Jerawat Purging: Apa Itu, dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jerawat Purging: Apa Itu, Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Source: bing.com

Purging adalah kondisi kulit yang menyebabkan jerawat dan jerawat lainnya menjadi lebih parah daripada biasanya saat menggunakan produk perawatan kulit baru. Biasanya, purging terjadi selama dua sampai enam minggu setelah menggunakan produk perawatan kulit, dan tidak semua orang yang menggunakan produk perawatan kulit mengalami purging. Purging dapat disebabkan oleh produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia yang dapat mempercepat pemurnian pori-pori kulit.

Purging dapat dikenali dengan berbagai tanda seperti jerawat, bintik-bintik, dan bintik-bintik kecil. Selain itu, kulit dapat menjadi lebih mengkilap dan berminyak. Purging dapat terjadi di mana saja di wajah, termasuk di daerah sekitar hidung, dagu, dan pipi. Jerawat purging juga dapat terjadi di tubuh, terutama di lengan dan leher.

Apa yang Menyebabkan Purging?

Purging dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan purging adalah bahan kimia yang ada dalam produk perawatan kulit, seperti retinol, asam salisilat, asam glikolat, dan lainnya. Faktor lain yang dapat menyebabkan purging adalah menggunakan produk perawatan kulit yang berlebihan, atau menggunakan produk tidak sesuai dengan jenis kulit Anda.

Selain itu, purging juga dapat disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan, seperti kelebihan hormon, masalah kelenjar sebasea, penyakit kulit, dan lainnya. Jika Anda mengalami jerawat purging yang parah, Anda harus segera mencari bantuan medis.

Bagaimana Cara Mengatasi Purging?

Jika Anda mengalami purging, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat tersebut. Pertama, Anda harus mengurangi produk perawatan kulit yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan produk yang mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan purging, sebaiknya hentikan penggunaannya sampai purging berakhir. Jika Anda menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda, sebaiknya ganti dengan produk yang lebih cocok dengan jenis kulit Anda.

BACA JUGA:  7 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis

Kedua, Anda harus menjaga kulit tetap bersih dan terhidrasi dengan benar. Setelah beraktivitas di luar ruangan, selalu bersihkan wajah Anda dengan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, Anda juga harus menggunakan pelembab wajah setiap hari untuk menjaga kulit tetap lembab dan sehat.

Ketiga, Anda juga harus menjaga pola makan dan minum yang sehat. Makanan yang kaya akan vitamin dan mineral dapat membantu kulit Anda menjaga kesehatannya. Selain itu, Anda juga harus menjaga pola tidur yang baik dan menghindari stres untuk membantu kulit Anda menjadi lebih sehat.

Kapan Purging Berakhir?

Purging biasanya berakhir dalam waktu dua sampai enam minggu. Namun, jika Anda mengalami purging yang parah, Anda mungkin harus menunggu lebih lama untuk melihat hasilnya. Jika purging masih berlanjut setelah enam minggu, Anda harus segera mencari bantuan medis.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Purging Berakhir?

Setelah purging berakhir, Anda harus terus menjaga kebersihan dan kesehatan kulit Anda. Oleh karena itu, selalu gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga pola makan dan tidur yang sehat, serta melakukan aktivitas fisik secara rutin.

Apakah Purging dapat Dicegah?

Purging dapat dicegah dengan cara menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Sebaiknya gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan hindari produk yang mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan purging. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga pola makan dan minum yang sehat, serta melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Kesimpulan

Jerawat purging adalah kondisi kulit yang menyebabkan jerawat dan jerawat lainnya menjadi lebih parah daripada biasanya. Purging dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti bahan kimia, produk perawatan kulit berlebihan, atau masalah kesehatan. Untuk mengatasi purging, Anda harus mengurangi produk perawatan kulit, menjaga pola makan dan minum sehat, dan melakukan aktivitas fisik secara rutin. Purging biasanya berakhir dalam waktu dua sampai enam minggu. Namun, jika purging masih berlanjut setelah enam minggu, Anda harus segera mencari bantuan medis.

BACA JUGA:  Apakah Bedak Salicyl Bisa Menghilangkan Jerawat?

VideoJerawat Purging: Apa Itu, dan Bagaimana Cara Mengatasinya?