Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Jerawat Sakit Saat Dipegang

Kenali Gejala Dan Cara Mengatasi Jerawat Sakit Saat Dipegang
Source: bing.com

Apa Itu Jerawat Sakit Saat Dipegang?

Jerawat sakit saat dipegang adalah kondisi kulit di mana jerawat berwarna merah dan menyebabkan rasa sakit ketika disentuh. Hal ini disebabkan oleh peradangan akibat infeksi bakteri. Jerawat sakit saat dipegang umumnya terjadi pada wajah, leher, punggung, dan dada. Tidak hanya menyebabkan sakit saat dipegang, jerawat jenis ini juga dapat memicu rasa gatal dan juga menyebabkan peradangan yang lebih parah.

Apa Yang Menyebabkan Jerawat Sakit Saat Dipegang?

Kulit yang sensitif, menggunakan produk perawatan kulit yang salah, terlalu banyak menggunakan produk perawatan kulit, kurangnya perawatan kulit, dan infeksi bakteri adalah beberapa penyebab utama jerawat sakit saat dipegang. Anda juga dapat memiliki jerawat sakit saat dipegang akibat alergi terhadap beberapa produk atau makanan tertentu.

Gejala Jerawat Sakit Saat Dipegang

Jerawat sakit saat dipegang dapat dikenali dengan beberapa gejala berikut: jerawat kemerahan, bengkak, rasa sakit saat disentuh, gatal, rasa sakit saat menyentuh kulit, dan peradangan pada kulit. Jerawat ini umumnya berupa benjolan kecil berwarna merah dan dapat menyebar dengan cepat. Gejala lain yang dapat terjadi adalah ruam, kemerahan, dan iritasi.

Diagnosis Jerawat Sakit Saat Dipegang

Dokter akan melakukan pemeriksaan kulit dan menanyakan riwayat medis Anda untuk menentukan apakah Anda menderita jerawat sakit saat dipegang. Dokter juga akan menanyakan jenis produk perawatan kulit yang Anda gunakan, apakah Anda memiliki alergi terhadap beberapa makanan atau produk tertentu, dan apakah Anda menderita penyakit lainnya. Dokter juga mungkin akan melakukan tes darah untuk mengetahui apakah Anda memiliki infeksi bakteri.

BACA JUGA:  Cara Mencegah Jerawat di Punggung

Cara Mengatasi Jerawat Sakit Saat Dipegang

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat sakit saat dipegang adalah dengan menghindari sentuhan atau tekanan pada area yang terkena jerawat, menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai, membersihkan daerah yang terkena jerawat pada hari yang sama setiap hari, dan menghindari produk perawatan kulit yang berbasis alkohol. Jika Anda menggunakan produk perawatan kulit, pastikan untuk memilih produk yang khusus untuk kulit sensitif.

Dokter juga dapat meresepkan obat-obatan untuk mengobati jerawat sakit saat dipegang. Obat-obatan ini dapat berbentuk tablet, krim, atau suntikan. Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati jerawat sakit saat dipegang meliputi antibiotik, retinoid, dan agen anti-inflamasi. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.

Cara Pencegahan Jerawat Sakit Saat Dipegang

Untuk mencegah jerawat sakit saat dipegang, pastikan Anda menjaga kulit Anda dengan benar. Hindari menggunakan produk perawatan kulit yang beralkohol, produk yang mengandung bahan kimia berbahaya, dan produk yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Pastikan untuk membersihkan wajah Anda dengan benar setiap hari dan jangan lupa untuk menggunakan krim pelindung sinar matahari ketika berada di luar ruangan. Jika Anda memiliki alergi terhadap beberapa produk atau makanan, pastikan untuk menghindarinya dan berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki masalah dengan kulit Anda.

Kesimpulan

Jerawat sakit saat dipegang adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh peradangan akibat infeksi bakteri. Beberapa penyebab utama jerawat sakit saat dipegang adalah kulit sensitif, menggunakan produk perawatan kulit yang salah, terlalu banyak menggunakan produk perawatan kulit, kurangnya perawatan kulit, dan infeksi bakteri. Untuk mengatasi jerawat sakit saat dipegang, Anda dapat menghindari sentuhan atau tekanan pada area yang terkena jerawat, menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai, membersihkan daerah yang terkena jerawat pada hari yang sama setiap hari, menghindari produk perawatan kulit yang berbasis alkohol, dan menggunakan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Untuk mencegah jerawat sakit saat dipegang, pastikan untuk menjaga kulit Anda dengan benar dan hindari menggunakan produk perawatan kulit yang beralkohol, produk yang mengandung bahan kimia berbahaya, dan produk yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

BACA JUGA:  Rekomendasi Sabun Penghilang Bekas Jerawat

VideoKenali Gejala dan Cara Mengatasi Jerawat Sakit Saat Dipegang