Jerawat Papula dan Pustula: Bagaimana Mereka Berbeda?

Jerawat Papula Dan Pustula: Bagaimana Mereka Berbeda?
Source: bing.com

Meskipun sering dianggap sebagai jenis jerawat yang sama, papula dan pustula adalah dua jenis jerawat yang berbeda. Keduanya memiliki tanda-tanda yang berbeda dan membutuhkan pendekatan perawatan yang berbeda. Perlu diketahui bahwa satu jenis jerawat tidak selalu berpengaruh terhadap jenis jerawat lain. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perbedaan antara papula dan pustula.

Apa itu Papula dan Pustula?

Papula adalah bentuk umum dari jerawat. Ini merupakan benjolan kecil, biasanya berwarna merah, yang muncul di permukaan kulit. Papula biasanya tidak terasa sakit, tetapi mereka dapat menjadi ruam yang gatal. Papula biasanya disebabkan oleh peradangan pada kulit yang disebabkan oleh bakteri atau kelebihan minyak. Papula mungkin juga disebabkan oleh alergi kulit atau infeksi.

Pustula adalah bentuk lain dari jerawat. Ini biasanya muncul sebagai benjolan kecil dengan pus di bagian tengahnya. Pustula juga dapat disebabkan oleh peradangan kulit, tetapi dapat juga disebabkan oleh alergi atau infeksi. Pustula juga dapat disebabkan oleh penggunaan produk perawatan kulit yang salah atau produk yang memiliki bahan kimia yang berbahaya.

Perbedaan Antara Papula dan Pustula

Papula dan pustula memiliki beberapa perbedaan yang penting. Pertama, papula adalah benjolan kecil yang berwarna merah, sedangkan pustula adalah benjolan kecil dengan pus di bagian tengahnya. Kedua, papula biasanya disebabkan oleh bakteri atau kelebihan minyak, sedangkan pustula dapat disebabkan oleh alergi kulit, infeksi, atau penggunaan produk perawatan kulit yang salah. Ketiga, papula biasanya tidak terasa sakit, sedangkan pustula dapat menimbulkan rasa sakit. Keempat, papula biasanya tidak menyebabkan ruam yang gatal, sedangkan pustula dapat menyebabkan ruam yang gatal.

BACA JUGA:  Penyebab Jerawat di Punggung dan Lengan

Bagaimana Mengobati Papula dan Pustula?

Karena papula dan pustula merupakan jenis jerawat yang berbeda, mereka membutuhkan pendekatan perawatan yang berbeda. Untuk papula, Anda dapat menggunakan sabun yang kaya akan anti-bakteri serta produk perawatan kulit yang kaya akan anti-inflamasi. Anda juga harus menghindari produk yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Untuk pustula, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit yang bersifat antibakteri dan anti-inflamasi. Anda juga dapat menggunakan obat resep untuk mengurangi gatal dan peradangan.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Jika Anda mengalami papula dan pustula yang parah atau menetap, Anda harus berobat ke dokter. Dokter akan dapat menentukan penyebab jerawat Anda dan memberi Anda saran tentang obat yang tepat untuk mengobati jerawat Anda. Dokter juga dapat memberi Anda saran tentang cara mencegah jerawat di masa depan.

Kesimpulan

Papula dan pustula adalah dua jenis jerawat yang berbeda. Papula adalah benjolan kecil yang berwarna merah, sedangkan pustula adalah benjolan kecil dengan pus di bagian tengahnya. Papula biasanya disebabkan oleh bakteri atau kelebihan minyak, sedangkan pustula dapat disebabkan oleh alergi kulit, infeksi, atau penggunaan produk perawatan kulit yang salah. Untuk mengobati papula dan pustula, Anda harus menggunakan produk perawatan kulit yang bersifat antibakteri dan anti-inflamasi. Jika Anda mengalami papula dan pustula yang parah atau menetap, Anda harus berobat ke dokter.

Ringkasan

Papula dan pustula adalah dua jenis jerawat yang berbeda. Perlu diketahui bahwa satu jenis jerawat tidak selalu berpengaruh terhadap jenis jerawat lain. Papula adalah benjolan kecil yang berwarna merah, sedangkan pustula adalah benjolan kecil dengan pus di bagian tengahnya. Untuk mengobati papula dan pustula, Anda harus menggunakan produk perawatan kulit yang bersifat antibakteri dan anti-inflamasi. Jika Anda mengalami papula dan pustula yang parah atau menetap, Anda harus berobat ke dokter.

BACA JUGA:  Nature Republic Aloe Vera untuk Jerawat

VideoJerawat Papula dan Pustula: Bagaimana Mereka Berbeda?