Mengenal dan Memahami Jerawat Sakit

Mengenal Dan Memahami Jerawat Sakit
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum ditemui. Sebagian besar orang pernah mengalami jerawat di wajah mereka pada suatu saat dalam hidup mereka. Jerawat dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan kadang-kadang dapat berkembang menjadi jerawat sakit. Namun, banyak orang yang tidak menyadari bahwa ada perbedaan antara jerawat normal dan jerawat sakit.

Jerawat sakit adalah kondisi kulit yang lebih serius dibandingkan dengan jerawat normal. Mereka dapat berupa kemerahan, bengkak, dan keradangan yang disebabkan oleh infeksi. Kebanyakan jenis jerawat sakit disebabkan oleh bakteri yang menyerang kulit. Infeksi ini dapat memicu rasa sakit, gatal, atau bahkan terbakar pada kulit. Jerawat sakit biasanya berkembang di wajah, leher, dada, dan punggung.

Penyebab Jerawat Sakit

Jerawat sakit disebabkan oleh bakteri. Ketika kulit terinfeksi, itu akan menjadi merah, bengkak, dan terasa sakit. Ini disebabkan oleh reaksi alergi tubuh terhadap bakteri. Bakteri yang paling umum menyebabkan jerawat sakit adalah Propionibacterium acnes (P. acnes). Bakteri ini tumbuh di minyak yang diproduksi oleh kulit, dan dapat menyebabkan infeksi ketika dibiarkan berkembang.

Selain bakteri, beberapa faktor lain dapat memicu perkembangan jerawat sakit. Penyebab lain termasuk kulit kering, produksi minyak berlebihan, penggunaan produk perawatan kulit yang keras, stres, dan mungkin hormon. Juga, menggaruk atau mencubit jerawat dapat menyebabkan infeksi lebih lanjut dan menyebabkan jerawat sakit.

Gejala dan Tanda Jerawat Sakit

Gejala yang paling umum dari jerawat sakit adalah kemerahan, bengkak, dan rasa sakit. Mereka juga akan memiliki pus yang keluar dari luka. Mereka akan terasa sangat nyeri ketika disentuh. Jerawat sakit juga dapat menyebabkan pembengkakan dan merah di sekitarnya, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan gatal.

BACA JUGA:  Obat Jerawat yang Ada di Apotek

Kadang-kadang, jerawat sakit juga dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut. Salah satu komplikasi paling umum adalah jerawat luka bakar. Ini disebabkan oleh infeksi yang lebih lanjut. Gejala jerawat luka bakar umumnya lebih parah daripada gejala jerawat normal atau sakit. Mereka akan memiliki pus yang lebih banyak dan bengkak yang lebih parah.

Pengobatan untuk Jerawat Sakit

Beberapa jenis pengobatan dapat membantu mengobati jerawat sakit. Obat lokal seperti krim atau salep yang mengandung antibiotik topikal, seperti eritromisin, dapat membantu mengurangi infeksi dan mengurangi rasa sakit dan gatal. Obat-obatan lain yang dapat membantu termasuk antibiotik oral, seperti minum doxycycline, dan retinoid topikal, seperti isotretinoin. Penggunaan produk perawatan kulit yang lembut juga dapat membantu mengurangi infeksi.

Selain itu, ada beberapa cara lain yang dapat membantu mencegah jerawat sakit. Mengelola stres dengan cara yang positif dapat membantu mencegah infeksi. Penggunaan produk perawatan kulit yang lembut juga bermanfaat. Menjaga kulit tetap bersih dan kering juga dapat membantu mengurangi risiko infeksi. Pembersihan wajah yang teratur juga sangat bermanfaat.

Kapan Saya Harus Pergi ke Dokter?

Jika Anda memiliki jerawat sakit yang parah atau tidak merespons pengobatan, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan mengambil contoh biopsi untuk memastikan bahwa Anda menderita jerawat sakit dan bukan jenis lain dari infeksi kulit. Jika Anda memiliki jerawat luka bakar, Anda harus segera mencari bantuan medis.

Kesimpulan

Jerawat sakit adalah kondisi kulit yang lebih serius dibandingkan dengan jerawat normal. Mereka dapat berupa kemerahan, bengkak, dan keradangan yang disebabkan oleh infeksi. Kebanyakan jenis jerawat sakit disebabkan oleh bakteri yang menyerang kulit. Untuk mencegah dan mengobati jerawat sakit, gunakan produk perawatan kulit yang lembut, jaga kulit tetap bersih dan kering, dan cobalah mengelola stres dengan cara yang positif. Jika jerawat sakit Anda parah atau tidak merespons pengobatan, Anda harus segera mencari bantuan medis.

BACA JUGA:  Manfaat Serum untuk Jerawat di Alfamart

Kesimpulan

Jerawat sakit adalah kondisi kulit yang lebih serius dibandingkan dengan jerawat normal. Para ahli telah mengidentifikasi Propionibacterium acnes (P. acnes) sebagai bakteri paling umum yang dapat menyebabkan jerawat sakit. Gejala umum jerawat sakit termasuk kemerahan, bengkak, dan rasa sakit. Untuk mengobati jerawat sakit, Anda dapat menggunakan obat lokal, seperti salep antibiotik topikal, atau obat-obatan lain seperti antibiotik oral. Jika masalah Anda tidak merespons pengobatan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

VideoMengenal dan Memahami Jerawat Sakit