Jerawat Pustul dan Cara Mengatasinya

Jerawat Pustul Dan Cara Mengatasinya
Source: bing.com

Jerawat pustul adalah jenis jerawat yang terbentuk ketika sel-sel kulit mati dan minyak berkumpul di dalam pori-pori. Gejala jerawat pustul biasanya terlihat seperti bintik-bintik merah atau kuning di wajah, punggung, atau bagian tubuh lainnya. Biasanya, jerawat pustul disertai dengan rasa gatal dan perih, yang bisa menyebabkan rasa malu bagi seseorang.

Mengidentifikasi jerawat pustul adalah penting untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengobatinya. Tanda-tanda yang paling umum dari jerawat pustul adalah bintik-bintik merah atau kuning di wajah, punggung, atau bagian tubuh lainnya. Bintik-bintik tersebut biasanya disertai dengan nanah, sel-sel kulit mati, dan minyak. Biasanya, jerawat pustul disertai dengan rasa gatal dan perih, yang bisa menyebabkan rasa malu bagi seseorang.

Penyebab Jerawat Pustul

Jerawat pustul disebabkan oleh kombinasi dari berbagai faktor, termasuk peningkatan produksi hormon selama masa pubertas, infeksi bakteri, iritasi kulit, dan penggunaan produk kecantikan yang kurang tepat. Sebagian besar orang memiliki genetika yang membuat mereka rentan terhadap jerawat pustul. Oleh karena itu, orang-orang yang memiliki riwayat keluarga dengan jerawat pustul lebih mungkin untuk mengembangkan kondisi ini.

Selain itu, jerawat pustul juga mungkin disebabkan oleh pola makan yang buruk. Makanan yang tinggi akan karbohidrat, seperti roti, kentang, dan makanan cepat saji, dapat menyebabkan produksi minyak berlebihan di wajah. Sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor juga dapat meningkatkan risiko jerawat pustul.

Cara Mengobati Jerawat Pustul

Mengobati jerawat pustul adalah penting untuk menghindari infeksi lanjutan dan meminimalkan risiko meninggalkan bekas luka. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat pustul adalah:

  • Mencuci wajah dengan sabun untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebihan.
  • Menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide untuk membantu membersihkan dan mengeringkan jerawat.
  • Menggunakan krim atau gel yang mengandung antibiotik untuk membantu mengurangi infeksi.
  • Mengonsumsi makanan yang rendah karbohidrat dan kaya antioksidan untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebihan.
BACA JUGA:  Masker untuk Menghilangkan Bruntusan dan Bekas Jerawat

Cara Pencegahan Jerawat Pustul

Mencegah jerawat pustul adalah penting untuk menghindari kondisi ini. Beberapa cara untuk mencegah jerawat pustul adalah:

  • Mengurangi kontak dengan faktor lingkungan yang dapat menyebabkan iritasi kulit, seperti asap rokok.
  • Menjaga kebersihan wajah dengan mencuci wajah secara teratur menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit.
  • Menghindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.
  • Menggunakan produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk wajah.
  • Mengonsumsi makanan yang sehat dan rendah karbohidrat untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebihan.

Kesimpulan

Jerawat pustul adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh kombinasi dari berbagai faktor, termasuk peningkatan produksi hormon selama masa pubertas, infeksi bakteri, iritasi kulit, dan penggunaan produk kecantikan yang kurang tepat. Untuk mengobati jerawat pustul, diperlukan perawatan yang tepat, termasuk mencuci wajah dengan sabun, menggunakan produk perawatan kulit, dan mengonsumsi makanan yang sehat. Dengan cara pencegahan yang tepat, Anda dapat mencegah jerawat pustul dengan menjaga kebersihan wajah, menghindari stres dan mengonsumsi makanan yang rendah karbohidrat.

VideoJerawat Pustul dan Cara Mengatasinya