Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Komedogenik Papul dan Pustul

Penyebab Dan Cara Mengatasi Jerawat Komedogenik Papul Dan Pustul
Source: bing.com

Jerawat komedogenik papul dan pustul adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh bakteri Propionibacterium Acnes yang terdapat di dalam kulit. Jerawat ini biasanya berupa bintik-bintik kemerahan atau keputihan yang terbentuk di permukaan kulit. Biasanya, jerawat ini terjadi di wajah, leher, punggung, dan bagian tubuh lainnya. Jerawat komedogenik papul dan pustul lebih umum terjadi pada remaja dan orang dewasa muda.

Penyebab Jerawat Komedogenik Papul dan Pustul

Jerawat komedogenik papul dan pustul disebabkan oleh bakteri Propionibacterium Acnes yang terdapat di dalam kulit. Bakteri ini memecah lemak yang terdapat di dalam kulit menjadi asam lemak. Akibatnya, sel-sel kulit mati menumpuk dan menyebabkan terbentuknya jerawat. Selain itu, faktor-faktor seperti hormon, komedo, debu, stres, dan polusi juga dapat memperburuk kondisi jerawat.

Gejala Jerawat Komedogenik Papul dan Pustul

Gejala utama jerawat komedogenik papul dan pustul adalah bintik-bintik kemerahan atau keputihan yang terbentuk di permukaan kulit. Bintik-bintik ini biasanya berisi nanah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Gejala lainnya yang dapat terjadi adalah ruam, gatal-gatal, peradangan, dan iritasi kulit. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan perih di kulit.

Komplikasi Jerawat Komedogenik Papul dan Pustul

Komplikasi yang mungkin terjadi akibat jerawat komedogenik papul dan pustul adalah infeksi kulit, luka bakar, dan jahitan. Infeksi kulit dapat menyebabkan ruam merah yang gatal dan bengkak. Luka bakar disebabkan oleh pengaruh sinar matahari yang kuat. Jika tidak ditangani dengan benar, luka bakar dapat menyebabkan bekas luka pada kulit. Jahitan dapat diperlukan untuk menutup luka yang disebabkan oleh jerawat.

BACA JUGA:  Jerawat dan Kehamilan: Apa yang Harus Anda Ketahui

Cara Mengatasi Jerawat Komedogenik Papul dan Pustul

Untuk mengatasi jerawat komedogenik papul dan pustul, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, Anda harus menjaga kebersihan kulit dengan rajin membersihkan wajah dengan sabun muka dan air hangat. Selain itu, Anda juga harus menjaga kulit tetap lembab dengan menggunakan pelembab berbahan alami. Anda juga dapat menggunakan obat jerawat yang tersedia di apotek.

Kedua, Anda harus menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan. Ini karena sinar matahari dapat memperburuk kondisi jerawat. Selain itu, Anda juga harus menghindari penggunaan produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya. Cara terbaik untuk menghindari jerawat komedogenik papul dan pustul adalah dengan menjalani gaya hidup sehat.

Penanganan Medis untuk Jerawat Komedogenik Papul dan Pustul

Jika Anda mengalami gejala jerawat komedogenik papul dan pustul yang parah, Anda sebaiknya menghubungi dokter. Dokter akan memberikan perawatan medis yang tepat sesuai dengan kondisi kulit Anda. Beberapa contoh perawatan medis yang dapat dilakukan adalah pencabutan, pengelupasan, dan pemakaian obat topikal. Obat topikal yang dapat digunakan antara lain benzoil peroksida, retinoid, dan antibiotik.

Cara Mencegah Jerawat Komedogenik Papul dan Pustul

Untuk mencegah jerawat komedogenik papul dan pustul, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, Anda harus menjaga kebersihan kulit dengan rajin membersihkan wajah dengan sabun muka dan air hangat. Kedua, Anda harus menghindari produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya. Ketiga, Anda harus menghindari sinar matahari yang berlebihan. Keempat, Anda harus menjaga pola makan sehat. Terakhir, Anda harus menjaga kondisi kulit tetap lembab dengan menggunakan pelembab alami.

Kesimpulan

Jerawat komedogenik papul dan pustul adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh bakteri Propionibacterium Acnes yang terdapat di dalam kulit. Gejala utamanya adalah bintik-bintik kemerahan atau keputihan yang terbentuk di permukaan kulit. Untuk mengatasi jerawat ini, Anda harus menjaga kebersihan kulit, menghindari produk kosmetik yang berbahaya, menghindari sinar matahari yang berlebihan, menjaga pola makan sehat, dan menjaga kondisi kulit tetap lembab. Jika gejala yang Anda alami parah, sebaiknya hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat.

BACA JUGA:  Es Batu untuk Jerawat Meradang, Apakah Boleh?

VideoPenyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Komedogenik Papul dan Pustul