Apa Itu Jerawat Kistik?

Apa Itu Jerawat Kistik?
Source: bing.com

Jerawat kistik adalah jenis jerawat yang lebih serius daripada jerawat biasa. Ini disebabkan oleh kulit yang terinfeksi dan mengeluarkan nanah yang berbahaya. Jerawat kistik biasanya disebabkan oleh bakteri kuman yang disebut Propionibacterium acnes (P. acnes). Ini adalah bakteri yang dapat menyebabkan berbagai jenis jerawat. Beberapa jenis jerawat lain juga dapat disebabkan oleh P. acnes, namun, jerawat kistik adalah jenis jerawat yang paling berbahaya.

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Jerawat Kistik?

Keluhan yang paling umum dari jerawat kistik adalah bintik-bintik merah pada kulit. Bintik-bintik ini dapat berubah menjadi benjolan yang mengandung nanah. Benjolan ini dapat terasa sakit jika disentuh. Selain itu, jerawat kistik juga dapat menyebabkan peradangan pada kulit, yang dapat menyebabkan iritasi dan gatal-gatal. Beberapa orang juga dapat mengalami ruam pada beberapa bagian tubuh, terutama pada bagian wajah, dada, dan punggung.

Apa yang Menyebabkan Jerawat Kistik?

Jerawat kistik disebabkan oleh bakteri P. acnes yang tumbuh di kulit. Ketika bakteri ini tumbuh, ia dapat menyebabkan infeksi yang menyebabkan jerawat kistik. Bakteri ini dapat tumbuh di kulit karena produksi minyak berlebihan dan kulit kotor. Bakteri juga dapat tumbuh di kulit yang terkena radang, seperti luka, goresan, atau luka bakar.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Kistik?

Untuk mengobati jerawat kistik, Anda harus menggunakan produk yang diformulasikan khusus untuk mengobati jerawat kistik. Produk ini dapat berupa krim, losion, atau suntikan. Krim atau losion biasanya digunakan untuk mengobati bintik-bintik merah, sementara suntikan digunakan untuk mengobati benjolan yang menyebabkan nanah. Anda juga dapat menggunakan metode lain untuk mengobati jerawat kistik, seperti pengobatan laser, terapi sinar, dan penyemprotan berbasis obat-obatan.

BACA JUGA:  Cara Alami Ilangin Bekas Jerawat

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat Kistik?

Untuk mencegah jerawat kistik, Anda harus menjaga kebersihan kulit Anda dengan mencuci wajah setidaknya dua kali sehari dengan sabun yang khusus untuk kulit berminyak. Anda juga harus menghindari produk kosmetik yang berminyak, serta produk yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit, seperti sabun dengan bahan kimia yang kuat. Anda juga harus menghindari produk yang mengandung alkohol, karena alkohol dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan iritasi.

Kapan Harus Berobat ke dokter?

Jika Anda telah mencoba berbagai cara untuk mengobati jerawat kistik dan tidak ada perubahan, maka Anda harus berobat ke dokter. Dokter dapat memberikan resep obat-obatan dan menyarankan terapi lain yang dapat membantu Anda mengobati jerawat kistik. Jika Anda mengalami gejala lain yang menyertainya, seperti demam, mual, muntah, atau nyeri, Anda harus segera berobat ke dokter.

Bagaimana Cara Mengurangi Rasa Sakit dan Peradangan pada Jerawat Kistik?

Untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan pada jerawat kistik, Anda harus menggunakan produk yang diformulasikan khusus untuk mengobati jerawat kistik. Anda juga dapat menggunakan masker es untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Masker es dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit. Anda juga dapat menggunakan kompres hangat untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Bagaimana Cara Menghindari Jerawat Kistik?

Untuk menghindari jerawat kistik, Anda harus memastikan bahwa Anda membersihkan wajah secara teratur. Anda juga harus menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Anda juga harus menghindari stres, makanan yang berlemak, dan alkohol. Jika Anda mengalami berbagai gejala yang menyertainya, seperti peradangan, iritasi, gatal-gatal, atau nanah, maka Anda harus segera berobat ke dokter.

BACA JUGA:  Nama Alat Pencet Jerawat

Kesimpulan

Jerawat kistik adalah jenis jerawat yang lebih serius daripada jerawat biasa. Ini disebabkan oleh kulit yang terinfeksi dan mengeluarkan nanah yang berbahaya. Jerawat kistik dapat menyebabkan berbagai jenis keluhan, seperti bintik-bintik merah, benjolan nanah, peradangan, iritasi, gatal-gatal, dan ruam. Untuk mengobati jerawat kistik, Anda harus menggunakan produk yang diformulasikan khusus untuk mengobati jerawat kistik. Untuk mencegah jerawat kistik, Anda harus menjaga kebersihan kulit Anda dan menghindari produk yang berminyak dan alkohol. Jika gejala masih berlanjut, Anda harus segera berobat ke dokter.

VideoApa Itu Jerawat Kistik?