Jerawat Meradang Itu Seperti Apa?

Jerawat Meradang Itu Seperti Apa?
Source: bing.com

Jerawat meradang adalah salah satu masalah kecantikan yang paling umum dialami oleh orang-orang di seluruh dunia. Jerawat meradang biasanya disebabkan oleh peningkatan produksi minyak berlebih, bakteri, dan debu yang tertangkap di dalam pori-pori wajah. Jerawat meradang adalah kondisi kulit yang sering menyebabkan bintik-bintik kemerahan di wajah, yang dikenal sebagai papula atau nodul. Papula atau nodul ini dapat disertai dengan gatal-gatal, peradangan, dan bengkak. Jerawat meradang juga dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri di wajah.

Penyebab Jerawat Meradang

Penyebab umum jerawat meradang adalah peningkatan produksi minyak di kulit, yang dikenal sebagai sebum. Sebum menumpuk di dalam pori-pori, menyebabkan infeksi oleh bakteri yang dikenal sebagai Propionibacterium acnes (P. acnes). P. acnes adalah bakteri yang menyebabkan peradangan dan inflamasi pada kulit. Ini menyebabkan pembentukan papula dan nodul jerawat.

Selain produksi minyak berlebih, beberapa faktor lainnya juga dapat meningkatkan risiko jerawat meradang, termasuk hormon, polusi, stres, kosmetik, dan kulit kering. Jerawat meradang juga dapat disebabkan oleh penggunaan krim atau obat topikal yang mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

Gejala Jerawat Meradang

Gejala utama jerawat meradang adalah munculnya bintik-bintik kemerahan yang disebut papula atau nodul pada wajah. Papula atau nodul ini berisi cairan atau nanah dan dapat menyebabkan gatal-gatal dan peradangan. Jenis jerawat ini juga dapat menyebabkan terbentuknya bekas luka atau kulit yang mengerut pada wajah.

Beberapa gejala lain yang mungkin terjadi bersamaan dengan jerawat meradang adalah ruam merah, bengkak, nyeri, peradangan, dan rasa sakit di wajah. Pada kasus yang jarang terjadi, jerawat meradang dapat menyebabkan demam dan nyeri otot.

BACA JUGA:  Cushion Yang Bagus untuk Menutupi Bekas Jerawat

Pengobatan Jerawat Meradang

Untuk mengobati jerawat meradang, Anda dapat menggunakan obat-obatan topikal, seperti salep antibiotik dan krim yang mengandung retinoid. Beberapa obat-obatan oral juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat meradang, seperti antibiotik, isotretinoin, dan obat penenang. Obat-obatan ini harus diberikan oleh dokter dan harus digunakan sesuai petunjuk dokter.

Selain obat-obatan, ada beberapa cara lain untuk mengobati jerawat meradang, termasuk menjaga kebersihan wajah agar tetap bersih dan bebas debu, menghindari produk kosmetik yang mengandung bahan kimia, dan menghindari stres. Anda juga harus mencoba untuk menghindari paparan sinar matahari secara berlebihan dan menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda.

Komplikasi Jerawat Meradang

Komplikasi yang paling umum dari jerawat meradang adalah bekas luka atau kulit yang mengerut di wajah. Jenis jerawat ini juga dapat menyebabkan masalah psikologis, seperti depresi, stres, dan rasa rendah diri.

Jerawat meradang juga dapat menyebabkan infeksi bakteri sekunder yang dapat memburukkan gejala jerawat. Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan bekas luka yang sulit disembuhkan. Untuk mencegah infeksi bakteri sekunder, Anda harus selalu menjaga kebersihan wajah dan menghindari menggaruk atau mencubit jerawat.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang jerawat meradang dan bagaimana Anda dapat mengobatinya. Jerawat meradang adalah kondisi kulit yang biasanya disebabkan oleh peningkatan produksi minyak berlebih, bakteri, dan debu yang tertangkap di dalam pori-pori wajah. Untuk mengobati jerawat meradang, Anda dapat menggunakan obat-obatan topikal atau oral yang disarankan oleh dokter. Selain itu, ada beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah jerawat meradang, seperti menjaga kebersihan wajah dan menghindari stres.

VideoJerawat Meradang Itu Seperti Apa?