Mengenal Jerawat Kistik di Wajah

Mengenal Jerawat Kistik Di Wajah
Source: bing.com

Jerawat kistik adalah salah satu jenis jerawat yang terjadi di wajah dan tubuh yang disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acne. Jerawat kistik biasanya tampak sebagai bintil-bintil merah kemerahan atau benjolan-benjolan kecil yang berisi nanah dan dapat disertai rasa gatal. Jerawat kistik biasanya terjadi di tubuh, punggung, dan wajah. Meskipun biasanya tidak berbahaya, namun jerawat kistik di wajah dapat membuat orang merasa malu dan tak percaya diri.

Penyebab Jerawat Kistik di Wajah

Jerawat kistik dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Salah satunya adalah produksi minyak berlebihan di kulit. Kebiasaan menyentuh wajah sering juga menjadi penyebab jerawat kistik. Jerawat kistik juga dapat disebabkan oleh alergi terhadap sesuatu atau produk tertentu, serta tekanan dari pakaian yang sempit. Jerawat kistik juga dapat disebabkan oleh stres, obat-obatan tertentu, pola makan yang tidak sehat, dan beberapa penyakit lainnya.

Gejala Jerawat Kistik di Wajah

Gejala utama jerawat kistik adalah bintil-bintil merah yang disertai nanah dan gatal. Bentil-bintil ini biasanya berisi nanah atau pus yang jika ditekan dapat melepaskan cairan. Umumnya bintil-bintil ini terjadi di wajah, leher, punggung, dan lengan bagian atas. Gejala lainnya dapat berupa bintil-bintil kulit yang tidak berisi nanah dan biasanya disertai rasa gatal, serta kemerahan pada kulit.

Cara Mengatasi Jerawat Kistik di Wajah

Untuk mengatasi jerawat kistik di wajah, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk jerawat kistik. Anda juga dapat mengurangi produksi minyak di wajah dengan menggunakan produk yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide. Anda juga dapat mencoba beberapa cara lain untuk mengurangi jerawat kistik di wajah, seperti menggunakan produk alami, menjaga kebersihan wajah, dan menghindari menyentuh wajah secara berlebihan.

BACA JUGA:  Sariayu Kaplet Jerawat Review

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Jika jerawat kistik di wajah sudah parah dan tidak membaik dengan menggunakan produk perawatan kulit, maka Anda harus berobat ke dokter. Dokter akan memberikan saran atau resep untuk mengatasi jerawat kistik di wajah. Dokter juga dapat memberikan resep obat-obatan tertentu untuk mengurangi infeksi bakteri atau mengurangi produksi minyak.

Cara Pencegahan Jerawat Kistik di Wajah

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah jerawat kistik di wajah, antara lain: menjaga kebersihan wajah, menghindari menyentuh wajah secara berlebihan, menghindari produk perawatan kulit yang berlebihan, dan menghindari pola makan yang tidak sehat. Selain itu, Anda juga harus menjaga pola tidur yang cukup dan menghindari stres dan tekanan yang berlebihan.

Kesimpulan

Jerawat kistik adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acne. Jerawat kistik di wajah dapat menyebabkan orang merasa malu dan tak percaya diri. Penyebab jerawat kistik di wajah antara lain produksi minyak berlebihan, alergi, dan stres. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit khusus jerawat kistik dan mencoba beberapa cara lainnya. Namun jika jerawat kistik sudah parah, maka Anda harus segera berobat ke dokter. Anda juga dapat mencegahnya dengan menjaga kebersihan wajah, menghindari menyentuh wajah secara berlebihan, dan menghindari pola makan yang tidak sehat.

Kesimpulan

Jerawat kistik adalah salah satu jenis jerawat yang dapat menimbulkan rasa malu dan tak percaya diri. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit khusus jerawat kistik dan mencoba beberapa cara lainnya. Namun jika jerawat kistik sudah parah, maka Anda harus segera berobat ke dokter. Anda juga dapat mencegahnya dengan menjaga kebersihan wajah, menghindari menyentuh wajah secara berlebihan, dan menghindari pola makan yang tidak sehat.

BACA JUGA:  Cream Jerawat yang Ampuh

VideoMengenal Jerawat Kistik di Wajah