Jerawat Pih dan Pie: Apa Perbedaannya?

Jerawat Pih Dan Pie: Apa Perbedaannya?
Source: bing.com

Ketika Anda perhatikan wajah Anda di cermin, ada banyak berbagai jenis jerawat yang mungkin Anda lihat. Anda mungkin melihat jerawat pih dan pie. Kedua jenis jerawat ini seringkali saling bercampur, sehingga sulit untuk membedakan antara keduanya. Namun, ada beberapa perbedaan penting yang dapat membantu Anda mengidentifikasi jenis jerawat yang Anda miliki.

Apa Itu Jerawat Pih?

Jerawat pih adalah jenis jerawat yang paling umum. Ini adalah bentuk jerawat yang diakibatkan oleh minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang tertangkap di pori-pori Anda. Jerawat pih biasanya muncul di bagian wajah, leher, punggung, dan bagian lain tubuh. Terkadang, jerawat pih akan muncul di tempat-tempat lain seperti lengan, paha, dan dada. Ini bisa menjadi sensitif dan menyakitkan, dan bahkan bisa menimbulkan bintik-bintik hitam atau putih.

Apa Itu Jerawat Pie?

Jerawat pie adalah jenis jerawat yang diakibatkan oleh infeksi bakteri yang disebut Propionibacterium acnes. Bakteri ini tumbuh di pori-pori Anda dan menyebabkan peradangan. Jerawat pie lebih parah daripada jerawat pih. Mereka biasanya lebih besar dan lebih menyakitkan, dan biasanya bersifat akut. Jerawat pie dapat menyebabkan bintik-bintik merah di wajah Anda dan menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan kadang-kadang nanah. Mereka juga dapat menyebabkan bekas luka pada wajah Anda.

Perbedaan Antara Jerawat Pih dan Pie

Ada beberapa perbedaan antara jerawat pih dan pie. Secara umum, jerawat pih lebih kecil dan kurang menyakitkan daripada jerawat pie. Jerawat pih biasanya berbentuk bintik-bintik putih atau hitam dan tidak menyebabkan banyak kemerahan atau pembengkakan. Jerawat pie biasanya lebih besar dan lebih menyakitkan, dan biasanya berbentuk bintik-bintik merah. Biasanya akan menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan nanah. Selain itu, jerawat pih lebih umum daripada jerawat pie.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Jerawat yang Selalu Muncul

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Pih dan Pie

Mengingat perbedaan antara jerawat pih dan pie, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kedua jenis jerawat ini. Untuk jerawat pih, Anda harus menggunakan produk-produk perawatan kulit yang mengurangi minyak dan menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Produk seperti sabun wajah, toner, dan pelembab dapat membantu Anda mengurangi jerawat pih. Untuk jerawat pie, Anda harus menggunakan produk-produk yang mengandung bahan aktif seperti benzoil peroksida untuk membunuh bakteri. Anda juga harus menjaga agar wajah Anda tetap bersih, terutama setelah berolahraga atau beraktivitas di luar ruangan.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Meskipun ada banyak cara untuk mengobati jerawat pih dan pie, Anda harus berobat ke dokter jika Anda mengalami jerawat yang parah atau jika cara-cara yang Anda lakukan belum memberikan hasil. Dokter dapat membantu Anda menemukan produk perawatan kulit yang tepat dan menentukan jenis jerawat yang Anda alami. Dokter juga dapat memberi Anda obat atau menyarankan prosedur seperti laser untuk mengobati jerawat Anda.

Kesimpulan

Jerawat pih dan pie adalah jenis jerawat yang berbeda. Jerawat pih adalah jenis jerawat yang diakibatkan oleh minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang tertangkap di pori-pori Anda. Sedangkan jerawat pie adalah jenis jerawat yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati kedua jenis jerawat ini, tetapi jika Anda mengalami jerawat yang parah, Anda harus berobat ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

VideoJerawat Pih dan Pie: Apa Perbedaannya?