Jerawat Matang Bernanah, Apa saja Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jerawat Matang Bernanah, Apa Saja Penyebabnya Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Source: bing.com

Jerawat merupakan gangguan kulit yang paling umum dialami oleh sebagian besar orang. Menurut data, hampir 85% orang berusia di atas 11 tahun mengalami jerawat. Namun, ada jenis jerawat yang lebih serius, yaitu jerawat matang bernanah.

Jerawat matang bernanah atau disebut juga jerawat inflamatori merupakan jenis jerawat yang biasanya berwarna merah dan mengalami bengkak. Namun, yang membedakan jenis jerawat ini dengan jenis lainnya adalah bahwa ia akan meninggalkan bekas luka bernanah.

Apa saja Penyebab Jerawat Matang Bernanah?

Jerawat matang bernanah dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di kulit, yang pada gilirannya dapat menyebabkan jerawat.

Ketidakseimbangan hormon juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti menopause, masalah kelenjar tiroid, sindrom ovarium polikistik, dan masalah lainnya. Selain itu, kebiasaan merokok, stres berlebihan, dan polusi juga dapat menyebabkan jerawat matang bernanah.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Matang Bernanah?

Ketika Anda mengalami jerawat matang bernanah, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Pertama, hindari kontak langsung dengan sinar matahari, karena sinar matahari dapat memburukkan kondisi kulit. Cobalah menggunakan tabir surya setiap kali Anda keluar rumah.

Kedua, bersihkan wajah Anda secara teratur. Gunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Bersihkan wajah Anda dengan air hangat, lalu keringkan dengan tisu atau handuk bersih.

Ketiga, gunakan produk yang diformulasikan khusus untuk jerawat matang bernanah. Biasanya, produk tersebut berisi bahan aktif seperti retinoid, benzoil peroksida, atau minyak zaitun. Gunakan produk sesuai petunjuk yang tercantum di kemasan.

BACA JUGA:  Apa yang Menimbulkan Jerawat?

Keempat, lakukan perawatan kulit di rumah. Anda dapat menggunakan masker anti-jerawat, misalnya masker berbahan dasar alami seperti beras, oatmeal, atau yoghurt. Anda juga dapat menggunakan masker buatan sendiri dengan mencampurkan beberapa bahan alami seperti madu, cuka apel, dan minyak zaitun.

Kelima, konsultasikan masalah jerawat Anda kepada dokter. Dokter akan memberikan saran dan rekomendasi terbaik untuk mengatasi masalah jerawat Anda. Dokter juga akan memberikan obat untuk mengurangi bengkak dan merawat luka bernanah yang disebabkan oleh jerawat matang bernanah.

Kesimpulan

Meskipun jerawat matang bernanah dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, masalah ini dapat diatasi dengan cara yang benar. Selain menggunakan produk perawatan kulit, Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran dan rekomendasi yang tepat. Dengan cara ini, Anda akan dapat mengatasi masalah jerawat matang bernanah dengan cepat dan efektif.

VideoJerawat Matang Bernanah, Apa saja Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya?