Jerawat Dilihat Dari Mikroskop

Jerawat Dilihat Dari Mikroskop
Source: bing.com

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi pada semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Jerawat dapat menyebabkan kompleksitas, tidak percaya diri, dan bahkan depresi pada beberapa orang. Namun, bagaimana sebenarnya jerawat terbentuk? Apa yang terjadi di bawah permukaan kulit yang menyebabkan jerawat? Apa yang terjadi saat jerawat dipandang melalui mikroskop?

Apa Itu Jerawat?

Jerawat adalah masalah kulit yang umum, dan merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat. Pori-pori tersumbat ini dapat menyebabkan infeksi bakteri, dan akibatnya akan menyebabkan peradangan dan bumpy, bintik-bintik kemerahan di permukaan kulit. Kebanyakan waktu, jerawat akan muncul di wajah, leher, punggung, dan dada. Namun, meskipun jerawat sering disebut sebagai “komedo”, ada beberapa jenis jerawat.

Jenis-Jenis Jerawat

Jerawat dapat dibagi menjadi tiga jenis utama, yaitu komedo, papula, dan pustula. Komedo adalah jerawat yang paling sering muncul, dan dikenal sebagai “bumps” kecil di wajah atau punggung. Papula adalah jerawat yang lebih besar, dan biasanya berwarna merah dan terasa lebih tebal. Pustula adalah jerawat yang lebih besar dari papula, dan dapat menyebabkan infeksi bakteri lebih lanjut. Pustula juga umumnya berisi nanah.

Penyebab Jerawat

Penyebab utama jerawat adalah pori-pori tersumbat, yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Biasanya, pori-pori tersumbat disebabkan oleh minyak berlebihan, debu, atau kotoran. Ketika minyak, debu, dan kotoran menumpuk di pori-pori, bakteri akan mulai berkembangbiak di pori-pori tersebut dan menyebabkan peradangan. Peradangan ini yang akan menyebabkan jerawat. Selain itu, beberapa orang juga dapat memiliki jerawat karena alergi terhadap produk kosmetik atau obat-obatan.

BACA JUGA:  Peeling Jerawat: Panduan Lengkap Untuk Menghilangkan Jerawat

Mikroskop dan Jerawat

Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda secara lebih detail. Mikroskop dapat digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat kecil, seperti sel. Ketika jerawat dipandang melalui mikroskop, dapat dilihat bahwa jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Di bawah mikroskop, pori-pori tersumbat ini akan tampak seperti “bintik-bintik” yang kecil dan berwarna hitam. Bintik-bintik ini adalah minyak, debu, dan kotoran yang terjebak di pori-pori.

Di bawah mikroskop, sel-sel kulit juga dapat dilihat. Sel-sel kulit akan terlihat lebih besar daripada bintik-bintik pori-pori tersumbat. Sel-sel kulit juga dapat menunjukkan tanda-tanda peradangan, yang menunjukkan bahwa bakteri telah memasuki pori-pori tersumbat. Peradangan inilah yang akan menyebabkan jerawat.

Penanganan Jerawat

Penanganan jerawat harus dilakukan dengan benar dan tepat supaya jerawat tidak menyebar atau menyebabkan masalah lain. Pertama-tama, pastikan untuk menjaga kebersihan wajah agar jerawat tidak semakin parah. Selain itu, hindari menggosok atau menekan jerawat, karena hal tersebut dapat menyebabkan infeksi. Jika jerawat masih terasa gatal atau sakit, sebaiknya gunakan obat jerawat yang aman.

Untuk masalah jerawat yang lebih parah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter kulit akan merekomendasikan produk atau obat yang tepat untuk masalah kulit Anda. Dokter kulit juga dapat menganjurkan pengobatan lain, seperti pembedahan, untuk menghilangkan jerawat.

Kesimpulan

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi dan dapat menyebabkan ketidakpercayaan diri. Ketika jerawat dipandang melalui mikroskop, dapat dilihat bahwa jerawat disebabkan oleh pori-pori tersumbat dan infeksi bakteri. Penanganan jerawat harus dilakukan dengan benar dan tepat, dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit jika jerawat menjadi lebih parah.

VideoJerawat Dilihat Dari Mikroskop