Mengenal Jerawat Purging & Apakah Sakit?

Mengenal Jerawat Purging & Apakah Sakit?
Source: bing.com

Jerawat Purging adalah fenomena dimana kulit menjadi lebih bermasalah selama proses penggunaan produk perawatan kulit atau menjalani prosedur perawatan kulit. Gejala yang umum terjadi adalah munculnya jerawat baru, munculnya lebih banyak jerawat, peningkatan komedo, dan pori-pori yang terlihat lebih besar. Kondisi ini dapat terjadi setelah menggunakan produk baru atau menjalani perawatan seperti peeling atau laser. Namun, meskipun ini dapat menimbulkan rasa sakit, kondisi ini biasanya tidak berbahaya.

Purging adalah reaksi kulit terhadap produk atau perawatan tertentu yang dapat memicu produksi sebum dalam jumlah yang lebih banyak. Ini bisa menyebabkan kulit Anda menjadi lebih berminyak dan menyebabkan munculnya jerawat. Namun, karena ini adalah proses alami, kondisi ini biasanya hanya sementara dan hilang dalam waktu beberapa minggu.

Penyebab Jerawat Purging

Penyebab utama jerawat purging adalah menggunakan produk atau melakukan prosedur perawatan kulit baru. Produk atau prosedur ini dapat menstimulasi produksi sebum dalam jumlah yang lebih besar daripada biasanya. Ini dapat menyebabkan kulit Anda menjadi berminyak dan menyebabkan munculnya jerawat.

Produk atau prosedur yang dapat menyebabkan jerawat purging antara lain: peeling kimia, laser, penggunaan produk dengan kandungan retinoid, minyak kelapa, hidrokinon, dan lain-lain. Beberapa peeling kimia dapat menstimulasi produksi sebum, yang dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Jerawat purging juga mungkin disebabkan oleh produk-produk atau prosedur perawatan kulit yang mengandung agen anti-inflamasi atau antibiotik. Agen ini dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori, menyebabkan kulit menjadi berminyak dan munculnya jerawat.

Apakah Jerawat Purging Sakit?

Jerawat purging biasanya tidak sakit. Namun, beberapa orang mungkin mengalami rasa gatal atau perih pada kulit mereka. Gejala ini biasanya sementara dan hilang dalam beberapa hari. Jika rasa gatal atau perih tidak hilang dalam waktu yang lama, maka ada kemungkinan bahwa Anda mengalami alergi atau iritasi pada produk atau prosedur perawatan kulit yang Anda gunakan.

BACA JUGA:  Kegunaan dan Manfaat Mengatasi Jerawat Bentol di Pipi

Jika Anda mengalami rasa sakit yang tak tertahankan, Anda harus segera mencari bantuan medis. Perawatan yang tepat akan membantu Anda mengatasi masalah dengan lebih cepat. Beberapa dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan, seperti antibiotik, steroid, atau asam salisilat, untuk membantu Anda mengatasi masalah jerawat.

Cara Menghindari Jerawat Purging

Untuk menghindari jerawat purging, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Pertama, Anda harus memastikan bahwa produk atau prosedur yang Anda gunakan sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, Anda harus menggunakan produk atau prosedur yang tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi. Anda juga harus memulai dengan produk atau prosedur dengan dosis rendah sebelum menggunakan yang lebih tinggi.

Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan kulit Anda dengan benar. Anda harus mencuci wajah Anda dengan sabun mild dan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Anda juga harus menggunakan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari.

Kapan Harus Berobat?

Jika Anda mengalami jerawat purging yang berkepanjangan atau gejala yang berkepanjangan seperti rasa gatal atau perih, maka Anda harus segera berkonsultasi ke dokter. Dokter akan memberikan diagnosis yang tepat dan meresepkan perawatan yang tepat untuk masalah kulit Anda.

Kesimpulan

Jerawat purging adalah fenomena dimana kulit Anda menjadi lebih bermasalah selama proses penggunaan produk perawatan kulit atau menjalani prosedur perawatan kulit. Gejala yang umum terjadi adalah munculnya jerawat baru, munculnya lebih banyak jerawat, peningkatan komedo, dan pori-pori yang terlihat lebih besar. Meskipun ini dapat menimbulkan rasa sakit, kondisi ini biasanya tidak berbahaya. Untuk menghindari jerawat purging, Anda harus memastikan bahwa produk atau prosedur yang Anda gunakan sesuai dengan jenis kulit Anda dan menggunakan produk atau prosedur yang tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi. Jika Anda mengalami jerawat purging yang berkepanjangan atau gejala yang berkepanjangan seperti rasa gatal atau perih, maka Anda harus segera berkonsultasi ke dokter.

BACA JUGA:  Ketahui Lebih Lanjut Tentang Obat Jerawat Innisfree

VideoMengenal Jerawat Purging & Apakah Sakit?