Jerawat Parah: Apa Obatnya?

Jerawat Parah: Apa Obatnya?
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum ditemui di dunia. Bahkan, hampir semua orang dari semua usia berhadapan dengan jerawat. Namun, bagi beberapa orang, jerawat dapat berlanjut ke jerawat parah. Ini adalah ketika jerawat tidak hanya muncul di wajah, tapi juga di punggung, dada, leher, dan lengan. Jerawat parah dapat menyebabkan ketidaknyamanan, kurangnya kepercayaan diri, dan menghasilkan bintik-bintik yang permanen yang disebut flek hitam. Jadi, apa yang harus dilakukan jika Anda menghadapi jerawat parah? Mari kita lihat apa obatnya.

Pengobatan Jerawat Parah

Meskipun ada banyak obat jerawat yang tersedia di pasar, tidak semuanya akan bekerja untuk jerawat parah. Karena itu, penting untuk menemukan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pertama, Anda harus mencari produk yang menyebutkan bahwa mereka dapat menangani jerawat parah di labelnya. Selain itu, pastikan untuk memeriksa komposisi produk untuk memastikan bahwa kandungannya aman untuk kulit Anda. Untuk menangani jerawat parah, ada beberapa jenis obat yang dapat Anda coba.

Skincare Routine

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi jerawat parah adalah dengan menciptakan rutinitas skincare yang bagus. Ini termasuk membersihkan wajah Anda dengan sabun wajah yang lembut dan menggunakan toner setiap hari. Setelah itu, Anda juga harus menggunakan pelembab yang cocok untuk kulit Anda dan menghindari menggunakan produk berminyak. Rutinitas skincare ini akan melawan bakteri penyebab jerawat dan menjaga kulit Anda tetap bersih dan sehat.

Pembersihan Profesional

Kadang-kadang, meskipun Anda melakukan rutinitas skincare, Anda masih mungkin tidak dapat menangani jerawat parah. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu melakukan pembersihan wajah oleh dokter kulit. Pembersihan ini akan membantu membersihkan kulit Anda dengan lebih dalam, sehingga Anda dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat sekaligus. Juga, pembersihan wajah juga akan membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan jerawat parah.

BACA JUGA:  Penyebab Munculnya Jerawat Batu

Krim Jerawat dan Obat Dalam

Krim jerawat adalah cara lain yang dapat Anda gunakan untuk menangani jerawat parah. Tergantung pada jenis jerawat Anda, Anda dapat membeli krim jerawat di apotek atau toko obat lokal. Namun, Anda harus berhati-hati saat membeli produk ini, karena beberapa produk mungkin berbahaya bagi kulit Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencoba obat dalam seperti antibiotik dan retinoid. Ini dapat membantu mengurangi jerawat dan menghilangkan bintik-bintik hitam.

Laser dan Terapi Cahaya

Jika Anda masih mengalami masalah jerawat parah meskipun mencoba berbagai produk dan jenis pengobatan lainnya, Anda mungkin ingin mencoba laser dan terapi cahaya. Terapi ini dapat membantu menghilangkan bintik-bintik hitam dan mengurangi jerawat. Namun, Anda harus berhati-hati dengan terapi ini karena dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi kulit. Jadi, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum memutuskan untuk mencobanya.

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menangani jerawat parah. Pertama, pastikan untuk menggunakan produk skincare yang cocok untuk kulit Anda. Jika itu tidak membantu, Anda dapat mencoba pembersihan kulit oleh dokter kulit, krim jerawat, obat dalam, atau terapi cahaya. Namun, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum mencoba metode ini. Dengan cara ini, Anda dapat mengatasi masalah jerawat parah dengan aman dan efektif.

VideoJerawat Parah: Apa Obatnya?