Kenali Penyebab Jerawat Lidah, Cara Mengatasinya, dan Cara Mencegahnya!

Kenali Penyebab Jerawat Lidah, Cara Mengatasinya, Dan Cara Mencegahnya!
Source: bing.com

Jerawat lidah bisa didefinisikan sebagai kelainan yang ditandai dengan adanya bintik-bintik merah di bagian lidah yang disebabkan oleh bakteri. Bentuk jerawat lidah yang biasanya ditemukan adalah bentuk rata yang berwarna merah dengan ukuran yang berbeda-beda. Biasanya, jerawat lidah ini tidak menimbulkan rasa sakit ataupun menyebabkan rasa gatal, namun ada kalanya jerawat lidah ini bisa menimbulkan rasa nyeri. Kondisi ini juga disebut dengan glossitis.

Penyebab Jerawat Lidah

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab utama timbulnya jerawat lidah di antaranya adalah:

1. Infeksi Bakteri: Bakteri yang berada di mulut bisa menjadi salah satu penyebab utama timbulnya jerawat lidah. Biasanya, bakteri yang muncul dari jenis streptokokus atau stafilokokus.

2. Allergi Terhadap Makanan atau Obat-obatan: Allergi terhadap makanan tertentu atau obat-obatan juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat lidah. Biasanya, orang yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu akan mengalami rasa gatal pada lidah. Allergi terhadap obat-obatan juga bisa menyebabkan jerawat lidah.

3. Infeksi Jamur: Infeksi jamur juga bisa menjadi penyebab jerawat lidah. Jamur Candida albicans adalah jenis jamur yang paling sering ditemukan pada kasus jerawat lidah.

4. Defisiensi Gizi: Kekurangan nutrisi di dalam tubuh juga bisa menyebabkan jerawat lidah. Defisiensi zat besi dan vitamin B12 adalah salah satu hal yang bisa menyebabkan jerawat lidah.

5. Penyakit Autoimun: Penyakit autoimun seperti lupus, sindrom Sjogren, ataupun penyakit radang usus juga bisa menjadi penyebab jerawat lidah.

Cara Mengatasi Jerawat Lidah

Untuk mengobati jerawat lidah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti:

BACA JUGA:  Cara Puting Seperti Bebas dari Jerawat

1. Menggunakan Antibiotik: Antibiotik dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri yang mendasari jerawat lidah. Biasanya, dokter akan memberikan resep antibiotik agar infeksi bakteri tersebut dapat segera disembuhkan.

2. Menggunakan Obat-obatan Anti-Jamur: Obat-obatan anti-jamur dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur yang menyebabkan jerawat lidah. Obat-obatan ini biasanya dijual di apotek tanpa resep dokter.

3. Menggunakan Makanan yang Kaya Nutrisi: Untuk mengobati jerawat lidah yang disebabkan oleh defisiensi nutrisi, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan vitamin B12. Makanan yang baik untuk meningkatkan kadar zat besi di dalam tubuh adalah daging merah, ayam, ikan, kacang-kacangan, dan alpukat.

4. Menggunakan Obat-obatan Topikal: Obat-obatan topikal seperti krim atau salep juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat lidah. Krim atau salep ini biasanya dijual di apotek tanpa resep dokter.

Cara Mencegah Jerawat Lidah

Untuk mencegah timbulnya jerawat lidah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti:

1. Menjaga Kebersihan Mulut: Hal yang paling penting untuk mencegah timbulnya jerawat lidah adalah dengan menjaga kebersihan mulut. Pastikan Anda selalu menyikat gigi setiap hari dan menggunakan sikat yang lembut agar tidak merusak lapisan enamel gigi.

2. Menjaga Pola Makan yang Sehat: Menjaga pola makan yang sehat juga bisa mencegah timbulnya jerawat lidah. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh dan daya tahan tubuh.

3. Menghindari Alergi Makanan: Hindari makanan yang Anda tahu bahwa Anda memiliki alergi untuk mencegah timbulnya jerawat lidah. Jika Anda merasa ada gejala alergi makanan, segera periksakan diri ke dokter.

4. Menghindari Merokok dan Minuman Beralkohol: Merokok dan minuman beralkohol juga bisa meningkatkan risiko timbulnya jerawat lidah. Hindari merokok dan minuman beralkohol jika Anda ingin mencegah timbulnya jerawat lidah.

BACA JUGA:  Apa Benar Darah Haid Bisa Menghilangkan Jerawat?

Kesimpulan

Jerawat lidah merupakan kelainan yang ditandai dengan adanya bintik-bintik merah di bagian lidah. Penyebab utama timbulnya jerawat lidah adalah infeksi bakteri, allergi terhadap makanan atau obat-obatan, infeksi jamur, defisiensi gizi, dan penyakit autoimun. Untuk mengobati jerawat lidah, Anda bisa menggunakan antibiotik, obat-obatan anti-jamur, makanan yang kaya akan nutrisi, ataupun obat-obatan topikal. Untuk mencegah timbulnya jerawat lidah, Anda bisa menjaga kebersihan mulut, menjaga pola makan yang sehat, menghindari alergi makanan, dan menghindari merokok dan minuman beralkohol.

VideoKenali Penyebab Jerawat Lidah, Cara Mengatasinya, dan Cara Mencegahnya!