Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Rahang

Mengenal Penyebab Dan Cara Mengatasi Jerawat Di Rahang
Source: bing.com

Jerawat di rahang bisa menyebabkan kita merasa tidak percaya diri karena tampilan di wajah kita yang tidak menyenangkan. Jerawat di rahang juga dapat menimbulkan rasa gatal dan sakit saat disentuh. Bagi kamu yang mengalami jerawat di rahang, jangan khawatir! Berikut ini kami berikan informasi tentang penyebab dan cara mengatasi jerawat di rahang.

Apa Penyebab Jerawat di Rahang?

Jerawat di rahang bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti pola makan yang tidak teratur, kelebihan minyak pada kulit, kurangnya kebersihan wajah, dan infeksi bakteri. Berikut ini lebih rinci penyebabnya:

  • Pola Makan yang Tidak Teratur — Makan terlalu banyak makanan berlemak dan pedas dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak pada kulit, sehingga menyebabkan jerawat. Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah makanan yang rendah lemak, seperti sayur, buah, dan biji-bijian.
  • Kelebihan Minyak pada Kulit — Kelebihan minyak pada kulit dapat menyebabkan jerawat. Minyak pada kulit dapat berasal dari faktor genetik atau dari produk perawatan kulit yang tidak cocok dengan jenis kulit Anda.
  • Kurangnya Kebersihan Wajah — Memiliki kebiasaan cuci wajah yang buruk dapat menyebabkan jerawat. Jika Anda tidak rutin membersihkan wajah Anda, kotoran dan minyak akan menumpuk pada kulit, sehingga menyebabkan jerawat.
  • Infeksi Bakteri — Infeksi bakteri dapat menyebabkan jerawat. Bakteri ini bisa masuk melalui luka pada kulit atau dari produk perawatan kulit yang tidak bersih. Bakteri ini akan menyebabkan inflamasi pada kulit, sehingga menyebabkan jerawat.
BACA JUGA:  VIVA Khusus Jerawat: Solusi Terbaik untuk Jerawat

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat di Rahang?

Jerawat di rahang bisa diatasi dengan beberapa cara. Berikut ini beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi jerawat di rahang:

  • Menjaga Kebutuhan Nutrisi Tubuh — Konsumsi makanan yang kaya nutrisi dan makanan yang sehat seperti sayur, buah, dan biji-bijian dapat membantu mengurangi produksi minyak dan menjaga kulit Anda sehat.
  • Menggunakan Produk Skincare yang Tepat — Gunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk jenis kulit Anda. Hindari produk yang mengandung alkohol dan pilih produk yang mengandung bahan alami seperti aloe vera, teh hijau, dan minyak zaitun.
  • Mengonsumsi Vitamin dan Mineral — Konsumsi vitamin dan mineral yang cukup dapat membantu mengurangi produksi minyak. Vitamin dan mineral yang dianjurkan adalah vitamin A, C, dan E, serta mineral selenium dan zink.
  • Rajin Membersihkan Wajah — Membersihkan wajah secara teratur adalah cara yang efektif untuk mencegah jerawat. Membersihkan wajah 2 kali sehari dapat membantu mengurangi produksi minyak dan mencegah infeksi bakteri.

Apa Saja Cara Pengobatan Lainnya?

Selain menjaga pola makan sehat, menggunakan produk skincare yang tepat, dan mengonsumsi vitamin dan mineral, ada beberapa cara lain yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi jerawat di rahang. Berikut ini cara-cara lain yang bisa Kamu lakukan:

  • Menggunakan Masker Wajah — Gunakan masker wajah untuk membantu mengurangi produksi minyak dan mengangkat sel kulit mati. Masker wajah yang bisa Kamu gunakan adalah masker berbahan alami seperti masker aloe vera, masker bengkoang, dan masker yogurt.
  • Melakukan Peeling Wajah — Peeling wajah dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi produksi minyak. Gunakan peeling ringan yang tidak akan merusak lapisan kulit. Anda juga bisa menggunakan scrub alami seperti scrub kopi, scrub gandum, dan scrub jeruk nipis.
  • Mengonsumsi Suplemen Jerawat — Suplemen jerawat dapat membantu mengatasi jerawat. Suplemen ini dapat mengurangi produksi minyak dan mencegah infeksi bakteri. Suplemen jerawat yang bisa Kamu gunakan adalah suplemen zinc, suplemen vitamin B5, dan suplemen omega-3.
BACA JUGA:  Bedak Bayi untuk Menghilangkan Jerawat

Apa Saja Tips untuk Mencegah Jerawat di Rahang?

Untuk mencegah jerawat di rahang, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Kamu lakukan:

  • Menjaga Pola Makan Sehat — Konsumsi makanan yang sehat seperti sayur, buah, biji-bijian, dan ikan. Makanan ini dapat membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan bebas jerawat.
  • Menggunakan Produk Skincare yang Tepat — Gunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk jenis kulit Anda. Hindari produk yang mengandung alkohol dan pilih produk yang mengandung bahan alami seperti aloe vera, teh hijau, dan minyak zaitun.
  • Menjaga Kebersihan Wajah — Cuci wajah secara teratur untuk mencegah kotoran dan minyak menumpuk di kulit. Gunakan sabun wajah yang memiliki pH yang netral atau sabun wajah yang khusus untuk jenis kulit Anda.
  • Menghindari Stress dan Kebiasaan Bur

    VideoMengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Rahang