Tak Hanya Kulit Kering, Jerawat Bisa Dikarenakan Hormon

Tak Hanya Kulit Kering, Jerawat Bisa Dikarenakan Hormon
Source: bing.com

Jerawat adalah salah satu masalah umum yang biasa dialami oleh berbagai orang. Meski memang masalah ini lebih umum dialami oleh orang-orang yang berada dalam usia remaja, namun orang yang lebih tua pun juga bisa mengalaminya. Tak hanya itu, jerawat juga bisa dialami bila kamu mengalami gangguan hormon.

Jerawat bisa muncul karena berbagai sebab, salah satunya adalah gangguan hormon. Penyebab lainnya adalah polusi, kurang tidur, stres, konsumsi makanan yang tak sehat, kurang minum air putih, ataupun karena perawatan kulit yang tidak tepat. Namun, gangguan hormon adalah salah satu penyebab paling umum dari jerawat.

Bagaimana Hormon Berpengaruh Terhadap Jerawat?

Hormon merupakan zat yang diproduksi oleh tubuh kamu secara alami. Biasanya, hormon akan mengatur berbagai proses tubuh, seperti pertumbuhan, metabolisme, dan sebagainya. Namun, hormon juga dapat memicu timbulnya jerawat pada kulit.

Ketika kamu mengalami perubahan hormon, seperti saat masa pubertas, ataupun saat masa haid, hormon dapat memicu produksi minyak lebih banyak dari biasanya pada kulit, sehingga membuat kulit menjadi berminyak. Selain itu, hormon juga dapat menyebabkan pembesaran pori-pori pada kulit, sehingga membuat lebih mudah bagi kuman dan bakteri menempel pada kulit.

Cara Mengatasi Jerawat Karena Hormon

Untuk mengatasi jerawat yang disebabkan oleh gangguan hormon, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Pertama, kamu harus rajin menjaga kebersihan kulit. Jaga kulitmu agar tetap bersih, kamu bisa mencuci wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Selain itu, kamu juga harus melakukan exfoliasi secara rutin untuk mengangkat sel kulit mati di wajah.

BACA JUGA:  Sabun Cuci Muka Olay untuk Jerawat

Kedua, kamu harus menjaga pola makan dan minum yang sehat. Jangan lupa untuk selalu menjaga asupan nutrisi tubuhmu, dengan cara makan makanan sehat dan bergizi, serta minum air putih yang cukup. Selain itu, jangan lupa untuk beristirahat dan tidak terlalu banyak stres.

Ketiga, kamu bisa menggunakan produk-produk kosmetik yang tepat. Cari produk-produk kosmetik yang cocok dengan jenis kulitmu, dan gunakan secara rutin untuk membantu mengatasi jerawat akibat gangguan hormon.

Mengapa Sebaiknya Kamu Menghindari Jerawat Sendiri?

Meski ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat, namun sebaiknya kamu tetap menghindari jerawat sendiri. Usahakan untuk tidak menekan jerawat, menggaruknya, ataupun mencubitnya. Hal tersebut dapat menimbulkan risiko infeksi dan membuat jerawat semakin berdarah atau bahkan bertambah parah.

Apakah Jerawat Akibat Hormon Bisa Hilang?

Jerawat akibat gangguan hormon memang bisa hilang dengan sendirinya ketika hormon tubuhmu kembali ke tingkat normal. Namun, proses ini bisa memakan waktu cukup lama. Untuk itu, sebaiknya kamu melakukan berbagai cara untuk mengatasi jerawat akibat hormon, seperti yang telah disebutkan di atas.

Kesimpulan

Jerawat adalah salah satu masalah umum yang biasa dialami oleh berbagai orang. Masalah ini bisa disebabkan oleh gangguan hormon. Untuk mengatasi jerawat akibat gangguan hormon, kamu bisa melakukan berbagai hal, seperti menjaga kebersihan kulit, menjaga pola makan dan minum yang sehat, serta menggunakan produk-produk kosmetik yang tepat. Namun, sebaiknya kamu tetap menghindari jerawat sendiri.

VideoTak Hanya Kulit Kering, Jerawat Bisa Dikarenakan Hormon