Penyebab Jerawat di Sudut Mata dan Cara Mengatasinya

Penyebab Jerawat Di Sudut Mata Dan Cara Mengatasinya
Source: bing.com

Jerawat di sudut mata bisa sangat mengganggu. Terutama karena jerawat ini biasanya berwarna merah, menyakitkan dan berada di sekitar area sensitif mata. Banyak orang yang khawatir bahwa jerawat di sudut mata dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada kulit. Untungnya, jerawat di sudut mata biasanya hanya menimbulkan masalah sementara dan dapat diatasi dengan mudah.

Apa Penyebab Jerawat di Sudut Mata?

Jerawat di sudut mata terjadi karena kulit mengalami iritasi. Kebanyakan kali, ini disebabkan oleh produk kosmetik atau sabun mata yang sensitif. Jerawat di sudut mata juga bisa disebabkan oleh alergi, stres, polusi, produk kosmetik yang ditinggalkan, penyakit kulit, infeksi bakteri, atau penggunaan lensa kontak yang tidak tepat. Juga, beberapa orang yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat cenderung lebih rentan terhadap jerawat di sudut mata.

Cara Mengatasi Jerawat di Sudut Mata

Untuk menghilangkan jerawat di sudut mata, pastikan untuk memperhatikan kebersihan mata Anda. Sebelum tidur, bersihkan kulit dengan sabun muka yang tidak berminyak atau sabun yang khusus dibuat untuk kulit sensitif. Selanjutnya, sikat rambut Anda agar tidak jatuh di wajah. Jika Anda menggunakan lensa kontak, pastikan untuk mengganti cairan lensa kontak Anda secara teratur dan memasang lensa kontak dengan benar. Pastikan untuk mencuci tangan Anda sebelum menyentuh area mata Anda. Jika Anda menggunakan makeup, pastikan untuk membersihkannya dengan benar setiap hari.

Jika Anda menemukan jerawat di sudut mata, jangan mencoba untuk memencetnya. Ini dapat menyebabkan infeksi dan merusak kulit Anda. Gunakan obat jerawat yang dijual di apotek atau produk perawatan kulit yang tidak berminyak. Jika Anda menggunakan produk perawatan kulit, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker untuk mencari produk yang cocok dengan jenis kulit Anda.

BACA JUGA:  Jeruk Nipis untuk Jerawat Parah

Cara Mencegah Jerawat di Sudut Mata

Jika Anda ingin mencegah jerawat di sudut mata, pastikan untuk menjaga kebersihan area mata Anda. Jangan menggunakan produk kosmetik yang berminyak dan bahan-bahan kimia yang agak kuat. Gunakan sabun muka yang tidak berminyak dan membersihkan kulit dengan lembut. gunakan produk perawatan kulit yang cocok dengan jenis kulit Anda dan pastikan untuk mengganti lensa kontak Anda secara teratur. Juga, pastikan untuk mendapatkan cukup tidur dan menjaga pola makan yang sehat untuk mencegah jerawat di sudut mata.

Perawatan Medis untuk Jerawat di Sudut Mata

Jika Anda menemukan bahwa jerawat di sudut mata tidak hilang meskipun Anda telah melakukan perawatan di rumah, maka Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat menyarankan obat-obatan atau prosedur lain untuk mengobati jerawat di sudut mata. Beberapa pengobatan yang mungkin diberikan meliputi: krim steroid, antibiotik, obat-obatan topikal, laser, dan fototerapi. Konsultasikan dengan dokter untuk memutuskan apa yang paling sesuai untuk kondisi Anda.

Kesimpulan

Jerawat di sudut mata bisa menimbulkan masalah yang mengganggu. Namun, mereka biasanya hanya sementara dan dapat diatasi dengan mudah. Untuk mencegah jerawat di sudut mata, jaga kebersihan mata Anda, gunakan produk kosmetik yang tidak berminyak, dan berkonsultasi dengan dokter jika perawatan di rumah tidak berhasil. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari jerawat di sudut mata dan menjaga keindahan mata Anda.

VideoPenyebab Jerawat di Sudut Mata dan Cara Mengatasinya