Mengenal Jerawat Menyemprotkan Darah

Mengenal Jerawat Menyemprotkan Darah
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Kebanyakan orang yang mengalami jerawat akan mengalami gejala seperti benjolan merah di permukaan kulit, yang dapat menyebabkan gatal dan pecah. Namun, ada kalanya jerawat juga mengeluarkan darah. Apa yang harus dilakukan jika jerawat Anda menyemprotkan darah?

Apa Itu Jerawat Menyemprotkan Darah?

Jerawat menyemprotkan darah adalah kondisi ketika jerawat Anda mengeluarkan darah ketika ditekan. Ini biasanya disebabkan oleh jerawat yang sedang berkembang. Jerawat berkembang ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan kotoran. Ketika tekanan diberikan pada jerawat, maka darah akan keluar dari pori-pori yang tersumbat. Meskipun gejala ini bisa terjadi pada semua jenis jerawat, namun biasanya terjadi pada jerawat yang lebih besar.

Apa Penyebab Jerawat Menyemprotkan Darah?

Jerawat yang menyemprotkan darah biasanya disebabkan oleh kondisi kulit yang disebut akne vulgaris. Akne vulgaris adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat. Akne vulgaris dapat disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya adalah minyak berlebih, produk kosmetik berminyak, stres, polusi, hormon, dan bakteri. Jerawat juga dapat menyemprotkan darah jika Anda mencubit, menggaruk, atau menekan jerawat terlalu keras.

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat Menyemprotkan Darah?

Untuk mencegah jerawat menyemprotkan darah, Anda harus menjaga kebersihan kulit Anda. Penting untuk memastikan bahwa Anda selalu mencuci wajah Anda setiap hari dengan sabun wajah khusus kulit berminyak. Jangan lupa untuk menggunakan toner setelah mencuci wajah Anda. Ini akan membantu mengurangi minyak dan kotoran di wajah Anda. Anda juga harus berhati-hati saat menggaruk atau menekan jerawat Anda. Hal ini dapat menyebabkan jerawat menyemprotkan darah.

BACA JUGA:  Apakah Asam Jawa Bisa Menghilangkan Jerawat?

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Jerawat Menyemprotkan Darah?

Jika Anda menemukan jerawat yang menyemprotkan darah, segera lapisi dengan kapas steril. Ini akan membantu menghentikan pendarahan dan mencegah infeksi bakteri. Jika Anda perlu menghilangkan kotoran dari jerawat yang menyemprotkan darah, gunakan kapas yang telah dibasahi dengan air hangat. Jangan lupa untuk selalu melakukan pembersihan tangan sebelum dan sesudah berurusan dengan jerawat. Jangan menggunakan tangan kotor atau produk lain yang tidak disarankan untuk menghindari infeksi.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Jika Anda memiliki jerawat yang menyemprotkan darah, maka Anda harus berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat lokal untuk mengobati jerawat Anda. Obat lokal seperti salep, krim, atau gel dapat membantu mengurangi peradangan, mengontrol minyak, dan membantu menghilangkan jerawat. Jika Anda memiliki jerawat parah atau jerawat yang resisten terhadap terapi obat lokal, maka dokter Anda mungkin akan meresepkan obat oral seperti antibiotik, retinoid, atau kontrasepsi oral.

Apa Manfaat Masker Wajah Untuk Jerawat?

Masker wajah juga dapat membantu mengurangi gejala jerawat. Masker wajah dapat mengurangi peradangan dan menghilangkan kelebihan minyak. Masker wajah yang direkomendasikan untuk jerawat adalah masker berbasis bahan alami seperti bubuk kopi, bubuk oatmeal, dan mentimun. Masker ini dapat membantu mengurangi peradangan dan minyak berlebih tanpa menyebabkan iritasi. Anda juga dapat menggunakan masker wajah yang mengandung zink untuk membantu mengurangi jerawat. Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif, jangan lupa untuk memeriksa bahan-bahan yang ada di masker sebelum menggunakannya.

Apa Manfaat Lainnya Untuk Jerawat?

Selain menggunakan masker wajah, Anda juga dapat mencoba produk lain yang dapat membantu mengurangi gejala jerawat. Produk ini termasuk krim penghilang bekas jerawat, produk pelembab khusus jerawat, dan serum anti-jerawat. Jangan lupa untuk memilih produk yang cocok untuk jenis kulit Anda. Selain itu, penting untuk menghindari produk kosmetik berminyak dan juga hal-hal lain yang dapat memicu jerawat.

BACA JUGA:  Obat Salep Jerawat Bruntusan Terbaik dan Paling Ampuh

Kesimpulan

Jerawat menyemprotkan darah adalah kondisi ketika jerawat mengeluarkan darah ketika ditekan. Penyebab paling umum adalah akne vulgaris, yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat. Untuk mencegah jerawat menyemprotkan darah, pastikan Anda menjaga kebersihan kulit Anda dan jangan menggaruk atau menekan jerawat terlalu keras. Jika Anda memiliki jerawat yang menyemprotkan darah, lapisi dengan kapas steril dan segera berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan masker wajah dan produk lain untuk mengurangi gejala jerawat.

VideoMengenal Jerawat Menyemprotkan Darah