Jerawat Pustula dan Papula: Apa Perbedaannya?

Jerawat Pustula Dan Papula: Apa Perbedaannya?
Source: bing.com

Mungkin Anda pernah mendengar istilah jerawat pustula dan papula. Namun, apakah Anda tahu apa perbedaan antara keduanya? Kedua istilah ini mengacu pada jenis jerawat yang berbeda. Untuk memahami perbedaan antaranya, mari kita lihat lebih dekat.

Apa Itu Jerawat Pustula?

Jerawat pustula merupakan jenis jerawat yang bisa menimbulkan gelembung berisi nanah. Jerawat ini biasanya berwarna merah tua dan berada di atas permukaan kulit Anda. Ketika Anda menekan gelembung ini, nanah dan kotoran akan tertelanjangi. Anda juga mungkin melihat bintik-bintik putih di sekitar gelembung ini.

Faktor pemicu jerawat pustula biasanya adalah bakteri. Ketika Anda menggaruk jerawat ini, Anda dapat membuat infeksi lebih parah. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari menggaruk jerawat ini.

Apa Itu Jerawat Papula?

Jerawat papula adalah jenis jerawat yang lebih kecil dan lebih kecil daripada jerawat pustula, dan biasanya tidak mengandung nanah. Jerawat ini berwarna merah dan berada di atas permukaan kulit Anda. Jerawat papula mungkin juga disertai dengan rasa gatal.

Faktor pemicu jerawat papula adalah produksi minyak berlebihan, debu, dan kotoran. Produksi minyak berlebihan dapat menyebabkan pori-pori Anda tersumbat, menyebabkan jerawat.

Bagaimana Cara Mengobati Jerawat Pustula dan Papula?

Untuk mengobati jerawat pustula dan papula, Anda harus melakukan beberapa hal. Pertama, jika Anda melihat gelembung nanah, Anda harus segera menghubungi dokter. Mereka akan meresepkan obat antibiotik untuk membantu mengobati infeksi. Jika Anda menggaruk jerawat, Anda juga harus menghindari melakukannya.

BACA JUGA:  Testimoni Dermatix Untuk Bekas Jerawat

Kedua, Anda harus menjaga kebersihan kulit Anda dengan baik. Anda harus rutin membersihkan kulit Anda dengan sabun mild dan air hangat. Anda juga harus melakukan exfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Ketiga, Anda harus menjaga pola makan yang sehat, dan hindari makanan yang berlemak. Hindari juga makanan yang berminyak, karena dapat memperburuk kondisi jerawat Anda. Juga, pastikan Anda meminum banyak cairan setiap hari untuk menjaga kulit tetap sehat.

Keempat, Anda harus menghindari menggunakan produk yang mengandung bahan kimia. Gunakan produk kosmetik yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Juga, hindari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Cara Mencegah Jerawat Pustula dan Papula

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah jerawat pustula dan papula. Pertama, jaga kebersihan kulit Anda dan jangan lupa untuk melakukan exfoliasi. Kedua, hindari makanan berlemak dan berminyak, dan pastikan Anda meminum banyak cairan setiap hari. Ketiga, jangan gunakan produk yang mengandung bahan kimia berbahaya. Keempat, hindari paparan sinar matahari yang berlebihan. Dan yang terakhir, jangan lupa untuk melakukan perawatan kulit rutin.

Kesimpulan

Jerawat pustula dan papula adalah dua jenis jerawat yang berbeda. Jerawat pustula biasanya mengandung nanah dan berwarna merah tua, sementara jerawat papula lebih kecil dan lebih kecil, dan tidak mengandung nanah. Untuk mengobati jerawat pustula dan papula, Anda harus menjaga kebersihan kulit Anda, menjaga pola makan sehat, dan menghindari produk berbahaya. Untuk mencegah jerawat pustula dan papula, Anda harus melakukan perawatan kulit rutin dan menjaga kebersihan kulit Anda.

VideoJerawat Pustula dan Papula: Apa Perbedaannya?