Cara Mengatasi Jerawat di Sekitar Dagu

Cara Mengatasi Jerawat Di Sekitar Dagu
Source: bing.com

Jerawat di sekitar dagu adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Tidak hanya mengganggu penampilan saja, jerawat juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Penyebab jerawat pada dagu berkisar dari masalah kulit hingga kebiasaan merawat kulit. Kamu bisa mengatasi masalah jerawat di dagu dengan cara yang benar. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi jerawat di sekitar dagu.

Mengurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah

Kebiasaan menyentuh wajah secara terus menerus tanpa membersihkan tangan terlebih dahulu dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat di dagu. Karena itu, penting bagi kamu untuk mengurangi kebiasaan menyentuh wajah. Sebaiknya, kamu mencuci tangan dengan sabun antibakteri sebelum menyentuh wajahmu. Ini akan membantu mencegah partikel kotor atau bakteri berbahaya memasuki lubang pori-pori kulitmu.

Hindari Penggunaan Produk Berlebihan

Penggunaan produk perawatan kulit berlebihan bisa menyebabkan iritasi dan bahkan luka bakar di sekitar area dagu. Beberapa produk perawatan kulit yang harus dihindari adalah peeling kimia, toner, dan produk anti-penuaan yang mengandung bahan kimia yang kuat. Kamu harus menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulitmu. Jika kamu ragu, sebaiknya konsultasikan pada dokter kulit terdekat.

Perawatan Rutin

Memiliki rutinitas perawatan kulit yang baik dapat membantu mengurangi risiko jerawat di sekitar dagu. Sebelum tidur, kamu harus membersihkan wajahmu dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Setelah itu, kamu bisa menggunakan toner dan pelembab untuk menutrisi kulitmu. Kamu juga bisa melakukan lulur wajah secara rutin untuk membersihkan pori-pori kulitmu.

BACA JUGA:  Makan Kentang Rebus untuk Jerawat

Menggunakan Masker Alami

Masker wajah alami dapat membantu mengurangi risiko jerawat di sekitar dagu. Masker wajah alami seperti bubuk tepung beras, tepung beras, dan bengkoang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan mengurangi minyak berlebih di dagu. Kamu bisa menggunakan masker wajah alami yang dicampur dengan air hangat atau air jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat di sekitar dagu.

Pemakaian Make Up yang Tepat

Menggunakan make up yang tepat juga bisa membantu mengurangi risiko jerawat di sekitar dagu. Sebaiknya, kamu menggunakan make up yang memiliki kandungan SPF tinggi untuk melindungi kulitmu dari sinar UV. Selain itu, pastikan untuk membersihkan wajahmu dengan benar setelah menggunakan make up. Gunakan produk pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu untuk menghilangkan residu make up dan kotoran yang tertinggal.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat juga dapat membantu mengurangi risiko jerawat di sekitar dagu. Makanan yang tinggi antioksidan seperti buah dan sayur segar bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, kamu juga harus menghindari makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam. Ini akan membantu meningkatkan kesehatan kulitmu dan mencegah jerawat.

Menjaga Kelembaban Kulit

Kelembaban kulit yang baik adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi risiko jerawat di sekitar dagu. Kamu bisa menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu untuk membantu menjaga kelembaban kulitmu. Selain itu, kamu juga harus menghindari mandi terlalu sering atau menggunakan produk yang mengandung bahan kimia yang dapat merusak kelembaban kulitmu.

Perawatan Dokter

Jika cara-cara di atas tidak efektif dalam mengatasi jerawat di sekitar dagu, kamu bisa mencoba perawatan dokter. Beberapa perawatan yang bisa kamu coba untuk mengatasi jerawat di dagu antara lain peeling kimia dan laser. Perawatan ini dapat membantu mengurangi minyak berlebih di wajah dan mengurangi jerawat di dagu. Namun, sebelum melakukan perawatan ini, sebaiknya kamu berkonsultasi pada dokter kulit terdekat.

BACA JUGA:  Rahasiakan Kondisi Kulit Anda dengan SK-II Untuk Bekas Jerawat!

Kesimpulan

Jerawat di sekitar dagu adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat di sekitar dagu adalah mengurangi kebiasaan menyentuh wajah, hindari penggunaan produk berlebihan, perawatan rutin, menggunakan masker alami, pemakaian make up yang tepat, mengonsumsi makanan sehat, dan menjaga kelembaban kulit. Jika cara-cara di atas tidak efektif, kamu bisa mencoba perawatan dokter seperti peeling kimia dan laser.

VideoCara Mengatasi Jerawat di Sekitar Dagu