Jerawat di Kelamin: Perawatan yang Anda Butuhkan

Jerawat Di Kelamin: Perawatan Yang Anda Butuhkan
Source: bing.com

Jerawat di kelamin, juga dikenal sebagai jerawat kelamin, adalah kondisi yang sangat umum. Ini terjadi ketika kulit di dekat kelamin Anda mengalami pembengkakan, ruam, atau gatal. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit, gatal-gatal, dan perasaan malu. Ini dapat menyebabkan kulit menjadi meradang, lebam, dan bahkan memerah. Ini juga dapat menyebabkan Anda mengalami stres mental dan emosional.

Meskipun kondisi ini umum, Anda mungkin tidak ingin berbicara tentangnya. Tapi, ini penting untuk memahami penyebab, gejala, dan cara mengobati jerawat di kelamin ini. Ini dapat membantu Anda mengontrol kondisi ini dan menjaga kesehatan reproduksi Anda.

Penyebab Jerawat di Kelamin

Jerawat di kelamin dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Hal ini dapat disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, atau virus. Ini juga dapat disebabkan oleh reaksi alergi terhadap produk kebersihan pribadi, sabun, atau pembalut. Jerawat di kelamin juga dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk, seperti menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau tidak mengganti pakaian dalam Anda setiap hari.

Penyebab lainnya adalah penyakit menular seksual (PMS). Ini termasuk penyakit menular seksual seperti herpes, klamidia, gonore, atau sifilis. Ini juga dapat disebabkan oleh infeksi tidak menular, seperti infeksi bakteri yang disebut bakteri staphylococcus aureus.

Gejala Jerawat di Kelamin

Gejala jerawat di kelamin mungkin berbeda-beda bagi setiap orang. Namun, gejala yang paling umum adalah bintik-bintik merah di sekitar kelamin Anda. Anda juga mungkin mengalami gatal-gatal, bengkak, atau ruam di daerah tersebut. Ini juga dapat menyebabkan rasa sakit dan peradangan.

BACA JUGA:  Cream Emina, Solusi Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

Selain itu, Anda juga mungkin mengalami luka di daerah yang terkena jerawat. Ini dapat menyebabkan pendarahan atau perdarahan. Ini juga dapat menyebabkan Anda merasa sakit saat buang air kecil atau berhubungan seksual.

Perawatan Jerawat di Kelamin

Jika Anda menderita jerawat di kelamin, pengobatan yang diberikan tergantung pada penyebabnya. Jika penyebabnya adalah infeksi jamur, maka obat antijamur yang diresepkan oleh dokter dapat membantu. Namun, jika penyebabnya adalah alergi atau PMS, maka obat antihistamin diresepkan oleh dokter dapat membantu.

Jika Anda menderita infeksi bakteri, dokter mungkin meresepkan antibiotik untuk mengobati jerawat di kelamin Anda. Ini akan membantu mengontrol infeksi dan mencegahnya menyebar. Anda juga mungkin diminta untuk mengganti pakaian dalam Anda secara teratur dan menggunakan produk kebersihan pribadi yang tidak menyebabkan alergi.

Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan daerah kelamin Anda dengan benar. Anda harus mencuci daerah kelamin Anda dengan sabun ringan dan air hangat. Jangan menggunakan sabun yang berbahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi atau peradangan. Juga, pastikan Anda tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Ini akan membantu mengurangi gatal-gatal dan iritasi yang disebabkan oleh jerawat di kelamin.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Jika jerawat di kelamin Anda tidak membaik setelah Anda melakukan perawatan di rumah, itu berarti Anda memerlukan bantuan medis. Jika Anda merasa sakit saat buang air kecil, demam, atau bintik-bintik merah yang tidak sembuh meskipun telah menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter, Anda harus segera berobat ke dokter.

Ini juga berlaku jika Anda memiliki gejala lainnya yang mungkin disebabkan oleh PMS. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, Anda harus berobat ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

BACA JUGA:  Jerawat Membandel, Apa Obatnya?

Kesimpulan

Jerawat di kelamin adalah kondisi yang sangat umum. Ini dapat menyebabkan rasa sakit, gatal-gatal, dan perasaan malu. Ini dapat disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, virus, reaksi alergi, dan PMS. Gejala yang paling umum adalah bintik-bintik merah di sekitar kelamin Anda. Pengobatan yang diberikan tergantung pada penyebabnya, dan Anda harus berobat ke dokter jika jerawat di kelamin Anda tidak membaik dengan perawatan di rumah.

VideoJerawat di Kelamin: Perawatan yang Anda Butuhkan