Mengatasi Jerawat Hormonal di Dagu

Mengatasi Jerawat Hormonal Di Dagu
Source: bing.com

Jerawat hormonal adalah jenis jerawat yang bisa muncul pada siapa saja. Walaupun umumnya terjadi pada remaja, jerawat hormonal juga bisa muncul pada orang dewasa. Jerawat ini biasanya lebih parah dan terasa gatal. Hal ini dikarenakan kulit yang lebih sensitif dan produksi sebum yang lebih banyak. Gejala jerawat yang paling umum adalah munculnya bekas jerawat dan bintik-bintik hitam di wajah. Terutama di bagian dagu yang sering terkena jerawat hormonal.

Beruntungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat hormonal di dagu. Berikut ini adalah cara-cara terbaik untuk mengatasinya.

Menggunakan Produk Pencuci Wajah

Menggunakan produk pencuci wajah yang khusus dibuat untuk jerawat adalah cara terbaik untuk mengatasi jerawat di dagu. Produk ini biasanya memiliki kandungan aktif seperti sulfur, salicylic acid, dan benzoyl peroxide. Kandungan-kandungan ini mampu membersihkan kulit dan mengatasi jerawat dengan lebih cepat. Setelah menggunakannya, pastikan untuk menggunakan pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Menggunakan Masker Wajah

Masker wajah juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat di dagu. Cari masker wajah yang mengandung bahan alami seperti rose water, aloe vera, ataupun honey. Masker wajah ini akan membantu menghaluskan kulit dan menghilangkan minyak berlebih. Gunakan masker wajah ini secara teratur sehingga hasilnya bisa terlihat lebih cepat.

Menggunakan Obat Jerawat

Jika Anda masih merasa kesulitan untuk menghilangkan jerawat di dagu, Anda juga bisa menggunakan obat jerawat. Namun, sebelum menggunakannya, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Obat jerawat biasanya diberikan dalam bentuk kapsul dan juga krim. Kapsul akan membantu mengurangi produksi sebum dan mengurangi proses inflamasi di kulit. Sedangkan krim akan membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih sehat dan bersih.

BACA JUGA:  Masker Oatmeal untuk Bekas Jerawat

Menggunakan Vitamin

Mengonsumsi vitamin juga bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi jerawat di dagu. Vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin, yang akan membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat jerawat. Anda bisa mendapatkan vitamin ini secara alami dari buah-buahan, sayuran, dan juga susu.

Memastikan Hygiene Wajah

Hygiene wajah yang baik juga bisa membantu mengatasi jerawat di dagu. Pastikan untuk mencuci wajah Anda secara teratur setidaknya 2 kali dalam sehari. Gunakan air hangat untuk membersihkan kotoran dan minyak berlebih di wajah. Perhatikan juga pemilihan produk skincare yang Anda gunakan. Carilah produk yang khusus untuk jerawat dan tidak mengandung bahan berbahaya seperti paraben dan alkohol.

Menghindari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari juga bisa memperburuk jerawat di dagu. Untuk itu, pastikan untuk menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan. Gunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Anda juga bisa menggunakan topi untuk melindungi wajah dari sinar matahari.

Menjaga Pola Makan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat juga penting untuk membantu mengatasi jerawat di dagu. Makanan seperti buah, sayuran, dan produk susu tanpa lemak akan membantu menjaga kesehatan kulit. Hindari juga makanan yang mengandung garam, gula, dan lemak jenuh seperti makanan cepat saji, makanan berminyak, dan junk food. Makanan-makanan ini bisa memperburuk kondisi jerawat Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat hormonal di dagu. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter jika jerawat Anda tidak membaik dalam waktu yang lama. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat, cukup istirahat, dan juga melakukan olahraga secara teratur.

BACA JUGA:  Apakah Cussons Baby Cream Bisa Menghilangkan Jerawat?

VideoMengatasi Jerawat Hormonal di Dagu