Jerawat pustula dan Cara Menanggulanginya

Jerawat Pustula Dan Cara Menanggulanginya
Source: bing.com

Jerawat pustula adalah jenis jerawat yang cukup serius dan berisiko tinggi jika tidak segera ditangani. Kondisi ini menyebabkan ruam berbentuk bintik-bintik kecil berisi nanah pada wajah atau bagian tubuh lainnya. Jerawat pustula juga dikenal sebagai jerawat bernanah atau jerawat purulen. Keadaan ini dapat menimbulkan rasa gatal, nyeri, dan peradangan yang menyebabkan rasa sakit dan kesulitan dalam beraktivitas.

Menurut ahli kulit, jerawat pustula disebabkan oleh bakteri Propionebacterium acnes yang tumbuh di dalam pori-pori kulit. Bakteri ini bisa masuk ke dalam pori-pori kulit akibat kulit yang kurang bersih dan kotor, produksi minyak berlebihan, stres, serta paparan sinar matahari. Untuk mencegah jerawat pustula, Anda bisa menjaga kebersihan kulit dengan mencuci wajah dengan air hangat dan menggunakan produk khusus untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Gejala Jerawat Pustula

Jerawat pustula dapat dikenali dengan gejala yang berbeda dari jenis jerawat lainnya. Kondisi ini biasanya dimulai dengan munculnya bintik-bintik kecil di wajah atau bagian tubuh lainnya. Bintik-bintik ini akan berubah menjadi kemerahan seiring dengan peningkatan peradangan. Pada tahap berikutnya, nanah akan terbentuk di atas bintik-bintik ini. Gejala lain yang mungkin Anda alami adalah iritasi, gatal, dan nyeri pada daerah yang terkena jerawat.

Cara Mencegah Jerawat Pustula

Cara yang paling efektif untuk mencegah jerawat pustula adalah dengan menjaga kesehatan kulit. Anda dapat melakukan beberapa hal berikut untuk mencegah jerawat pustula:

  • Jaga kebersihan kulit dengan mencuci wajah dengan air hangat dan sabun untuk wajah. Anda juga bisa menggunakan produk khusus untuk menjaga kesehatan kulit wajah.
  • Kurangi minyak berlebihan di wajah dengan menggunakan produk pencerah dan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Hindari paparan sinar matahari, karena sinar matahari dapat menyebabkan iritasi dan kulit kering, yang dapat meningkatkan risiko jerawat.
  • Kurangi stres, karena stres dapat meningkatkan produksi minyak di wajah dan meningkatkan risiko jerawat.
  • Jauhi produk kosmetik berbahan berbahaya, seperti bubuk, bedak, dan foundation yang menutupi pori-pori.
BACA JUGA:  5 Manfaat Obat Penghilang Bekas Jerawat Mediklin

Cara Mengatasi Jerawat Pustula

Jika Anda sudah mengalami jerawat pustula, Anda bisa menggunakan produk-produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Beberapa produk yang dapat membantu mengatasi jerawat pustula adalah:

  • Produk pembersih wajah yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat.
  • Produk krim atau losion yang mengandung zat antibakteri untuk mengurangi peradangan.
  • Produk pelembab untuk mencegah kulit kering.
  • Produk masker wajah untuk mengangkat sel kulit mati.
  • Produk serum yang mengandung ekstrak alami untuk mengurangi peradangan.

Selain menggunakan produk perawatan kulit, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi jerawat pustula:

  • Jangan sentuh atau pijit jerawat, karena dapat menyebabkan peradangan dan infeksi.
  • Hindari produk kosmetik berbahan berbahaya, seperti bubuk, bedak, dan foundation yang menutupi pori-pori.
  • Jangan menggunakan produk yang mengandung alkohol, karena dapat menyebabkan iritasi dan kulit kering.
  • Hindari paparan sinar matahari dan jaga kebersihan kulit dengan mencuci wajah dengan air hangat dan sabun untuk wajah.

Cara Pengobatan Jerawat Pustula

Jika jerawat pustula Anda sudah parah, Anda dapat mencoba beberapa cara pengobatan berikut:

  • Konsultasikan dengan dokter untuk memeriksa kondisi kulit Anda dan memastikan bahwa Anda mendapatkan pengobatan terbaik yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Gunakan obat-obatan yang diresepkan dokter, seperti obat antibiotik, obat retinoid, atau obat vitamin A.
  • Coba pengobatan alternatif, seperti terapi sinar matahari, peeling kimia, atau terapi laser.
  • Hindari produk kosmetik berbahan berbahaya, seperti bubuk, bedak, dan foundation yang menutupi pori-pori.

Kesimpulan

Jerawat pustula adalah jenis jerawat yang cukup serius dan berisiko tinggi jika tidak segera ditangani. Untuk mencegah jerawat pustula, Anda bisa menjaga kebersihan kulit dengan mencuci wajah dengan air hangat dan menggunakan produk khusus untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Jika Anda sudah mengalami jerawat pustula, Anda bisa menggunakan produk-produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda, serta melakukan cara-cara lain untuk mengatasi jerawat pustula. Jika jerawat pustula Anda sudah parah, Anda dapat mencoba beberapa cara pengobatan seperti konsultasi dengan dokter, menggunakan obat-obatan yang diresepkan dokter, men

BACA JUGA:  Pengobatan Jerawat Scarlet

VideoJerawat pustula dan Cara Menanggulanginya