Cara Mengatasi Jerawat Parah di Wajah

Cara Mengatasi Jerawat Parah Di Wajah
Source: bing.com

Jerawat parah di wajah dapat mengganggu penampilan, terutama di usia remaja. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa malu dan tidak percaya diri. Banyak orang yang bingung bagaimana cara mengatasinya. Namun, dengan memahami penyebabnya dan melakukan beberapa cara yang tepat, Anda bisa mengusir jerawat parah di wajah. Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan.

1. Gunakan Produk yang Dirancang Khusus Untuk Jerawat

Ketika Anda mengalami jerawat parah di wajah, gunakan produk yang dirancang khusus untuk jerawat. Produk ini biasanya mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, dan lainnya. Cari produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, gunakan produk yang lebih ringan. Anda juga dapat mencari produk yang diformulasikan untuk mengurangi produksi minyak. Gunakan produk ini hanya pada area jerawat Anda, dan hindari menggunakannya pada kulit sekitar.

2. Bersihkan Wajah Setiap Hari

Cuci wajah Anda secara teratur dengan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Gunakan air hangat untuk membersihkan wajah Anda. Jangan menggunakan air panas atau air dingin karena dapat menyebabkan iritasi. Gunakan tangan Anda untuk membersihkan wajah Anda. Jangan menggunakan spons atau sikat karena dapat menyebabkan iritasi.

3. Hindari Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol dapat memperburuk kondisi jerawat di wajah. Merokok dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit, yang dapat menyebabkan lebih banyak sebum di kulit. Selain itu, alkohol dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jika Anda merokok, berhentilah dan hindari minum alkohol jika Anda ingin mengurangi jerawat di wajah.

BACA JUGA:  Mengapa Anda Harus Menggunakan Serum Vitamin C untuk Bekas Jerawat?

4. Pastikan Anda Mendapatkan Cukup Tidur

Kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon dalam tubuh, yang dapat menyebabkan jerawat. Pastikan Anda mendapatkan 7-8 jam tidur setiap malam untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Jika Anda masih mengalami jerawat setelah memiliki pola tidur yang benar, cobalah untuk tidur di tempat yang berventilasi baik dan menjauhkan wajah Anda dari bantal dan selimut.

5. Jangan Menggunakan Pakaian yang Berlapis-lapis

Ketika Anda menggunakan pakaian yang berlapis-lapis, udara tidak bisa mengalir dengan baik. Ini dapat menyebabkan kulit Anda lembab dan bertambah berminyak, yang dapat meningkatkan risiko jerawat. Pastikan untuk menggunakan bahan yang nyaman dan bernapas seperti katun atau sutra.

6. Jangan Menekan Jerawat

Meskipun menekan jerawat mungkin tampak menjadi cara cepat untuk menyingkirkannya, hal ini dapat membuat masalah lebih parah. Menekan jerawat dapat menyebabkan bakteri menyebar, membuat jerawat berdarah, dan menyebabkan infeksi. Sebaiknya hindari menekan jerawat di wajah Anda.

7. Amati Pola Makan Anda

Makanan penuh gula dan lemak dapat memperburuk kondisi jerawat di wajah. Pastikan untuk makan makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan makanan tinggi serat. Hindari makanan yang diproses dan makanan tinggi lemak. Juga, pastikan untuk minum banyak air untuk membuang racun dari tubuh Anda.

8. Gunakan Sunscreen

Gunakan sunscreen dengan SPF yang cukup tinggi untuk melindungi wajah Anda dari sinar matahari. Sunscreen akan melindungi kulit Anda dari radiasi UV yang berbahaya, yang dapat menyebabkan jerawat. Gunakan sunscreen setiap hari ketika Anda berpergian ke luar ruangan.

9. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah dapat membantu membersihkan kulit dan meredakan iritasi. Cari masker yang khusus untuk jerawat, dan gunakan secara teratur. Masker ini biasanya mengandung bahan seperti air teh hijau, minyak esensial, dan bahan lainnya yang dapat mengurangi inflamasi dan menenangkan kulit.

BACA JUGA:  Bedak HeroCyn untuk Jerawat Punggung: Solusi Ampuh Terbaik

10. Cobalah Akupunktur

Akupunktur adalah cara lain yang dapat membantu mengatasi jerawat parah di wajah. Akupunktur dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi stres. Namun, pastikan untuk pergi ke akupunktur yang terlatih dan terpercaya.

Kesimpulan

Jerawat parah di wajah dapat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Dengan mengikuti saran di atas, Anda bisa mengatasi jerawat parah di wajah dan membuat penampilan Anda menjadi lebih baik. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan wajah dan merawat kulit agar tetap sehat.

VideoCara Mengatasi Jerawat Parah di Wajah