Cara Mengatasi Jerawat di Bawah Hidung

Cara Mengatasi Jerawat Di Bawah Hidung
Source: bing.com

Jerawat di bawah hidung dapat menjadi masalah kulit yang mengganggu. Adapun gejala jerawat yang biasa ditemukan di bawah hidung adalah bintil-bintil merah atau bentuk lain dari bintil-bintil merah, luka memar, benjolan, dan luka-luka kecil. Jerawat di bawah hidung dapat menghilang dengan sendirinya atau dapat dipinjam obat-obatan. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah jerawat dari muncul di bawah hidung.

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mencegah jerawat dibawah hidung adalah menjaga kebersihan wajah. Bersihkan wajah Anda dengan sabun wajah yang ringan dan air. Jika Anda memiliki kulit berminyak, gunakan sabun wajah khusus yang dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah Anda. Setelah Anda membersihkan wajah, bilas dengan air dingin. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelah Anda selesai membersihkan wajah.

2. Hindari Menyentuh Wajah

Selalu hindari menyentuh wajah Anda dengan tangan kotor. Jika Anda menyentuh wajah Anda dengan tangan yang kotor, Anda dapat menular kuman, bakteri, atau debu yang dapat menyebabkan jerawat di bawah hidung. Jika Anda benar-benar harus menyentuh wajah Anda, pastikan Anda mencuci tangan Anda terlebih dahulu dengan sabun dan air.

3. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah dapat membantu Anda dalam menjaga kulit Anda tetap bersih dan bersinar. Gunakan masker wajah yang mengandung bahan-bahan alami seperti aloe vera, madu, dan bahan-bahan lainnya yang dapat membantu menenangkan kulit Anda. Masker wajah yang tepat juga dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah Anda, sehingga mencegah jerawat di bawah hidung.

BACA JUGA:  Masker Herbalife Skin untuk Jerawat

4. Gunakan Produk Pembersih Wajah yang Tepat

Pemilihan produk pembersih wajah yang tepat juga sangat penting untuk mencegah jerawat di bawah hidung. Pilih produk pembersih yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kulit Anda. Selain itu, pilih produk yang tidak mengandung minyak berlebih dan yang dapat membersihkan wajah Anda secara dalam. Ini akan membantu mencegah kondisi kulit berminyak yang dapat menyebabkan jerawat di bawah hidung.

5. Hindari Merokok

Merokok juga dapat menyebabkan jerawat di bawah hidung. Asap rokok dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah Anda dan menyebabkan peradangan. Selain itu, asap rokok juga dapat menyebabkan pembuluh darah di wajah Anda menyempit, sehingga menyebabkan kulit Anda lebih berminyak dan berjerawat. Jadi, hindari merokok untuk mencegah jerawat di bawah hidung.

6. Perhatikan Makanan yang Anda Makan

Makanan yang Anda makan juga dapat mempengaruhi kondisi jerawat di bawah hidung. Makanan tinggi lemak, gula, dan karbohidrat juga dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari makanan-makanan tersebut dan makan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Ini akan membantu Anda dalam menjaga kulit Anda tetap sehat dan bebas jerawat.

7. Gunakan Produk Perawatan Wajah yang Tepat

Selain produk pembersih wajah, Anda juga perlu menggunakan produk perawatan wajah yang tepat. Gunakan produk pelembab, toner, dan serum yang cocok untuk jenis kulit Anda. Ini akan membantu Anda dalam menjaga kulit Anda tetap lembab dan juga mencegah jerawat di bawah hidung.

8. Gunakan Topeng Jerawat

Jika Anda sudah berjerawat di bawah hidung, Anda dapat menggunakan topeng jerawat untuk membantu menyembuhkan jerawat. Topeng jerawat yang terbuat dari bahan alami seperti ikan gabus dan bahan alami lainnya dapat membantu Anda dalam mempercepat proses penyembuhan jerawat di bawah hidung.

BACA JUGA:  Manfaat Sabun Citronella untuk Jerawat

9. Gunakan Obat-obatan

Jika jerawat di bawah hidung Anda masih belum sembuh dengan cara-cara di atas, Anda dapat menggunakan obat-obatan seperti salep dan cream yang dapat membantu Anda dalam mengatasi jerawat. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi rasa sakit, iritasi, dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat di bawah hidung Anda. Namun, sebelum Anda menggunakan obat-obatan, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Kesimpulan

Jerawat di bawah hidung dapat menjadi masalah kulit yang mengganggu. Namun, Anda dapat mencegahnya dengan cara-cara seperti menjaga kebersihan wajah, menghindari menyentuh wajah dengan tangan kotor, menggunakan masker wajah, dan menggunakan produk pembersih wajah yang tepat. Selain itu, hindari merokok, perhatikan makanan yang Anda makan, dan gunakan produk perawatan wajah yang tepat juga dapat membantu mencegah jerawat di bawah hidung. Jika Anda sudah berjerawat, Anda dapat menggunakan topeng jerawat dan obat-obatan untuk membantu menyembuhkan jerawat di bawah hidung.

VideoCara Mengatasi Jerawat di Bawah Hidung