juga dapat disebabkan oleh kurangnya kebersihan wajah, produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit, atau stres yang berlebihan.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi jerawat sistik:

1. Membersihkan Wajah Secara Teratur

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengurangi jerawat sistik adalah membersihkan wajah secara teratur. Membersihkan wajah akan mengurangi minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori, dan mengurangi risiko jerawat sistik. Saat membersihkan wajah, pastikan untuk menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Gunakan Masker

Masker merupakan cara lain untuk mengatasi jerawat sistik. Masker dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori. Selain itu, masker juga dapat membantu menenangkan kulit dan mengurangi bengkak pada jerawat sistik.

3. Penggunaan Produk Perawatan Wajah

Produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda dapat membantu mengurangi jerawat sistik. Produk yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide dapat membantu mengurangi minyak dan mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Selain itu, produk yang mengandung vitamin C dapat membantu mencerahkan dan menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah.

BACA JUGA:  Avoskin Miraculous Refining Serum untuk Jerawat

4. Menghindari Stres Berlebihan

Stres berlebihan sering menjadi salah satu penyebab jerawat sistik. Untuk itu, pastikan untuk menghindari stres berlebihan dengan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, seperti mendengarkan musik, berolahraga, atau jalan-jalan. Hal ini akan membantu dalam menghilangkan stres dan membantu mengurangi jerawat sistik.

5. Pengobatan Medis

Jika Anda mengalami jerawat sistik yang parah, Anda mungkin harus mencoba pengobatan medis. Pengobatan medis dapat berupa obat-obatan yang diresepkan oleh dokter ataupun prosedur medis yang lebih kompleks seperti laser atau fototerapi. Namun, sebelum mencoba pengobatan medis, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Kesimpulan

Jerawat sistik merupakan jenis jerawat yang umumnya berwarna merah dengan ukuran yang lebih kecil daripada jerawat lainnya. Penyebabnya biasanya disebabkan oleh penyumbatan pori-pori yang disebabkan oleh kotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori. Untuk mengatasi jerawat sistik, cara yang dapat dilakukan antara lain membersihkan wajah secara teratur, menggunakan masker, menggunakan produk perawatan wajah, menghindari stres berlebihan, dan jika perlu mencoba pengobatan medis.

VideoJerawat Sistik, Penyebab dan Cara Mengatasi