Jerawat di Jidat: 10 Tips untuk Menyembuhkannya

Jerawat Di Jidat: 10 Tips Untuk Menyembuhkannya
Source: bing.com

Jerawat dapat muncul di mana saja di wajah Anda, termasuk di jidat. Kondisi ini disebut jerawat di jidat, dan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan juga dapat menyebabkan masalah kosmetik. Apa pun jenis jerawat yang Anda miliki, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menyembuhkannya. Berikut adalah 10 tips yang dapat membantu Anda mengatasi jerawat di jidat.

1. Bersihkan Wajah Anda Setiap Hari

Pembersihan wajah Anda setiap hari adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menangani jerawat di jidat. Bersihkan wajah Anda dengan air dan sabun wajah yang ringan, atau dengan produk pembersih khusus jerawat. Jangan lupa untuk mencuci wajah Anda dengan air dingin atau hangat, tetapi jangan lupa untuk menghindari air panas. Ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan meningkatkan risiko jerawat.

2. Gunakan Produk Pelembap

Setelah Anda membersihkan wajah Anda, gunakan produk pelembap ringan untuk menjaga kelembaban kulit. Ini akan membantu melembutkan kulit Anda dan juga membantu mengurangi iritasi. Gunakan pelembap dengan bahan-bahan yang berkontribusi untuk mengurangi produksi minyak, seperti gliserin, gandum dan minyak zaitun.

3. Gunakan Masker Jerawat

Masker jerawat dapat membantu mengurangi produksi minyak, membantu membersihkan kulit dan mengurangi pembengkakan. Masker jerawat dapat dibuat dengan berbagai bahan alami, seperti madu, yogurt, mentimun, tomat, bengkuang dan lain-lain. Masker dapat diaplikasikan ke jidat dan wajah secara keseluruhan, dan dihilangkan setelah kurang lebih 15 menit. Anda juga dapat membeli masker jerawat dari toko kecantikan.

BACA JUGA:  Campuran Masker Kopi untuk Jerawat

4. Gunakan Produk yang Mengandung Salicylic Acid

Produk yang mengandung salicylic acid dapat membantu mengurangi jerawat di jidat dan di wajah secara keseluruhan. Salicylic acid adalah asam beta hidroksi yang membantu mengangkat sel kulit mati, membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak. Produk ini tersedia dalam bentuk gel, scrub, toner, serum dan produk lainnya.

5. Gunakan Produk yang Mengandung Benzoyl Peroxide

Produk yang mengandung benzoyl peroxide dapat membantu mengatasi jerawat di jidat. Benzoyl peroxide adalah zat antibakteri yang bekerja dengan menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Produk ini tersedia dalam bentuk sabun, gel, krim dan produk lainnya. Karena benzoyl peroxide dapat menyebabkan iritasi kulit, pastikan untuk menggunakannya dengan hati-hati.

6. Gunakan Vitamin C

Vitamin C dapat membantu menyembuhkan jerawat di jidat Anda. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan oksidatif di seluruh tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit. Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin C, atau menggunakan serum atau krim yang mengandung vitamin C.

7. Gunakan Es

Es dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan jerawat di jidat. Ambil es batu, masukkan ke dalam kain atau handuk, lalu aplikasikan ke jerawat selama beberapa menit. Es akan membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan bengkak. Anda juga dapat membuat masker es dengan mencampurkan satu sendok teh air es dengan satu sendok makan murni yogurt dan mengaplikasikannya ke wajah Anda.

8. Gunakan Teh Hijau

Teh hijau dapat membantu mengurangi produksi minyak dan juga iritasi pada kulit. Anda bisa membuat masker teh hijau dengan mencampurkan satu sendok teh teh hijau dengan satu sendok makan air. Aplikasikan masker ini pada wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Masker ini akan membantu mengurangi jerawat di jidat Anda.

BACA JUGA:  Mengapa Harus Menggunakan Face Wash ampuh Menghilangkan Jerawat?

9. Jaga Kebersihan Alat-alat Makeup

Jika Anda menggunakan makeup, pastikan untuk menjaga kebersihan alat-alat makeup Anda. Jangan gunakan makeup yang sudah lama, karena dapat menyebabkan iritasi dan infeksi. Pastikan untuk membersihkan makeup Anda setiap hari, terutama setelah Anda menggunakannya. Juga, jangan gunakan pemukul bulu atau spons yang sudah lama.

10. Konsultasikan Dengan Dokter

Jika Anda mencoba berbagai cara untuk menyembuhkan jerawat di jidat Anda tetapi belum mendapatkan hasil yang diinginkan, konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat meresepkan obat-obatan untuk mengatasi jerawat, seperti antibiotik oral, obat retinoid dan lain-lain. Ini dapat membantu mengurangi jerawat di jidat Anda.

Kesimpulan

Jerawat di jidat dapat menjadi masalah yang mengganggu. Namun, dengan mengikuti 10 tips di atas, Anda dapat mengurangi jerawat di jidat Anda. Pembersihan wajah, penggunaan produk pelembap, masker jerawat dan produk khusus jerawat adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini. Jika Anda belum mendapatkan hasil yang diinginkan, konsultasikan dengan dokter Anda.

VideoJerawat di Jidat: 10 Tips untuk Menyembuhkannya