Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat pada Tangan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Jerawat Pada Tangan
Source: bing.com

Jerawat pada tangan merupakan masalah kulit yang umum terjadi. Jerawat pada tangan tidak hanya membuat tangan terlihat kurang estetis, tetapi juga dapat menimbulkan rasa gatal dan sakit. Jerawat pada tangan bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kurang bersihnya tangan, hingga alergi. Berikut adalah beberapa penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Jerawat pada Tangan

Meskipun banyak yang menganggap bahwa jerawat hanya terjadi di wajah, tetapi kenyataannya jerawat dapat hadir di berbagai bagian tubuh, termasuk tangan. Penyebab jerawat pada tangan bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Kurang bersihnya tangan. Jika tangan kurang bersih, berbagai kotoran dan kuman dapat menempel dan menumpuk di permukaan kulit tangan. Hal ini bisa menyebabkan munculnya jerawat.
  • Gangguan hormonal. Gangguan hormon dapat menyebabkan produksi sebum berlebih, yang mengakibatkan jerawat di berbagai bagian tubuh, termasuk tangan.
  • Alergi. Beberapa bahan kimia, seperti sabun, parfum, atau bahan kosmetik tertentu, dapat menyebabkan alergi dan mengakibatkan jerawat pada tangan.
  • Stres. Stres yang berlebihan bisa menyebabkan produksi hormon yang berlebihan, yang bisa mengakibatkan munculnya jerawat pada tangan.
  • Penggunaan pakaian atau perlengkapan tidur yang tidak bersih. Pakaian atau perlengkapan tidur yang tidak bersih dapat menyebabkan iritasi pada kulit, sehingga mengakibatkan munculnya jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat pada Tangan

Mengatasi jerawat pada tangan tidaklah mudah. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

  • Kerap membersihkan tangan. Pastikan Anda membersihkan tangan secara teratur dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Hindari penggunaan produk yang mengandung bahan kimia. Hindari penggunaan produk yang mengandung bahan kimia berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
  • Cukupi kebutuhan nutrisi. Untuk menjaga kesehatan kulit, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang cukup, seperti vitamin dan kalsium.
  • Cobalah menghindari stres. Cobalah untuk mengurangi stres dan cukup istirahat. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit.
  • Gunakan krim penghilang jerawat. Anda bisa menggunakan krim yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan jerawat pada tangan.
  • Konsultasikan dengan dokter. Jika Anda kesulitan mengatasi jerawat pada tangan, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.
BACA JUGA:  Cara Hilangkan Jerawat di Leher Secara Efektif

Kesimpulan

Jerawat pada tangan merupakan masalah kulit yang umum. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari kurang bersihnya tangan, hingga alergi. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa hal, seperti membersihkan tangan secara teratur, menghindari produk yang mengandung bahan kimia, mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang cukup, menghindari stres, dan memakai krim penghilang jerawat. Jika masalah jerawat pada tangan masih berlanjut, sebaiknya konsultasikan pada dokter.

VideoPenyebab dan Cara Mengatasi Jerawat pada Tangan