Jerawat di Sekitar Kelamin: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Jerawat Di Sekitar Kelamin: Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobatinya
Source: bing.com

Jerawat di sekitar kelamin (genital) adalah masalah umum yang dialami oleh banyak orang. Jerawat di sekitar kelamin dapat muncul di bagian luar atau dalam vagina, anus, penis, dan scrotum. Jerawat dalam area ini dapat menyebabkan rasa sakit dan gatal. Ini mungkin juga menyebabkan rasa tidak nyaman dan kekurangan rasa percaya diri.

Penyebab Jerawat di Sekitar Kelamin

Jerawat di sekitar kelamin dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu penyebab terbesar adalah infeksi. Infeksi dapat menyebabkan jerawat yang keluar di sekitar kelamin yang berbentuk kecil dan juga bisa menyebabkan peradangan. Infeksi ini dapat disebabkan oleh bakteri atau jamur. Bakteri dapat menyebabkan jerawat berbentuk kecil dan coklat, sedangkan jamur dapat menyebabkan jerawat berwarna putih.

Jerawat di sekitar kelamin juga dapat disebabkan oleh kulit kering dan sensitif. Ketika kulit menjadi kering, maka menjadi lebih rentan terhadap bakteri dan infeksi. Sebagian besar jerawat yang disebabkan oleh kulit kering adalah bentuk akne yang terjadi di sekitar selangkangan dan genital.

Jerawat juga disebabkan oleh stres, mengonsumsi makanan yang berminyak, dan menggunakan produk perawatan kulit yang salah. Jerawat juga dapat disebabkan oleh beberapa penyakit lain seperti diabetes, sindrom ovarium polikistik, dan gangguan hormon.

Gejala Jerawat di Sekitar Kelamin

Gejala jerawat di sekitar kelamin bisa berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat. Jerawat biasanya berwarna merah dan dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, atau nyeri. Jerawat dapat berukuran kecil atau besar dan dapat menyebabkan bengkak, merah, dan hitam. Jerawat juga dapat menyebabkan rasa panas dan rasa tidak nyaman.

BACA JUGA:  Betadine Sebagai Solusi Jerawat

Beberapa gejala lain yang dapat muncul dengan jerawat di sekitar kelamin adalah nyeri saat buang air kecil, rasa gatal di sekitar kelamin, dan bau tidak sedap. Gejala lain yang mungkin terjadi adalah pembengkakan, kemerahan, dan peradangan.

Cara Mengobati Jerawat di Sekitar Kelamin

Untuk mengobati jerawat di sekitar kelamin, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menjaga kebersihan. Jaga area sekitar kelamin tetap bersih dan kering. Setelah Anda selesai mandi, pastikan untuk selalu mengeringkan area ini dengan baik. Bersihkan area ini dengan air hangat dan sabun yang lembut.

Selain itu, pastikan untuk menjaga pola makan yang sehat dan menghindari makanan yang berminyak. Hindari merokok, minum alkohol, dan mengonsumsi obat-obatan yang tidak teratur. Pastikan untuk minum banyak air putih untuk membantu menjaga kulit Anda tetap lembab dan bersih.

Jika Anda masih mengalami masalah jerawat di sekitar kelamin, Anda dapat mencoba menggunakan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Obat-obatan seperti salep, krim, dan obat oral dapat membantu mengatasi masalah jerawat. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan obat-obatan tanpa resep dokter.

Pencegahan Jerawat di Sekitar Kelamin

Untuk mencegah jerawat di sekitar kelamin, Anda harus memastikan untuk menjaga kulit tetap bersih dan kering. Setelah mandi, pastikan untuk mengeringkan area ini dengan baik dengan menggunakan handuk yang bersih. Hindari menggunakan bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Selain itu, pastikan untuk menjaga pola makan sehat dan menghindari makanan yang berminyak. Minum banyak air putih untuk menjaga kulit tetap lembab dan bersih. Jika Anda menggunakan produk perawatan kulit, pastikan untuk memilih produk yang sesuai untuk kulit Anda.

Hindari merokok, minum alkohol, dan mengonsumsi obat-obatan yang tidak teratur. Jika Anda mengalami gejala jerawat di sekitar kelamin, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

BACA JUGA:  Skincare untuk Menghilangkan Jerawat dan Memutihkan Wajah

Kesimpulan

Jerawat di sekitar kelamin adalah masalah umum yang dialami oleh banyak orang. Penyebab jerawat di sekitar kelamin dapat disebabkan oleh infeksi, kulit kering, stres, dan penyakit lain. Gejala jerawat di sekitar kelamin dapat berupa rasa sakit, gatal, bengkak, dan peradangan. Untuk mengobati jerawat di sekitar kelamin, Anda harus menjaga kebersihan dan mengikuti pola makan sehat. Jika masalah jerawat ini berlanjut, segera periksa diri Anda ke dokter.

VideoJerawat di Sekitar Kelamin: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya