Cara Menghilangkan Jerawat di Sekitar Kemaluan

Cara Menghilangkan Jerawat Di Sekitar Kemaluan
Source: bing.com

Jerawat di sekitar kemaluan mungkin merupakan hal yang sangat mengganggu bagi pria dan wanita. Biasanya, kondisi ini terjadi akibat infeksi bakteri yang menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit. Jerawat di sekitar kemaluan juga dapat disebabkan oleh perubahan hormon, kulit kering, dan kurangnya membersihkan daerah kemaluan dengan benar. Sementara ada beberapa produk yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat di sekitar kemaluan, ada beberapa cara alami yang dapat Anda coba untuk menghilangkan jerawat di sekitar kemaluan.

Mencuci dengan Baik

Salah satu cara paling sederhana untuk menghilangkan jerawat di sekitar kemaluan adalah dengan memastikan daerah tersebut dibersihkan dengan baik. Pembersih khusus daerah sensitif ini dapat membantu mengurangi iritasi dan membasmi bakteri yang menyebabkan jerawat. Anda dapat menggunakan sabun mandi atau sabun intim untuk membersihkan daerah kemaluan. Pastikan untuk tidak menggunakan sabun yang mengandung bahan kimia yang keras, karena dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut. Jangan lupa untuk mencuci daerah tersebut setelah berhubungan seks, karena ini dapat membantu mencegah infeksi bakteri.

Pembersih Jerawat

Krim atau gel pembersih jerawat yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide dapat membantu mengatasi jerawat di sekitar kemaluan. Kedua bahan tersebut bekerja dengan cara yang berbeda. Salicylic acid membantu membersihkan pori-pori dan mencegah terbentuknya jerawat baru, sementara benzoyl peroxide membunuh bakteri yang mungkin menyebabkan jerawat. Namun, Anda harus hati-hati dalam menggunakan produk ini, karena dapat menyebabkan iritasi. Jika Anda memiliki kulit sensitif, lebih baik untuk menghindari produk ini.

BACA JUGA:  Sabun Kecantikan dan Kesehatan untuk Jerawat Punggung dan Dada

Masker Wajah

Masker wajah yang mengandung bahan alami seperti teh hijau, madu, dan yogurt dapat membantu mengurangi iritasi dan menghilangkan jerawat di sekitar kemaluan. Campurkan bahan-bahan tersebut dan aplikasikan pada daerah yang terkena jerawat, biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Masker ini dapat membantu mengurangi iritasi dan menyamarkan jerawat di sekitar kemaluan.

Air Hangat dan Es

Penggunaan air hangat dan es dapat membantu mengurangi iritasi dan menyamarkan jerawat di sekitar kemaluan. Gunakanlah kompres air hangat untuk melembutkan kulit, lalu gunakan kompres es untuk mengurangi peradangan. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti minyak lavender atau minyak tea tree untuk meningkatkan efeknya.

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan jerawat di sekitar kemaluan. Lidah buaya mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang dapat membantu mengurangi iritasi dan merawat kulit. Caranya adalah dengan mengoleskan jus lidah buaya secara merata pada daerah yang terkena jerawat. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Cuka Apel

Cuka apel juga dapat membantu mengatasi jerawat di sekitar kemaluan. Ini karena cuka apel memiliki sifat antiseptik yang dapat membasmi bakteri dan mencegah infeksi. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 1 cangkir air, lalu gunakan campuran tersebut untuk berkumur. Anda juga dapat menggunakannya untuk mencuci daerah kemaluan. Jangan gunakan cuka apel secara langsung pada daerah yang terkena jerawat karena dapat menyebabkan iritasi.

Vitamin E

Konsumsi suplemen vitamin E juga dapat membantu menghilangkan jerawat di sekitar kemaluan. Vitamin E dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan produksi kolagen, yang keduanya bermanfaat untuk merawat kulit. Anda juga dapat menggunakan kapsul vitamin E untuk mengurangi iritasi dan menyamarkan jerawat di sekitar kemaluan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin E secara teratur.

BACA JUGA:  Facial Wash untuk Kulit Jerawat dan Sensitif

Konsultasi Dokter

Jika jerawat di sekitar kemaluan tidak hilang dengan cara-cara di atas, Anda disarankan untuk mengunjungi dokter. Dokter akan dapat menentukan penyebab jerawat dan meresepkan obat-obatan yang tepat untuk mengatasinya. Selain itu, dokter juga akan memberikan saran tentang cara merawat kulit di sekitar kemaluan agar tetap sehat.

Kesimpulan

Jerawat di sekitar kemaluan merupakan masalah yang umum terjadi pada pria maupun wanita. Meskipun ada beberapa produk yang dapat digunakan untuk mengatasinya, ada beberapa cara alami yang dapat Anda coba seperti mencuci dengan baik, menggunakan pembersih jerawat, masker wajah, dan bahan lainnya. Jika cara-cara tersebut tidak berhasil, Anda disarankan untuk mengunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

VideoCara Menghilangkan Jerawat di Sekitar Kemaluan