Jerawat Nanah Kecil – Kenali dan Cari Penanganan yang Tepat

Jerawat Nanah Kecil - Kenali Dan Cari Penanganan Yang Tepat
Source: bing.com

Jerawat nanah kecil adalah jenis jerawat yang menyebabkan ruam di wajah. Terkadang jerawat nanah kecil juga disebut dengan istilah jerawat pustular. Ini adalah jerawat yang memiliki kantong nanah yang berisi nanah di dalamnya. Jenis jerawat ini biasanya berada di bagian wajah, leher, dan punggung. Hal ini disebabkan karena kulit di bagian tubuh ini lebih berminyak dan lebih rentan terhadap infeksi.

Jerawat nanah kecil dapat berupa ruam berwarna merah atau coklat. Pada tahap awal, jerawat nanah kecil akan tampak seperti jerawat biasa. Namun, dalam beberapa hari, ruam akan menjadi lebih berminyak dan lebih berwarna. Sebuah nanah akan muncul di tengah ruam dan menyebabkan rasa sakit yang menyebar ke sekitar ruam. Nanah yang muncul dari jerawat nanah kecil biasanya berwarna putih atau kekuningan.

Kebanyakan kasus jerawat nanah kecil disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada wajah dan menyebabkan jerawat nanah kecil. Selain itu, kondisi kulit berminyak, debu, kotoran, dan produk perawatan wajah yang salah juga dapat menyebabkan jerawat nanah kecil. Beberapa faktor lain yang dapat memicu jerawat nanah kecil adalah stres, hormon, dan obat-obatan tertentu.

Gejala Jerawat Nanah Kecil

Gejala jerawat nanah kecil meliputi ruam, nanah, iritasi, dan gatal pada wajah. Ruam bisa berupa bintik-bintik merah, kuning, atau coklat. Nanah yang muncul dari jerawat nanah kecil biasanya berwarna putih atau kuning. Iritasi dan gatal dapat terasa sebelum dan saat nanah muncul. Jerawat nanah kecil juga dapat menyebabkan peradangan di sekitar ruam.

BACA JUGA:  Ngilangin Kemerahan Bekas Jerawat: Solusi Sederhana, Efektif, dan Aman

Selain itu, jerawat nanah kecil juga dapat memicu rasa sakit yang menyebar ke sekitar ruam. Rasa sakit ini dapat berkurang setelah nanah yang muncul dari jerawat nanah kecil dikeluarkan. Namun, kadang-kadang rasa sakit ini masih bertahan selama beberapa hari setelah nanah dikeluarkan.

Cara Mencegah Jerawat Nanah Kecil

Mencegah jerawat nanah kecil dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan wajah dan menggunakan produk perawatan wajah yang tepat. Anda harus mencuci wajah setiap hari dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, Anda juga harus rutin membuang sel kulit mati dan kotoran yang ada di wajah.

Gunakan produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Produk perawatan wajah yang berminyak dapat membuat kulit lebih berminyak dan rentan terhadap infeksi. Gunakan produk perawatan wajah yang mengandung bahan-bahan yang aman dan berkualitas. Hindari produk perawatan wajah yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti alkohol dan parfum.

Cara Mengobati Jerawat Nanah Kecil

Untuk mengobati jerawat nanah kecil, Anda dapat menggunakan obat lokal seperti salep antibiotik atau obat-obatan topikal lainnya. Obat-obatan tersebut dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat nanah kecil dan meredakan iritasi dan gatal. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan obat oral untuk mengobati jerawat nanah kecil. Obat-obatan ini biasanya digunakan untuk mengobati jerawat nanah kecil yang parah.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba beberapa cara alami untuk mengobati jerawat nanah kecil. Anda dapat mencoba menggunakan masker alami seperti masker oatmeal, jus lemon, atau masker lidah buaya. Masker ini dapat membantu meredakan iritasi dan gatal yang disebabkan oleh jerawat nanah kecil. Anda juga dapat menggunakan minyak esensial seperti minyak teh hijau dan minyak lavender untuk mengobati jerawat nanah kecil.

BACA JUGA:  Manfaat Minyak Zaitun Azalea untuk Jerawat

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Anda harus berobat ke dokter jika jerawat nanah kecil tidak mereda setelah mencoba beberapa cara pengobatan di atas. Dokter akan menganalisa kondisi kulit Anda dan memberikan resep obat yang tepat untuk mengobati jerawat nanah kecil. Dokter juga akan memberikan saran tentang cara mencegah jerawat nanah kecil.

Kesimpulan

Jerawat nanah kecil adalah jenis jerawat yang menyebabkan ruam di wajah. Kebanyakan kasus jerawat nanah kecil disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes. Anda dapat mencegah jerawat nanah kecil dengan cara menjaga kebersihan wajah dan menggunakan produk perawatan wajah yang tepat. Untuk mengobati jerawat nanah kecil, Anda dapat menggunakan obat lokal, obat oral, atau cara alami. Anda harus berobat ke dokter jika jerawat nanah kecil tidak mereda setelah mencoba beberapa cara pengobatan di atas.

VideoJerawat Nanah Kecil – Kenali dan Cari Penanganan yang Tepat