Mengatasi Jerawat Kecil di Pipi

Mengatasi Jerawat Kecil Di Pipi
Source: bing.com

Jerawat kecil di pipi menjadi masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Jerawat ini bisa mengganggu penampilan dan juga merusak kepercayaan diri. Jerawat kecil di pipi dapat muncul karena berbagai alasan seperti kulit berminyak, kotoran, kurang tidur, konsumsi makanan berlemak, ataupun polusi. Meskipun tidak sama parahnya seperti jerawat besar di wajah,jerawat kecil ini juga perlu mendapatkan perhatian khusus untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat kecil di pipi.

1. Gunakan Facial Wash yang Tepat

Facial wash adalah cara yang umum dilakukan untuk membersihkan wajah. Namun, pastikan Anda menggunakan facial wash yang tepat untuk kulit wajah Anda. Ada facial wash yang ditujukan untuk kulit berminyak, kulit normal, kulit kering, ataupun kulit sensitif. Pilihlah facial wash yang sesuai dengan jenis kulit Anda agar tidak menimbulkan iritasi di wajah dan memperburuk jerawat kecil di pipi.

2. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Membersihkan wajah secara teratur merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menghilangkan jerawat kecil di pipi. Gunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Gunakan air hangat untuk mencuci wajah dan pastikan Anda menggunakan teknik yang benar. Teknik yang tepat adalah dengan membalurkan air hangat pada wajah dengan lembut. Jangan menggosok kulit dan hindari juga menggunakan scrub yang terlalu keras.

BACA JUGA:  Mengenal Sleeping Mask Penghilang Bekas Jerawat

3. Gunakan Pelembap

Pelembap adalah komponen penting ketika Anda mengurus kulit wajah. Setelah mencuci wajah, segera gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pelembap yang tepat akan melembabkan kulit dan melindungi kulit dari iritasi. Pelembap juga akan membantu mengatasi jerawat kecil di pipi dan mencegah penyebaran jerawat lainnya.

4. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah adalah cara yang baik untuk membersihkan wajah secara mendalam. Gunakan masker yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk mengatasi jerawat kecil di pipi. Masker yang tepat akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah, mengencangkan pori-pori,meningkatkan elastisitas kulit, dan juga menghilangkan sel-sel kulit mati. Selain itu, masker juga dapat menyembuhkan jerawat kecil di pipi.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Air putih adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga kulit. Minum air putih yang cukup setiap hari dapat membuat kulit lebih sehat. Dengan cukup air putih, maka produksi minyak berlebih di wajah akan berkurang dan jerawat kecil di pipi pun dapat dihilangkan. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi minimal 8 gelas air putih setiap harinya.

6. Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak dapat meningkatkan produksi minyak berlebih di wajah. Makanan berlemak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat kecil di pipi. Oleh karena itu, hindari makanan berlemak ataupun makanan yang tinggi kalori. Sebaiknya, konsumsilah makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan lainnya.

7. Kurangi Stres

Stres juga dapat menyebabkan jerawat kecil di pipi. Stres dapat meningkatkan produksi hormon sebum yang berlebihan dan merusak kulit wajah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencari cara untuk meredakan stres seperti olahraga, meditasi, ataupun melakukan aktivitas yang menyenangkan. Merelaksasikan pikiran Anda dan pastikan Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

BACA JUGA:  Fasial Wash untuk Jerawat: Bagaimana Memilih yang Terbaik?

8. Gunakan Produk Perawatan Wajah yang Tepat

Produk perawatan wajah seperti serum, toner, dan lainnya juga dapat membantu mengatasi jerawat kecil di pipi. Gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda agar tidak menimbulkan iritasi di wajah. Selain itu, pastikan produk perawatan wajah yang Anda gunakan memang diformulasikan untuk mengatasi jerawat. Dengan produk yang tepat, maka jerawat kecil di pipi pun akan berkurang.

9. Gunakan Sunblock

Paparan sinar matahari juga dapat memperburuk jerawat kecil di pipi. Sinar matahari dapat meningkatkan produksi minyak berlebih di wajah dan menyebabkan jerawat lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda gunakan sunblock dengan SPF yang cukup tinggi setiap kali beraktivitas di luar ruangan. Sunblock akan membantu mengatasi jerawat kecil di pipi dan juga melindungi wajah dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Kesimpulan

Meskipun tidak sama parahnya dengan jerawat besar, jerawat kecil di pipi juga perlu mendapatkan perhatian khusus untuk mengatasinya. Anda dapat memulainya dengan menggunakan facial wash yang tepat, membersihkan wajah secara teratur, menggunakan pelembap, menggunakan masker wajah, minum air putih yang cukup, menghindari makanan berlemak, meredakan stres, menggunakan produk perawatan wajah yang tepat, dan juga gunakan sunblock. Dengan cara-cara di atas, maka jerawat kecil di pipi pun dapat diatasi dengan mudah.

VideoMengatasi Jerawat Kecil di Pipi