Cara Mengatasi Jerawat di Sekitar Mulut dan Dagu

Cara Mengatasi Jerawat Di Sekitar Mulut Dan Dagu
Source: bing.com

Jerawat di sekitar mulut dan dagu merupakan masalah yang biasa dialami oleh banyak orang. Meskipun kadang kala tidak berbahaya, masalah ini bisa menyebabkan beberapa masalah seperti perubahan warna kulit, iritasi dan rasa gatal. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mencari tahu cara mengatasi jerawat di sekitar mulut dan dagu. Berikut ini adalah beberapa saran yang bisa Anda coba.

1. Bersihkan dan Keringkan Area yang Terkena Jerawat

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi jerawat di sekitar mulut dan dagu adalah membersihkan dan mengeringkan area yang terkena jerawat. Anda bisa menggunakan sabun ringan dan air hangat untuk membersihkan area tersebut. Kemudian, bilas area tersebut dengan air dingin dan keringkan dengan tisu atau handuk. Hindari menggosok area tersebut dengan kuat, karena hal tersebut bisa memperburuk masalah jerawat.

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit Yang Aman

Selanjutnya, Anda harus memilih produk perawatan kulit yang aman untuk digunakan di sekitar mulut dan dagu. Pastikan Anda membeli produk yang berlabel “hypoallergenic”, yang dapat membantu mencegah alergi. Anda juga dapat mencoba produk yang mengandung bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak jojoba. Gunakan produk tersebut secara teratur dan lihat hasilnya.

BACA JUGA:  Bedak untuk Nutupin Bekas Jerawat

3. Hindari Menggunakan Produk-Produk Beralkohol

Jika Anda menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung alkohol, maka hal ini bisa menyebabkan iritasi di sekitar mulut dan dagu. Alkohol bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, Anda harus menghindari menggunakan produk-produk yang mengandung alkohol. Jika Anda menggunakan produk beralkohol, Anda harus mencuci area tersebut dengan air hangat segera setelah Anda menggunakannya.

4. Hindari Berenang di Kolam Renang Yang Tercemar

Ketika Anda berada di kolam renang yang tercemar, partikel-partikel kimia yang ada di air dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Partikel-partikel tersebut dapat merusak lapisan pelindung pada kulit Anda yang membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari berada di kolam renang yang tercemar.

5. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah dapat membantu Anda untuk membersihkan dan melembabkan kulit Anda. Masker wajah dapat menyerap minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori. Anda bisa membeli masker wajah di toko-toko kosmetik dan menggunakannya secara teratur. Masker wajah juga dapat membantu Anda untuk mengurangi jerawat di sekitar mulut dan dagu.

6. Gunakan Pelembab Setelah Membersihkan Wajah

Setelah Anda membersihkan wajah, Anda harus menggunakan pelembab. Pelembab akan membantu Anda untuk menjaga kelembaban kulit Anda dan mencegah iritasi. Pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Anda juga bisa menggunakan pelembab alami seperti minyak zaitun atau minyak almond.

7. Hindari Merokok

Merokok bisa menyebabkan masalah jerawat di sekitar mulut dan dagu. Asap rokok menyebabkan pori-pori kulit menjadi tersumbat, yang dapat menyebabkan jerawat. Jika Anda merokok, Anda harus berhenti dan berusaha untuk menghindari asap rokok. Ini akan membantu Anda untuk menjaga kulit sehat dan mencegah masalah jerawat di sekitar mulut dan dagu.

BACA JUGA:  Jerawat Rindu Cover Leticia MP3: Kebangkitan Lagu Nostalgia

8. Gunakan Sunblock

Sinar ultraviolet adalah salah satu penyebab jerawat di sekitar mulut dan dagu. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan tabir surya atau sunblock setiap kali Anda berada di luar rumah. Pilih tabir surya yang berlabel “hypoallergenic” dan dilengkapi dengan SPF yang tinggi. Ini akan membantu Anda untuk melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar ultraviolet.

9. Minum Banyak Air dan Makan Makanan Sehat

Minum banyak air dan makan makanan yang sehat juga dapat membantu Anda untuk mengatasi jerawat di sekitar mulut dan dagu. Air dapat membantu Anda untuk menghilangkan racun dari tubuh. Makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan juga dapat membantu Anda untuk menjaga kulit Anda tetap sehat dan bersih.

10. Berobat ke Dokter Jika Masalah Jerawat Berlanjut

Jika masalah jerawat di sekitar mulut dan dagu Anda berlanjut, maka Anda harus segera berobat ke dokter. Dokter akan memberi Anda saran dan terapi yang tepat untuk mengatasi masalah jerawat Anda. Jika Anda memiliki masalah jerawat yang parah, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan atau suntikan untuk mengatasinya.

Kesimpulan

Jerawat di sekitar mulut dan dagu adalah masalah yang umum. Untuk mengatasinya, Anda harus membersihkan dan mengeringkan area yang terkena jerawat, gunakan produk perawatan kulit yang aman, hindari menggunakan produk-produk beralkohol, gunakan masker wajah, gunakan pelembab, hindari merokok, gunakan sunblock, minum banyak air dan makan makanan sehat, serta berobat ke dokter jika masalah jerawat berlanjut.

VideoCara Mengatasi Jerawat di Sekitar Mulut dan Dagu