Jerawat Jadi Daging Tumbuh, Apa Itu?

Jerawat Jadi Daging Tumbuh, Apa Itu?
Source: bing.com

Jerawat jadi daging tumbuh adalah jenis jerawat yang sangat berbahaya dan berpotensi menimbulkan komplikasi parah. Gejala jerawat jadi daging tumbuh berupa lesi-lesi merah pada kulit yang berukuran besar dan bisa berbentuk seperti bisul. Lesi tersebut memiliki kulit yang mengeras dan dalam beberapa kasus bisa menimbulkan peradangan. Jerawat jadi daging tumbuh umumnya terjadi pada wajah, leher, dan punggung.

Penyebab Jerawat Jadi Daging Tumbuh

Penyebab utama jerawat jadi daging tumbuh adalah infeksi bakteri Propionibacterium acnes. Bakteri ini biasanya tumbuh di daerah berminyak seperti wajah, leher, dan punggung. Ketika bakteri ini menginfeksi pori-pori kulit, maka infeksi ini akan menyebabkan proses peradangan. Peradangan ini akan menyebabkan pembentukan lesi-lesi merah pada kulit yang berukuran besar dan memiliki kulit yang mengeras.

Faktor Resiko Yang Memicu Jerawat Jadi Daging Tumbuh

Beberapa faktor risiko yang memicu jerawat jadi daging tumbuh antara lain: usia remaja, obesitas, pola makan yang tidak sehat, penggunaan produk kosmetik yang kurang baik, kebiasaan berlebihan menggunakan pelembab wajah, penggunaan kosmetik berminyak, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Stress juga bisa menjadi faktor yang memicu munculnya jerawat jadi daging tumbuh.

Gejala Jerawat Jadi Daging Tumbuh

Gejala jerawat jadi daging tumbuh antara lain: terbentuknya lesi-lesi merah pada wajah, leher, dan punggung yang berukuran besar, kulit lesi yang mengeras, pembengkakan pada daerah lesi, nyeri pada daerah lesi, dan terkadang munculnya nanah pada daerah lesi. Gejala ini muncul tanpa gejala utama lainnya seperti demam, nyeri otot, atau kelelahan.

BACA JUGA:  Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Salep Melanox

Diagnosis Jerawat Jadi Daging Tumbuh

Untuk menegakkan diagnosis jerawat jadi daging tumbuh, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk melihat keadaan kulit pasien. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui adanya infeksi bakteri atau virus di dalam tubuh pasien. Foto rontgen juga akan dilakukan untuk memastikan adanya infeksi pada jaringan lunak.

Pengobatan Jerawat Jadi Daging Tumbuh

Pengobatan jerawat jadi daging tumbuh biasanya dilakukan dengan menggunakan antibiotik oral maupun topikal. Antibiotik oral digunakan untuk menghilangkan infeksi dan mengurangi peradangan. Antibiotik topikal ini digunakan untuk menghilangkan bakteri yang ada di sekitar lesi. Selain itu, dokter juga bisa menyarankan pemakaian krim steroid untuk mengurangi peradangan. Pembedahan juga bisa dilakukan untuk mengangkat jaringan parut yang masih tersisa setelah jerawat sembuh.

Komplikasi Jerawat Jadi Daging Tumbuh

Komplikasi yang bisa terjadi akibat jerawat jadi daging tumbuh adalah infeksi bakteri yang berkelanjutan, jaringan parut di wajah, dan kondisi psikis pasien. Infeksi bakteri yang berulang akan menyebabkan jerawat semakin parah dan berkembang menjadi kondisi yang lebih serius. Jaringan parut yang tersisa setelah jerawat sembuh juga bisa menyebabkan masalah psikis pada pasien seperti ketidakpercayaan diri dan harga diri yang menurun.

Cara Mencegah Jerawat Jadi Daging Tumbuh

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya jerawat jadi daging tumbuh. Pertama, pastikan untuk menjaga kebersihan wajah secara rutin. Selain itu, hindari penggunaan produk kosmetik yang berminyak agar pori-pori kulit tidak tersumbat. Hindari juga penggunaan obat-obatan yang dapat menyebabkan jerawat jadi daging tumbuh seperti obat anti-androgen. Selain itu, pastikan untuk menjaga pola makan dan menghindari stres agar jerawat jadi daging tumbuh bisa dihindari.

BACA JUGA:  Cara Cepat Matangkan Jerawat

Kesimpulan

Jerawat jadi daging tumbuh adalah jenis jerawat yang berbahaya dan berpotensi menimbulkan komplikasi parah. Gejala jerawat jadi daging tumbuh berupa lesi-lesi merah pada kulit yang berukuran besar dan bisa berbentuk seperti bisul. Penyebab utama jerawat jadi daging tumbuh adalah infeksi bakteri Propionibacterium acnes. Beberapa faktor risiko yang memicu jerawat jadi daging tumbuh adalah usia remaja, obesitas, dan pola makan yang tidak sehat. Pengobatan untuk jerawat jadi daging tumbuh biasanya dilakukan dengan menggunakan antibiotik oral maupun topikal. Komplikasi yang bisa terjadi akibat jerawat jadi daging tumbuh adalah infeksi bakteri yang berulang, jaringan parut di wajah, dan kondisi psikis pasien. Untuk mencegah terjadinya jerawat jadi daging tumbuh, pastikan untuk menjaga kebersihan wajah secara rutin, hindari penggunaan produk kosmetik yang berminyak, hindari penggunaan obat-obatan tertentu, dan jaga pola makan dan hindari stres.

Kesimpulan

Jerawat jadi daging tumbuh adalah jenis jerawat yang berbahaya dan berpotensi menimbulkan komplikasi parah. Penyebab utamanya adalah infeksi bakteri Propionibacterium acnes. Beberapa faktor risiko yang memicu jerawat jadi daging tumbuh adalah usia remaja, obesitas, dan pola makan yang tidak sehat. Pengobatan untuk jerawat jadi daging tumbuh biasanya dilakukan dengan menggunakan antibiotik oral maupun

VideoJerawat Jadi Daging Tumbuh, Apa Itu?