Jerawat Nodul dan Kista: Apa Perbedaannya?

Jerawat Nodul Dan Kista: Apa Perbedaannya?
Source: bing.com

Jerawat nodul dan kista adalah masalah kulit yang cukup umum. Banyak orang menderita kondisi ini dan berusaha untuk mengurangi penampilan jerawat dan memperbaiki kondisi kulit mereka. Namun, karena kedua kondisi ini mirip, kebingungan umum tentang bagaimana membedakan jerawat nodul dan kista. Berikut ini adalah penjelasan tentang perbedaan antara kedua kondisi ini.

Apa Itu Jerawat Nodul?

Jerawat nodul adalah jenis jerawat yang ditandai dengan benjolan yang lebih besar daripada jerawat lainnya. Benjolan ini biasanya lebih merah dan terasa sakit ketika disentuh. Nodul ini akan berisi bahan kental seperti nanah dan bakteri. Nodul ini biasanya berkembang di lapisan bawah kulit, yang berarti Anda tidak dapat melihatnya sebelum ia melepaskan isinya.

Apa Itu Jerawat Kista?

Jerawat kista adalah jenis jerawat yang ditandai dengan benjolan yang lebih besar daripada nodul. Benjolan ini biasanya berisi nanah atau cairan kental yang disebut pus. Kista juga dapat berkembang di lapisan bawah kulit, seperti nodul. Namun, kista biasanya berbentuk bulat, melekat dan bersisik.

Bagaimana Cara Membedakan Jerawat Nodul dan Kista?

Meskipun jerawat nodul dan kista mirip, ada beberapa cara untuk membedakan antara keduanya. Pertama, jerawat nodul biasanya lebih merah dan sakit ketika disentuh. Kedua, jerawat nodul berisi bahan kental yang disebut nanah. Ketiga, jerawat kista biasanya memiliki bentuk bulat dan melekat. Keempat, jerawat kista berisi bahan kental atau cairan. Dan terakhir, jerawat kista biasanya bersisik.

BACA JUGA:  Apa Kapsida Bisa Menghilangkan Jerawat?

Bagaimana Cara Menyembuhkan Jerawat Nodul dan Kista?

Jerawat nodul dan kista dapat diobati dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan obat-obatan topikal seperti retinoid, antibiotik topikal, dan obat-obatan kombinasi lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan prosedur medis seperti peeling kimia, pengelupasan laser, dan pembersihan wajah untuk mengurangi penampilan jerawat nodul dan kista. Anda juga dapat menggunakan produk perawatan kulit non-medis seperti masker, toner, dan pelembab untuk mengurangi penampilan jerawat.

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat Nodul dan Kista?

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah jerawat nodul dan kista. Pertama, hindari menyentuh wajah Anda dengan tangan Anda. Kedua, hindari menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan kimia dan minyak. Ketiga, gunakan produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk masalah jerawat. Keempat, selalu cuci wajah Anda setelah menggunakan produk perawatan kulit. Dan terakhir, hindari bersentuhan dengan orang-orang yang menderita jerawat.

Kesimpulan

Jerawat nodul dan kista adalah masalah kulit yang umum. Terlepas dari kesamaan mereka, ada beberapa cara untuk membedakan antara jerawat nodul dan kista. Ada beberapa cara untuk mengobati kedua kondisi ini, seperti menggunakan obat-obatan topikal dan prosedur medis. Selain itu, Anda juga dapat mencegah jerawat nodul dan kista dengan cara-cara seperti menghindari sentuhan wajah, menggunakan produk perawatan kulit yang tepat, dan menghindari bersentuhan dengan orang-orang yang menderita jerawat.

VideoJerawat Nodul dan Kista: Apa Perbedaannya?