Jerawat Pih: Apa itu?

Jerawat Pih: Apa Itu?
Source: bing.com

Jerawat pih adalah jenis jerawat yang umumnya muncul di bagian tengah dari wajah. Mereka dikenal sebagai jerawat papula, dan umumnya berwarna merah dan terasa gatal. Jerawat pih biasanya terjadi karena infeksi bakteri yang disebabkan oleh penumpukan sebum (minyak alami kulit). Biasanya, jerawat pih akan hilang dalam beberapa hari, tetapi dapat berlangsung selama seminggu atau lebih. Jerawat pih dapat menyebabkan rasa sakit atau sensasi tidak nyaman di bagian wajah yang terkena.

Penyebab Jerawat Pih

Jerawat pih disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes). P. acnes adalah bakteri yang ditemukan di lapisan luar kulit. Ketika sebum tersumbat di dalam pori-pori, bakteri ini dapat menginfeksi pori-pori dan menyebabkan inflamasi. Kondisi ini dapat menyebabkan jerawat pih. Faktor lain yang dapat memicu jerawat pih adalah stres, kurang tidur, obat tertentu, dan kondisi kulit berminyak. Jerawat pih dapat juga disebabkan oleh kontak dengan kosmetik dan produk perawatan kulit yang tidak cocok.

Bagaimana Cara Mengobati Jerawat Pih?

Mengobati jerawat pih tergantung pada usia dan jenis jerawat. Untuk jerawat pih, obat topikal dapat sangat bermanfaat. Beberapa obat topikal yang dapat digunakan termasuk krim benzoil peroksida, krim atau minyak sulfur, dan krim retinoid. Obat-obatan lain yang dapat dicoba termasuk antibiotik, obat anti-inflamasi, dan obat hormonal. Jika jerawat pih sulit untuk disembuhkan, maka dokter dapat meresepkan obat-obatan sistemik. Ini termasuk obat antibiotik, obat anti-inflamasi, dan obat hormonal.

Rahasia Mengobati Jerawat Pih Secara Alami

Ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengobati jerawat pih. Cara alami yang dapat Anda coba termasuk menggunakan masker beras, teh hijau, dan jus lemon. Masker beras akan membantu melembabkan dan menyamarkan jerawat pih. Teh hijau berfungsi sebagai anti inflamasi dan dapat membantu untuk mengurangi peradangan. Jus lemon bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat pih. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan minyak esensial seperti lavender, geranium, tea tree, dan rosemary untuk meredakan peradangan.

BACA JUGA:  Cara Memilih Gel untuk Bekas Jerawat

Tips Pencegahan Jerawat Pih

Beberapa tips pencegahan jerawat pih yang bisa Anda lakukan termasuk menjaga kebersihan wajah Anda dengan baik, menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan menjaga kulit Anda tetap lembab. Selain itu, Anda juga harus menghindari menekan jerawat pih atau menggaruknya. Ini karena dapat menyebabkan infeksi dan membuat jerawat pih semakin parah. Juga, hindari menggunakan produk kosmetik yang mengandung minyak berlebih atau bahan kimia yang kuat. Gunakan produk yang bebas minyak dan bahan kimia yang aman untuk kulit.

Kesimpulan

Jerawat pih adalah jenis jerawat yang umumnya muncul di bagian tengah dari wajah. Mereka disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebabkan oleh penumpukan sebum. Untuk mengobati jerawat pih, Anda dapat menggunakan berbagai obat topikal atau sistemik yang diresepkan oleh dokter. Anda juga dapat mencoba cara alami seperti masker beras, teh hijau, dan jus lemon untuk meredakan peradangan. Pencegahan jerawat pih termasuk mencuci wajah dengan baik, menggunakan produk perawatan kulit yang tepat, dan menghindari menekan jerawat. Dengan melakukan tips pencegahan ini, Anda akan memiliki wajah yang sehat dan bebas jerawat.

VideoJerawat Pih: Apa itu?