Penyebab Jerawat Saat Mau Haid

Penyebab Jerawat Saat Mau Haid
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dijumpai oleh banyak orang. Tidak hanya pada remaja, tetapi orang dewasa juga sering mengalaminya. Seringkali, jerawat menjadi masalah yang lebih parah saat mau haid. Jerawat yang muncul saat mau haid disebut dengan PMS-related acne. Di sini, kita akan mencari tahu mengapa jerawat ini muncul dan bagaimana cara mengatasinya.

Apa Penyebab Jerawat Saat Mau Haid?

Jerawat PMS-related muncul sebagai akibat dari perubahan hormone selama masa haid. Saat wanita mengalami masa haid, hormon estrogen dan progesteron mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan tersebut dapat menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit, menyebabkan iritasi dan munculnya jerawat.

Selain itu, obat yang dikonsumsi dan stres juga dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat saat mau haid. Obat hormonal seperti pil kontrasepsi, obat anti depresi, dan steroid dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit. Stres juga dapat memicu produksi hormon yang menyebabkan iritasi dan jerawat.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Saat Mau Haid?

Untuk menghilangkan jerawat saat mau haid, Anda harus memastikan untuk merawat kulit secara teratur. Saat mengalami masa haid, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai. Gunakan produk yang mengandung bahan aktif seperti benzoil peroksida, asam salisilat, atau acid azelaic untuk mengurangi produksi minyak berlebih dan menghilangkan jerawat.

Selain itu, Anda juga dapat mengurangi stres dengan berolahraga, meditasi, dan tidur yang cukup. Anda juga bisa mencoba mengurangi konsumsi produk yang mengandung gula dan garam. Hal ini akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih dan juga menghilangkan jerawat.

BACA JUGA:  Tips dan Cara untuk Kulit Mulus Tanpa Jerawat

Apa Saja Tips Perawatan Kulit Saat Mau Haid?

Untuk menghindari jerawat saat mau haid, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Gunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Gunakan krim pelembab setelah membersihkan wajah.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif untuk menghilangkan jerawat dan mengurangi produksi minyak berlebih.
  • Gunakan masker wajah yang mengandung bahan alami seperti teh hijau, yoghurt, atau oatmeal.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak alami seperti biji anggur, kurma, atau madu.
  • Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Apakah Jerawat Saat Mau Haid Berbahaya?

Walaupun jerawat saat mau haid dapat menimbulkan kekhawatiran, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jerawat saat mau haid biasanya hanya sementara. Umumnya, jerawat akan hilang setelah masa haid selesai. Namun, jika jerawat yang dihadapi terlalu parah, Anda dapat mencari bantuan medis dan mencari solusi yang tepat.

Kesimpulan

Jerawat saat mau haid adalah masalah yang umum dihadapi oleh banyak orang. Penyebabnya adalah perubahan hormone saat masa haid. Untuk mengatasinya, Anda harus merawat kulit secara rutin dengan produk perawatan kulit yang sesuai. Selain itu, Anda juga harus mencoba untuk mengurangi stres dan mengontrol konsumsi gula dan garam. Jerawat saat mau haid biasanya hanya sementara dan tidak berbahaya. Namun, jika Anda tetap merasa khawatir, Anda dapat mencari bantuan medis.

VideoPenyebab Jerawat Saat Mau Haid