Jerawat Nanah Kering dan Cara Mengatasinya

Jerawat Nanah Kering Dan Cara Mengatasinya
Source: bing.com

Jerawat nanah kering merupakan satu dari jenis jerawat yang memiliki kondisi kulit yang lebih berbahaya. Jerawat nanah kering biasanya berwarna merah muda dan dikelilingi oleh daerah kulit yang terlihat bengkak dan berair. Bahkan, dalam beberapa kasus, gelembung nanah dapat ditemukan di sekitar area jerawat nanah kering tersebut. Ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang terjadi pada kulit yang teriritasi.

Jerawat nanah kering dapat menjadi sangat menyakitkan, terutama ketika ditekan atau dipijat. Gejala lain yang sering terjadi adalah rasa gatal atau panas di sekitar area jerawat, serta beberapa rasa sakit saat menyentuh area tersebut. Meskipun tidak dapat disembuhkan dengan obat-obatan, jerawat nanah kering dapat disembuhkan dengan cara yang lebih alami.

Penyebab Jerawat Nanah Kering

Penyebab utama jerawat nanah kering adalah bakteri yang menginfeksi kulit. Bakteri ini dapat masuk ke kulit melalui luka atau luka kecil yang terbuka. Bakteri ini bisa menyebabkan iritasi dan peradangan di area kulit yang terkena, yang pada gilirannya dapat menyebabkan jerawat nanah kering. Penggunaan produk yang berlebihan seperti pelembab atau krim malam juga dapat menyebabkan jerawat nanah kering.

Kondisi lain yang dapat menyebabkan jerawat nanah kering adalah masalah hormon seperti kelebihan androgen. Ini dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di kulit, meningkatkan risiko jerawat nanah kering. Peningkatan stres juga dapat meningkatkan risiko jerawat nanah kering karena stres dapat meningkatkan produksi hormon dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat menyebabkan iritasi kulit.

BACA JUGA:  Kandungan yang Dapat Digunakan untuk Menghilangkan Jerawat

Cara Mengatasi Jerawat Nanah Kering

Mengatasi jerawat nanah kering dapat dilakukan dengan beberapa cara berbeda. Pertama, Anda harus melakukan perawatan kulit yang tepat. Penting untuk membersihkan kulit dengan lembut dan menggunakan produk yang cocok dengan jenis kulit Anda. Produk yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat dapat membantu mengurangi iritasi kulit dan menghilangkan jerawat nanah kering.

Selain itu, penting juga untuk menjaga kebersihan kulit. Anda harus mencuci wajah setidaknya dua kali sehari menggunakan sabun yang tidak beralkohol. Hal ini akan membantu mencegah bakteri yang menyebabkan jerawat nanah kering, serta membantu menyegarkan kulit. Anda juga harus menjaga kulit tetap lembab dengan menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Selain itu, Anda juga harus menghindari penggunaan produk yang mengandung alkohol, minyak, komedogenik, dan alkali. Produk-produk ini dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut dan memperburuk jerawat nanah kering. Anda juga harus menghindari menggosok atau menekan jerawat nanah kering, karena hal ini dapat memperburuk situasi dan menyebabkan infeksi.

Kapan Harus Berobat ke Dokter

Jika Anda mengalami jerawat nanah kering yang berlangsung lebih dari beberapa minggu dan tidak membaik dengan pengobatan alami, atau jika Anda memiliki gejala lain seperti demam atau rasa sakit pada bagian tubuh lainnya, maka mungkin saatnya Anda berobat ke dokter. Dokter dapat menentukan penyebab jerawat nanah kering Anda dan memberikan resep obat-obatan yang diperlukan untuk mengobati penyakit ini.

Hal-hal yang Perlu Diingat

Meskipun jerawat nanah kering dapat menyebabkan iritasi dan rasa sakit, masalah ini dapat disembuhkan dengan cara yang lebih alami. Untuk menghindari jerawat nanah kering, penting untuk rutin membersihkan wajah dan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika gejala ini berlangsung lebih lama atau memburuk, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

BACA JUGA:  Manfaat Wardah Face Wash Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Kesimpulan

Jerawat nanah kering adalah satu jenis jerawat yang memiliki kondisi kulit yang lebih berbahaya. Penyebab utamanya adalah bakteri yang menginfeksi kulit, serta masalah hormon dan stres. Mengatasi jerawat nanah kering dapat dilakukan dengan cara yang lebih alami seperti membersihkan wajah dengan lembut dan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika gejala ini berlangsung lebih lama atau memburuk, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

VideoJerawat Nanah Kering dan Cara Mengatasinya