Jerawat Purging dan Breakout: Apa itu dan Bagaimana Cara Menangani

Jerawat Purging Dan Breakout: Apa Itu Dan Bagaimana Cara Menangani
Source: bing.com

Jerawat merupakan masalah kulit yang dihadapi banyak orang. Ada banyak jenis jerawat, mulai dari jerawat biasa sampai jerawat purging dan breakout. Meskipun nama mereka serupa, jerawat purging dan breakout adalah dua hal yang berbeda dan masing-masing membutuhkan pendekatan yang berbeda untuk menangani. Berikut adalah penjelasan tentang kedua jenis jerawat dan cara terbaik untuk menangani mereka.

Apa itu Jerawat Purging?

Jerawat purging adalah jerawat yang muncul sebagai akibat dari produk atau prosedur perawatan kulit. Biasanya, jerawat purging disebabkan oleh produk atau prosedur perawatan kulit yang memiliki sifat pembersihan, seperti peeling kulit, exfoliator, atau produk perawatan kulit berbasis kimia. Jerawat purging biasanya muncul dalam jumlah minim dan lebih terkonsentrasi di area yang telah diperlakukan dengan produk atau prosedur.

Jerawat purging biasanya berbentuk jerawat kecil berwarna merah dan berbintik-bintik. Biasanya, mereka akan muncul untuk pertama kali setelah Anda mulai menggunakan produk atau prosedur perawatan kulit baru dan kemudian akan mulai berkurang setelah beberapa minggu. Jerawat purging biasanya berlangsung sekitar 2-6 minggu.

Apa itu Jerawat Breakout?

Jerawat breakout adalah jerawat yang muncul sebagai akibat dari perubahan hormon atau kondisi kulit. Banyak perempuan yang mengalami jerawat breakout sebelum atau selama menstruasi. Jerawat breakout juga dapat disebabkan oleh berbagai kondisi kulit, seperti minyak berlebih, komedo tertutup, atau bakteri yang berkembang biak. Jerawat breakout biasanya berupa jerawat berukuran besar dan bisa muncul di seluruh wajah.

Jerawat breakout biasanya berwarna merah dan bisa menimbulkan rasa nyeri. Mereka juga bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif. Jerawat breakout biasanya muncul secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa hari sampai beberapa minggu.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Jerawat Pada Pria

Bagaimana Cara Menangani Jerawat Purging dan Breakout?

Untuk menangani jerawat purging, Anda harus terus menggunakan produk atau prosedur perawatan kulit yang telah Anda gunakan. Jerawat purging akan berangsur-angsur menghilang dalam waktu 2-6 minggu. Jika Anda berhenti menggunakan produk atau prosedur perawatan kulit yang Anda gunakan, jerawat purging akan kembali. Jika Anda memiliki jerawat purging yang terasa gatal atau sangat mengganggu, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif untuk mengurangi rasa gatal.

Untuk menangani jerawat breakout, Anda harus mengubah gaya hidup Anda. Pastikan untuk menjaga kulit Anda tetap bersih dengan mencuci wajah secara teratur. Jika Anda mengalami jerawat breakout yang parah, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif seperti benzoil peroksida atau salisilik asam. Anda juga dapat mencoba menggunakan masker wajah untuk mengurangi produksi minyak berlebih.

Kesimpulan

Jerawat purging dan breakout adalah dua jenis jerawat yang berbeda. Jerawat purging adalah jerawat yang disebabkan oleh produk atau prosedur perawatan kulit, sedangkan jerawat breakout disebabkan oleh perubahan hormon atau kondisi kulit. Untuk menangani jerawat purging, Anda harus terus menggunakan produk atau prosedur perawatan kulit yang telah Anda gunakan. Untuk menangani jerawat breakout, Anda harus mengubah gaya hidup Anda dan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif.

VideoJerawat Purging dan Breakout: Apa itu dan Bagaimana Cara Menangani