Jerawat Komedo Tertutup, Apa Itu?

Jerawat Komedo Tertutup, Apa Itu?
Source: bing.com

Jerawat komedo tertutup adalah jenis jerawat yang berbeda dari jerawat lainnya. Ini terjadi ketika sebum terperangkap di dalam pori-pori kulit, menyebabkan bintik hitam atau bintik putih di wajah. Bintik-bintik ini disebut komedo, dan mereka dapat menyebabkan jerawat jika tidak diobati dengan benar. Dengan pengobatan yang tepat, Anda dapat mencegah jerawat komedo tertutup.

Gejala Jerawat Komedo Tertutup

Gejala utama jerawat komedo tertutup adalah bintik-bintik hitam atau bintik-bintik putih pada wajah. Bintik-bintik ini disebabkan oleh sebum yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Bintik-bintik ini umumnya berada di daerah hidung, dagu, atau telinga. Mereka juga dapat muncul di bagian lain dari wajah Anda, seperti pipi atau dahi. Gejala lainnya termasuk pembengkakan, gatal, dan pembengkakan pada bintik-bintik hitam atau bintik-bintik putih.

Penyebab Jerawat Komedo Tertutup

Jerawat komedo tertutup disebabkan oleh sebum yang tersumbat di dalam pori-pori kulit. Sebum adalah minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak Anda untuk melindungi kulit Anda dari bakteri dan debu. Ketika sebum tidak dapat keluar dari pori-pori kulit, ia terperangkap di dalamnya dan menyebabkan bintik hitam atau bintik putih. Ini disebut komedo.

Cara Mengobati Jerawat Komedo Tertutup

Jika Anda mengalami jerawat komedo tertutup, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobatinya. Salah satu cara yang paling efektif adalah menggunakan pembersih wajah yang dapat mengangkat sebum yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Anda juga dapat mencoba produk yang mengandung minyak kelapa atau minyak zaitun, yang dapat membantu melembutkan sebum yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Selain itu, Anda juga dapat mencoba produk yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide untuk membantu mengurangi jerawat komedo tertutup.

BACA JUGA:  Jerawat Cewek Cantik - Cara Menangani Jerawat di Wajah

Cara Mencegah Jerawat Komedo Tertutup

Untuk mencegah jerawat komedo tertutup, penting untuk menjaga kebersihan wajah Anda. Pastikan untuk mencuci wajah Anda setidaknya dua kali sehari dengan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, hindari menggunakan produk yang mengandung minyak atau krim yang dapat menyumbat pori-pori Anda. Juga, pastikan untuk menggunakan pelembab setelah membersihkan wajah Anda. Hal ini akan membantu menjaga kelembaban kulit Anda dan mencegah sebum dari terperangkap di dalam pori-pori kulit.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Jika Anda mengalami jerawat komedo tertutup yang sangat parah, Anda harus berobat ke dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat yang dapat membantu mengurangi jerawat komedo tertutup, seperti antibiotik, retinoid, atau krim steroid. Juga, dokter mungkin merekomendasikan prosedur medis tertentu, seperti peelings kimia atau laser untuk membantu menghilangkan bintik-bintik hitam atau bintik-bintik putih. Jadi, jika Anda mengalami jerawat komedo tertutup, pastikan untuk berobat ke dokter.

Kesimpulan

Jerawat komedo tertutup adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh sebum yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Ini dapat menyebabkan bintik-bintik hitam atau bintik-bintik putih di wajah. Untuk mengobati jerawat komedo tertutup, Anda dapat menggunakan produk pembersih wajah, minyak kelapa atau minyak zaitun, salicylic acid, atau benzoyl peroxide. Anda juga harus menjaga kebersihan wajah Anda dengan mencuci wajah Anda setidaknya dua kali sehari. Jika jerawat komedo tertutup Anda sangat parah, maka Anda harus berobat ke dokter. Dengan pengobatan yang tepat, Anda dapat mencegah jerawat komedo tertutup.

VideoJerawat Komedo Tertutup, Apa Itu?